Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
617


Kita semua pasti tahu dong kalau menunda adalah kebiasaan buruk yang harus kita hilangkan kalau mau segera sukses. Sebenarnya, menunda bisa terjadi di sengaja maupun tidak, lho. Ada orang yang selalu kelihatan sibuk tapi pekerjaannya tidak ada yang beres satu pun. 

Hal ini karena ketika kita dihadapkan dengan deadline, pikiran kita menjadi terbagi-bagi. Kemudian, kondisi ini yang membuat kita kehilangan fokus.

Kalau kita pernah merasakan hal itu, atau bahkan sedang merasakan kondisi ini, tenang aja. Karena kita nggak sendirian, kok. Sebuah studi menyatakan bahwa sekarang ini bahwa rata-rata lama fokus seorang manusia mengalami penyusutan dari 12 detik ke 8 detik. 

Pada era digital, dimana informasi yang dengan mudah didapat, kita banyak diberikan informasi untuk dikonsumsi dalam hitungan detik. Inilah yang membuat manusia tidak bisa fokus pada satu waktu. 

Kalau 2017 lalu kita banyak membuang waktu kita buat males-malesan, yuk jadi pribadi yang makin fokus dengan cara-cara berikut ini. 

1. Tempelkan sebuah kutipan pada meja kerja kita sebagai motivasi

PIlihlah salah satu kutipan yang menjadi favorit kita. Tuliskan, lalu tempel pada tempat yang mudah terlihat seperti layar komputer. Dengan menempelkan beberapa kutipan, kita menjadi selalu ingat mengapa kita harus tetap fokus. 

Hal ini sangat berguna kalau kita adalah seorang yang mudah bosan. Misalnya, tuliskan sebuah ayat pada sticky notes. Kalau ayat yang saya tempelkan pada meja kerja saya, adalah ayat pada Amsal 21:20, “Harta yang indah dan minyak ada di kediaman orang bijak, tetapi orang yang bebal memboroskannya.” 

2. Ciptakan rutinitas yang baik

Sebuah ritual yang positif merupakan cara terbaik untuk menciptakan mood yang lebih produktif. Membiasakan diri kita untuk berjalan pagi atau berolahraga sebelum kita memulai hari dapat meningkatkan mood kita. 

Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk menciptakan mood yang baik. Untuk bisa menciptakan sebuah rutinitas atau kebiasaan, kita perlu mengetahui waktu yang paling produktif untuk bekerja.

Saat pagi hari, biasakan untuk mengambil waktu sejenak untuk bersaat teduh. Agar hari-hari kita selalu dituntun oleh kuasa Roh Kudus dan dipenuhi oleh sukacita. 

3. Kurangi melakukan multitasking

Setiap orang pasti bisa, bahkan terbiasa dengan kegiatan multitasking atau mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Cuma, multitasking tidaklah efektif untuk dilakukan. Baiknya kita fokus terhadap satu pekerjaan hingga selesai, kemudian beralih pada pekerjaan yang lain. Salah satu keuntungannya adalah kita tidak perlu bolak-balik untuk mengecek apakah kita melakukan sebuah kesalahan atau tidak pada pekerjaan tersebut. 

Baca juga: Buat Kamu Yang Punya Budget Ngepas, 3 Jenis Investasi Ini Harus Dicoba!

4. Buatlah to-do list 

Semalam sebelumnya, tuliskan sebuah to-do list untuk besok. Tuliskan juga prioritas pada masing-masing pekerjaan dan tentukan kapan pekerjaan tersebut harus selesai. Untuk mengetahui berapa banyak waktu yang diperlukan, break down atau bagikan setiap pekerjaan menjadi beberapa bagian. Ingatlah bahwa kita perlu menjadi lebih realistis dengan tidak membebankan diri kita dengan terlalu banyak pekerjaan. Mulailah bekerja dengan cerdas, tidak hanya bekerja keras. 

5. Memiliki seseorang yang dapat diperhitungkan

Beritahu keluarga atau teman mengenai pekerjaan yang perlu kita selesaikan. Katakan pada mereka untuk bertanya mengenai pekerjaan apa yang telah diselesaikan sepanjang hari ini. Dengan cara ini, Kita akan merasa lebih bertanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan pada hari tersebut.

6. Pilihlah waktu bekerja yang tenang

Ketika kita benar-benar merasa terganggu dengan kehadiran orang lain, mungkin inilah waktunya untuk pergi ke tempat yang lebih tenang agar bisa lebih fokus pada pekerjaan. Sebagian orang memilih untuk bekerja sendirian agar menjadi lebih produktif, namun sebagian yang lain menyukai bekerja di tengah keramaian – pilihlah mana yang terbaik untuk kita. 

7. Matikan handphone

Dewasa ini, banyak orang akan mengecek handphone setiap 10 menit sekali untuk melihat apakah ada notifikasi atau tidak. Jika kita merupakan salah satunya, dimana kita selalu mengecek handphone setiap menitnya, mungkin ini saatnya untuk menekan tombol power off pada handphone dan mulai fokus terhadap pekerjaan yang sedang dikerjakan. 

Tujuh cara diatas bisa kita coba untuk menjaga fokus kita. Namun, masih ada lho, Sembilan cara lainnya. Simak pada artikel selanjutnya, ya. 


Sumber : leonie/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

0 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer

Roy Hendrawanto 4 December 2018 - 00:01:52

Solusi terbebas dari hutang kartu kredit

1 Answer


sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Banner Mitra Week 2


7227

Superyouth