Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
289



Stres memang sangat berpengaruh dengan kesehatan tubuh. Stres bisa bikin kepala sakit dan bikin badan lemah hingga moody.

Tapi stres juga bisa membawa dampak positif buat kesehatan kita lho. Penelitian dari Departemen Psikologi Universitas Alabama Birminfham, Richard Shelton MD, membenarkan anggapan itu, dimana ketika tubuh kita bekerja untuk menghilangkan stres, maka kita baru akan merasakan dampak positif dari stres tersebut.

Memangnya sih kedengarannya sangat aneh, tapi nyatanya dampak positifnya memang ada. Shelton mengatakan bahwa stres justru akan berbahaya bila kita nggak mampu mengontrolnya.

Berikut ada beberapa dampak positif stres yang bermanfaat bagi tubuh kamu. Mau tahu apa saja? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Stres bisa meningkatkan kinerja otak

Stres dengan level yang ringan akan menstimulasi produksi zat neurophins di otak kita dan akan memperkuat system syaraf otak. Shelton juga mengatakan dengan adanya stres makan konsentrasi otak kita bisa meningkat.

Oleh karena itulah, stres ringan cukup baik untuk mempertajam otak. Tapi kalau kita nggak bisa mengontrol, sebaliknya akan terjadi dimana otak kita akan kelelahan dan kinerjanya malah menurun. Nah, itu sebabnya kalau stres kamu sudah parah, ada baiknya segera pergi piknik dan jangan kerja melulu.

2.  Meningkatkan imun tubuh dalam jangka waktu pendek

Ternyata, ketika tubuh kita merespon stres, maka tubuh akan mempersiapkan diri untuk kemungkinan adanya infeksi atau cedera. Nah di situlah tubuh memproduksi zat interleukin yang bisa meningkatkan imun tubuh. Hanya saja peningkatan imun ini hanya sementara lho.

3.  Meningkatkan kontrol psikologis

Dampak positif stres ketiga adalah dapat meningkatkan kontrol psikologis dengan baik. Secara nggak langsung kamu bisa dengan mudah menghadapi  segala bentuk tantangan hidup.

Jadi ketika dihadapkan dengan deadline yang ribet, kamu nggak bakal gampang nge-down. Kamu bakal hadapi dengan seluruh kemampuanmu karena kamu memiliki kemampuan kontrol psikis yang baik.

4.   Meningkatkan motivasi

Jangan salah, nggak hanya pujian yang bisa meningkatkan motivasi. Stres juga terbukti bisa memotivasimu untuk bisa sukses di masa depan.

Coba deh, bila tiba-tiba kamu stres karena deadline yang ada. Maka kamu pasti berusaha sekuat tenaga untuk menyelesaikannya bukan? Tentu saja ada stres yang ringan yang kamu alami tanpa disadari ketika kamu menyelesaikan tugas itu.

Tapi stres ringan ini bisa juga menjadi cambuk buat untuk menjadi lebih disiplin lho. Kamu bakal jadi lebih peka dan kedepannya kamu pun bisa lebih menghargai waktu dalam bekerja. Semakin efektif cara kerjamu, maka semakin terbuka peluang untuk sukses

Nah, demikian 4 dampak positif stres bagi kesehatan kamu yang perlu kamu ketahui.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Stefanus Sapta 16 January 2018 - 14:05:40

pengaruh negatif sosial media terhadap hubungan su.. more..

0 Answer

Bennett 15 January 2018 - 18:41:53

Hitunglah energi potensial benda 10kg pada ketingg.. more..

0 Answer

Yasin al farisi 15 January 2018 - 17:20:39

Dua buah gaya dikatakan seimbang bila

0 Answer


Eliseo hizkia 9 January 2018 - 20:09:12
Saya Pribadi sudah merasa begitu lelah menghadapi ... more..

Desy Natalia Putri Lumbanbatu 6 January 2018 - 23:09:26
Sebenarnya saya sudah diujung keputusasaan.. Buka... more..

Agus Hermawan 5 January 2018 - 11:47:42
Saya sudah jenuh menjalani hidup yg begini terus, ... more..

susy christina 30 December 2017 - 16:14:31
Saya LDR bertahun tahun dengan suami, kami sudah p... more..

Banner Mitra Week 2


7357

advertise with us