Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
467


Sukacita Natal rasanya kurang lengkap kalau tidak dihabiskan dengan keluarga, saudara atau teman-teman dekat kita. Selain momen kebersamaan, ada satu lagi yang bikin kita selalu menantikan Natal. Apalagi kalau bukan makanan khas Natal. 

Setiap daerah, pasti punya hidangan khas Natal yang berbeda-beda. Bahkan, walaupun satu daerah, hidangan Natal pasti berbeda dari rumah ke rumah.Kalau kamu suka mencoba hal baru, boleh lho ngintip hidangan Natal yang sering tersaji di meja seluruh umat Kristen di berbagai daerah ini. 

1. Kalkun


Kalau di Indonesia memilih babi sebagai sajian yang wajib ketika Natal tiba, di belahan dunia lain, seperti Eropa atai Amerika biasanya memilih kalkun sebagai hidangan mereka. Sebelum kalkun populer, mereka memilih angsa atau babi. 

Namun, pada masa Peradaban Baru Eropa, hidangan dengan angsa atau kepala babi mulai tergantikan setelah kalkun mulai diperkenalkan. Di Indonesia, daging kalkun sudah umum dijual di beberapa tempat, tapi masih banyak masyarakat Kristen di Indonesia yang jarang menghidangkannya di meja makan saat Natal. 

Kalau kita ingin ikut merasakan hidangan yang kebule-bulean, cocok banget nih nyobain hidangan satu ini. Memang sih harganya sedikit mahal dan harus pintar-pintar mengolahnya. Tapi boleh dong sesekali nyobain makanan yang berbeda. Kalaupun kita tidak berhasil menemukan hidangan kalkun, ayam goreng atau panggang boleh menjadi gantinya. 

2. Kue Buah


Sebenarnya, di Indonesia hampir tidak ada kue yang identik dengan natal. Tapi orang Indonesia memiliki kebiasaan untuk menyetok kue-kue kering seperti nastar, kastengel, atau kue-kue lainnya. Lain halnya dengan budaya yang ada di Barat sana. Mereka akan menyajikan kue buah atau fruit cake. Cara pembuatannya mirip dengan kue kering biasanya, namun ditambahkan dnegan potongan buah atau kacang-kacangan.

3. Christmas Pudding


Puding yang berasal dari Inggris ini adalah salah satu sajian khas Natal, bentuknya yang agak bundar dan berwarna coklat kehitaman. Cara pembuatannya pun sedikit rumit, karena harus dibakar agar puding menjadi wangi. 

Yang paling berkesan pada pudding ini adalah cara pengolahannya, dimana setiap keluarga harus ikut mengaduk adonan sambil berdoa. 

Baca juga: Biar Liburanmu Nggak Gitu-Gitu Aja, Ini Dia 5 Event Tahun Baru Yang Bisa Didatangi

4. Pie Natal


Makanan satu ini sudah populer sejak jaman perang salib, kue pie ini awalnya mengandung daging yang dicampur dengan buah sebagai bahan utama, rempah – rempah, dan alkohol. Kemudian seiring perkembangan zaman, dagingnya digantikan dengan buah. Ukurannya pun dulu tidak kecil atau sedang seperti yang sekarang, tapi besar untuk kemudian dipotong – potong seperti pizza. 

Hidangan Natal yang berkesan pasti berbeda, namun kita tidak boleh melupakan semangat Natal yang sebenarnya, yaitu merayakan kelahiran Sang Juru Selamat. Bahkan jika tak satu pun hidangan Natal tersedia di rumah, kita harus tetap bersyukur karena kelahiran-Nya membuat kita lebih berharga dan berani untuk menghadapi dunia. Selamat Natal semuanya!


Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Ario Purwo 21 June 2018 - 13:20:03

yesus kecil

0 Answer

Ganda Doloksaribu 21 June 2018 - 10:46:42

Apakah semua manusia pasti mati?

0 Answer

Nehemia 18 June 2018 - 21:20:15

Cara mempertahankan hubungan

0 Answer


MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Grace Natalia 2 June 2018 - 18:51:31
Shalom saya grace Saya mohon didoakan untuk diberi... more..

Deonita Putri Jurdjo 16 May 2018 - 14:34:33
Shalom, saya Deonita. saya mohon doa untuk kelanca... more..

christina wijaya 7 May 2018 - 08:10:28
mohon doanya agar pernikahan saya dan suami dipuli... more..

Banner Mitra Week  3


7438

advertise with us