Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
405


Setiap orang pasti pernah melakukan sebuah kebohongan. Entah itu disengaja ataupun demi menutupi sebuah kebohongan lain. Namun yang pasti kebohongan sekecil apapun, bukanlah sesuatu yang disukai oleh Tuhan, selain itu suka berbohong merupakan sebuah tanda bahwa kamu memiliki kelainan dalam psikologis kamu, artinya kamu memiliki sebuah penyakit psikologis.

Yap! Mythomania namanya. Istilah ini merupakan sebutan penyakit psikologis bagi yang suka berbohong.

Nah, penyakit ini merupakan kebohongan yang dilakukan seseorang bukan dengan tujuan menipu orang lain. Penderita dari gangguang Mythomania ini akan membuat dirinya sendiri percaya bahwa kebohongan yang dia buat adalah nyata.

Yang membedakan Mythomania dengan kebohongan biasa adalah penderita penyakit ini sering sekali nggak sadar kalau dia sebenarnya suka berbohong dan menceritakan khayalan yang ada dalam pikirannya. Istilah penyakit ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1905 oleh Ferdinand Dupre yang merupakan seorang psikiater.

Penderita Mythomania sangat lihai juga meyakinkan ketika bercerita, seolah-olah itu memang cerita hidupnya yang sebenarnya. Ini merupakan salah satu perbedaan kebohongan biasa dan mythomania. Para myhtomaniac memiliki pesona yang  mampu memanipulasi orang lain, mereka pandai menemukan kalimat dan sikap tepat dengan tujuan agar dicintai dan diakui oleh orang-orang disekitarnya. Mereka juga akan menciptakan kebohongan untuk membantu mereka lari dari kenyataan dan diterima oleh orang lain.


Seseorang yang menderita penyakit ini bisa dibagi dua, yaitu mereka yang masih dalam tahap ringan dan hanya menceritakan beberapa cerita ‘bohong’ yang nggak berdampak besar bagi orang lain. Hanya bertujuan untuk mendapatkan perhatian sedangkan mereka yang sudah penderita mythomania yang akut, kepribadiannya cenderung memanipulasi segala hal dan cenderung mudah berinteraksi dengan cara membual.

Penyebab dari mythomania ini adalah kegagalan-kegagalan dalam cara kehidupannya, seperti kegagalan dalam hal studi, masalah keluarga, kisah sentimental, bahkan kegagalan dalam pekerjaan. Penderita penyakit ini merupakan korban ketidakbahagiaan dan pederitaan dalam hidupnya secara terus menerus. Mereka nggak mampu mengekspresikan keaslian dirinya sehingga selalu ingin bersembunyi dibalik topeng.

Untuk mengobatinya, penderita mythomania bisa mendatangi psikolog dan melakukan konseling dengan metode konvensional psikoterapi. Saat ini juga banyak psikolog yang bisa menggunakan hypotherapi untuk bisa mengatasi masalah ini dengan lebih efektif. Selain itu penderita juga harus menyadari bahwa kebohongan yang dia lakukan nggak baik karena akan membuat masalah lebih besar kedepannya. Nggak hanya itu, dia juga perlu tahu bahwa Tuhan sangat mengasihinya dan ingin membuat hidupnya pulih dan berubah asal dia berani menyadari bahwa dirinya salah dan merendahkan hati untuk minta ampun serta berubah.

“Janganlah kamu mencuri, janganlah kamu berbohong dan janganlah kamu berdusta seorang kepada sesamanya.” Mazmur 19:11

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bagus Prastio 19 January 2018 - 11:55:57

apakah karyawan wajib mengeluarkan iuran yg di min.. more..

1 Answer

Theresia Prichilia O. Kaurow 18 January 2018 - 22:55:27

Kenapa kok kita harus mengaku dosa kepada manusia?

1 Answer

Fall Rori 17 January 2018 - 19:48:30

Pengertian roh kudus

1 Answer


Seprina R.S.Aritonang 18 January 2018 - 21:47:05
Aku ingin berdoa supaya Tuhan jamah hatiku untuk s... more..

Jayesthu Julianto Basar 18 January 2018 - 20:28:33
Doakan keluarga kami (chairul sekeluarga, yeti se... more..

irene gunawan 18 January 2018 - 01:23:40
Mohon bantuan doanya.. Dulu saya pernah mengalami... more..

Eliseo hizkia 9 January 2018 - 20:09:12
Saya Pribadi sudah merasa begitu lelah menghadapi ... more..

Banner Mitra Week 2


7358

advertise with us