Bicara Keuangan? Hal Ini Juga Penting Kamu Bicarakan Menuju Pesta Pernikahan Tahun Depan.

Finance / 15 December 2017

Kalangan Sendiri

Bicara Keuangan? Hal Ini Juga Penting Kamu Bicarakan Menuju Pesta Pernikahan Tahun Depan.

Naomii Simbolon Official Writer
2272

Saat kamu sedang berniat untuk melangsungkan pernikahan, tentu berbagai hal telah dipersiapkan. Hal ini karena kamu nggak ingin bikin momen terindah dalam hidup  kamu kacau berantakan. Nggak cuma hanya kamu, semua orang yang sedang merencanakan hal yang sama juga tentu melakukan hal yang sama. Tentu semua orang ingin hari bahagianya menjadi sebuah kenangan yang paling indah.

Melakukan persiapan pernikahan memang bikin kamu menjadi semakin semangat. Terlebih jika kamu menginginkan konsep pesta pernikahan yang berbeda dengan orang lain. Kalau ingin melangsungkan pesta yang mewah tentu butuh sejumlah dana yang cukup besar bukan? Nah dengan begitu, semuanya perlu disiapkan dan diperhitungkan dengan tepat dan benar.

Bagi kamu yang tengah merencanakan hari istimewa dengan pasangan kamu, kami menuliskan beberapa tips untuk membantu kamu dalam mempersiapkan biaya pernikahan yang terencana dan juga tepat berikut ini:

BACA JUGA : Liburan Pakai kartu Kredit? Siapa Takut Kalau Ikuti Tips Ini

1.  Terbuka satu sama lain mengenai kondisi keuangan

Sangat penting untuk saling terbuka tentang kondisi keuangan baik itu keuangan kamu atau juga pasangan. So, sebaiknya beranikan diri untuk berkata jujur. Jangan gengsi karena ini merupakan tahap langkah yang menentukan bagi kamu dan pasangan dalam mempersiapkan biaya pernikahan.

Pastikan kamu dan pasangan telah memperhitungkan biaya-biaya yang akan ditanggung pas pernikahan nanti. Jangan lupa untuk memperhitungkan sumber pendanaan yang mungkin digunakan untuk membiayai pernikahan seperti deposito misalnya.

2.  Lunasi utang yang ada terlebih dahulu


Kalau kamu dan pasangan masih memiliki utang masing-masing kepada orang lain, sebaiknya lunasi terlebih dulu, pastikan sudah lunas semua. Jangan sampai utang tersebut terbawa setelah menikah nanti, sebab hal ini bisa saja menganggu keuangan kalian nantinya secara keseluruhan, dan fatalnya bisa mengakibatkan pertengkaran

So, cobalah untuk melunasi hutang  tersebut secara bertahap. Yang penting utang dapat lunas sebelum kalian menikah nanti.

3. Susun anggaran dan prioritaskan kebutuhan pribadi masing-masing


Sebaiknya kamu dan pasangan harus menyisihkan sebagian penghasilan kalian agar kebutuhan pernikahan nanti dapat terpenuhi. Susunlah anggaran keuangan pribadi kalian dan bicarakan berapa anggaran yang akan kalian tabung khusus untuk pernikahan kalian.

4.  Cobalah buka rekening bersama untuk biaya pernikahan kalian


Akan sangat tepat kalau kamu dan pasangan membuka rekening bersama untuk menabung biaya pernikahan. Misalnya membuka sebuah tabungan berjangkau dan mengumpulkan dana pernikahan. Rekening ini akan dipergunakan secara khusus hanya untuk pernikahan dan nggak boleh ada dana lain yang dimasukkan kedalam rekening tersebut. Selanjutnya kamu dan pasangan bisa membicarakan kapan kiranya dana ini ingin dicapai dan berapa harus ditabung perbulan.

5.  Ubah kebiasaan yang cenderung boros dan berhematlah


Setiap orang pasti mengalami situasi yang cenderung memboroskan uang untuk hal yang bukan prioritas. Misalnya melihat barang diskonan saat mengunjungi pusat belanja sehingga menghabiskan uang untuk itu.

Sebaiknya mulailah menghentikan atau mengurangi perilaku tersebut yang pasti terlihat sangat boros. Ini dilakukan agar niat kamu untuk mempersiapkan dana pernikahan bisa segera tercapai.

Demikian 5 tips untuk mengumpulkan biaya pernikahan supaya bisa terkumpul dengan cepat. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu segera merenungkannya serta membicarakannya dengan pasanganmu. 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami