Liburan Pakai Kartu Kredit? 5 Tips Pintar Ini Nggak Bikin Kartu Kreditmu Over Limit

Finance / 11 December 2017

Kalangan Sendiri

Liburan Pakai Kartu Kredit? 5 Tips Pintar Ini Nggak Bikin Kartu Kreditmu Over Limit

Naomii Simbolon Official Writer
2156

Saat ini traveling sering sekali dijadikan hobi yang rutin untuk dilakukan. Penatnya pekerjaan bikin sebagian orang memilih traveling dan bisa mengatasi stress. Nggak hanya itu, traveling juga bisa dilirik untuk dijadikan pekerjaan atau bisnis sampingan.

Untuk melakukan traveling, banyak hal yang harus dilakukan. Salah satunya yakni menyiapkan budget sesuai dengan keperluan dan  kemana kamu akan pergi. Jika ingin bepergian keluar negeri, tentu saja budget yang harus disiapkan jauh lebih besar.

Jika kamu ingin menikmati perjalanan ke luar negeri, biasanya akan memilih jalan cepat dan praktis untuk kemudahan transaksi diluar negeri. Yakni dengan menggunakan kartu kredit.

Bagi kamu pengguna kartu kredit, agar traveling kamu tetap berjalan dan menyenangkan. Nggak usah kuatir, ini nih tips buat kamu biar nggak  over limit.

1. Pilih kartu kredit yang compatible


Kalau mau keluar negeri, sebaiknya teliti dulu apakah kartu kredit kamu bisa diterima secara luas di tempat tujuan?

Biasanya kartu dengan logo visa atau MasterCard bisa diterima disebagian besar negara. Selain itu, ada baiknya jika pemegang kartu kredit memberitahukan kemana dia akan berpergian. Tujuannya untuk meminimalisir kemungkinan kartu kredit di blokir karena aktivitas yang dianggap mencurigakan.

2.  Cari tahu keuntungan lain ketika menggunakan kartu kredit


Selain untuk pembayaran, mungkin saja ada sejumlah manfaat yang ditawarkan tanpa kamu ketahui. Dalam hal ini kartu kredit mungkin menawarkan asuransi kesehatan gratis atau diskon untuk perjalanan. Nggak hanya itu, mencari tahu lebih banyak biaya transaksi asing juga dibutuhkan. Karena setiap bank mungkin memiliki peraturan sendiri untuk setiap negara. Dengan begitu, cari tahu lewat pihak bank penerbit kartu kredit tersebut untuk memeriksa biaya transaksi asing. Setelah itu, gunakan kartu dengan biaya transaksi asing terendah.

3. Periksa expired date dan bawa beberapa kartu cadangan


Sebelum melakukan perjalanan, periksalah batas kredit dan verifikasi tanggal kadaluarsa untuk menghindari “no access credit card” ketika sedang berada di luar negeri. Kemudian buatlah salinan kartu dan simpan ditempat yang aman. Nggak ada salahnya kalau kamu minta nomor darurat kepada bank penerbit kartu kredit jika sewaktu-waktu ada kasus darurat. Selain itu, bawalah kartu kredit cadangan atau uang cash sesuai mata uang negara yang akan kamu kunjungi agar traveling tetap aman.

4.  Simpan semua bukti transaksi selama di luar negeri

Ketika bertransaksi di luar negeri sebaiknya simpan semua bukti transaksi. Baik transaksi belanja, pemesanan tiket dan lainnya. Hal ini menjadi acuan kamu nanti saat sudah mulai menerima tagihan kartu kredit.

5.  Buatlah anggaran traveling


Membuat list anggaran untuk traveling akan membuat kita lebih hemat terhadap segala pengeluaran yang nggak perlu saat traveling ke luar negeri. Untuk belanja misalnya sebaiknya kamu menganggarkan budget yang akan kamu keluarkan sekalipun kamu tengah menggunakan kartu kredit. Hal ini baik, supaya kamu nggak pusing setelah liburan dengan lembaran tagihan kartu kredit yang besar.

Kira-kira demikianlah 5 tips pintar bikin liburan kamu tetap nyaman pakai kartu kredit. Selamat liburan Natal dan Tahun Baru. God Bless you.

BACA JUGA: Teruntuk Perempuan Implusif. Ini Nih Biar Gaji Cukup Sampai Akhir Bulan

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami