Solo Punya Cerita, 4 Destinasi Wisata Ini Akan Bikin Kamu Betah Lama-lama Di Solo

Entertainment / 11 December 2017

Kalangan Sendiri

Solo Punya Cerita, 4 Destinasi Wisata Ini Akan Bikin Kamu Betah Lama-lama Di Solo

Inta Official Writer
3070

Solo adalah salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi yang terkenal dengan murahnya. Iya, sama sama seperti Yogyakarta, kota yang juga dikenal dengan sebutan Surakarta ini memang gudangnya wisata yang nggak bikin kantong bolong. Selain suguhan wisata alam yang indah, Solo juga kaya akan budaya dan surganya wisata kuliner. 

1. Keraton Surakarta 


Destinasi wisata ini sangat cocok buat kita penikmat budaya, nih. Disana, kita akan disuguhkan oleh bangunan istana tempo dulu dan peninggalan-peninggalan bersejarah di museum. Lokasi Keraton Surakarta ini tidak jauh dari Alun-alun Utara Surakarta, sehingga setelah kita puas dengan wisata keraton, kita bisa langsung santai-santai menikmati indahnya kota Solo pada malam hari di Alun-alun. 

2. Grojokan Sewu Tawangmangu 


Sebenarnya, lokasi wisata satu ini sudah berada di luar Solo, namun karena lokasinya sangat dekat, yaitu di Kabupaten Karanganyar, Grojokan Sewu Tawangmangu jadi destinasi wisata yang tidak boleh terlewat ketika kita mampir ke Solo.

Arti Grojogan sewu adalah air terjun seribu, namun hal itu tidak berarti kalau air terjun ini ada seribu, lho. Namanya diambil dari ketinggian air terjun yang oleh warga sekitar jika dihitung berdasarkan satu langkah kaki orang dewasa berjumlah 1000. 

Sebenarnya, tinggi air terjun  ini adalah 81 meter yang kemudian membuat air terjun ini menjadi air terjun tertinggi yang ke 12 di Indonesia. Pepohonan yang memenuhi kiri-kanan kita membuat suasana yang asri dan memanjakan mata. Disana juga disediakan kolam renang, kios-kios makanan, hingga tempat untuk membeli oleh-oleh. 

3. Air terjun Jumog 

Masih berada di kaki gunung Lawu, air terjun Jumog menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi pengunjung. Walaupun untuk sampai disana kita perlu menapaki 116 anak tangga, namun semuanya akan terbayar dengan suguhan air yang begitu jernih dan segar. Selain lokasi yang memungkinkan kita untuk main air, air tuerjun Jumog ini juga terkenal karena banyak spot foto yang indah.

Baca juga: Super Murah! 4 Destinasi Wisata Anti Bangkrut Pas Akhir Tahun

4. Pasar Klewer


Setelah lelah keliling menikmati kota Solo, waktunya untuk mencari buah tangan, nih. Siapa sih yang tidak kenal dengan batik Solo yang khas? Di Pasar Klewer, kamu bisa dengan bebas memilih batik dengan motif yang beraneka ragam. Mulai dari batik semarang, batik kudus, bahkan batik pekalongan. Harga batik disini juga bervariasi, ada yang paling murah, hingga batik dengan kualitas premium. Sementara buat kita yang lebih memilih membawa oleh-oleh berupa makanan, maka pilihannya ada intip, belut goreng, dodol, jenang, bakpia dan makanan khas solo lainnya.

Wah, bisa nih Solo menjadi alternatif liburan Natal buat kita yang punya kantong pas-pasan. Kira-kira, mana yang menjadi destinasi wisata favoritmu?


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami