Tidak Cuma Murah, 10 Makanan Dibawah Ini Kaya Akan Kalsium, Lho.

Health / 10 December 2017

Kalangan Sendiri

Tidak Cuma Murah, 10 Makanan Dibawah Ini Kaya Akan Kalsium, Lho.

Inta Official Writer
2843

Selama ini kita cuma tahu kalau sumber kalsium untuk memperkuat tulang hanyalah bersumber dari susu. Dengan mengonsumsi segelas susu, itu berarti kita sudah memasuki 30% kebutuhan kalsium harian kita. Asupan kalsium yang baik untuk usia orang dewasa adalah sekitar 1000mg.

Kekurangan kalsium sama saja seperti kita sudah kehilangan zat untuk membentuk tulang, pelancar peredaran darah, pelentur otot, bahkan pencegah penyakit jantung. 

Sayangnya, nggak semua kebaikan susu diatas ini bisa dirasain oleh orang kebanyakan. Ada beberapa dari kita yang tidak menyukai susu. Jadi tugas banget nih buat kita gimana cara mencari alternatif makanan lain sebagai penganti susu. 

Biar nggak usah repot-repot, kali ini kita ulas yuk, apa aja sih alternatif makanan tersebut.

1. Olahan brokoli 

Dalam satu mangkuk olahan brokoli, kita bisa mendapatan sekitar 62mg kalsium. Salah satu cara menikmati sayuran hijau ini tanpa merasakan rasa pahit adalah dengan cara menumisnya dengan beberapa butir bawang putih. 

Agar lebih terasa, tambahkan sedikit merica dan garam. Agar vitamin dan kandungan kalsiumnya tidak hilang, usahakan untuk memasak brokoli tidak terlalu matang. 

2. Sayur bayam 

Super murah! satu ikat bayam ini ternyata bisa memenuhi kalsium sekitar 240mg, lho. Makanan popeye ini juga terkenal dengan kandungan zat besi untuk membentuk sel darah merah. 

Untuk mengonsumsi bayam, kita bisa kok dengan cara disayur bening atau cukup ditumis. Campurkan dengan beberapa potong jagung dan wortel juga ya, agar sayurmu menjadi lebih bervariasi dan sehat. 

3. Sarden 

Selain vitamin B12 yang bermanfaat sebagai nutrisi otak, sarden juga mengandung kalsium dan kaya akan protein. Setiap 50gr yang kita santap, sama saja kita sudah mendapatkan 150mg kalsium. Sarden yang dikonsumsi boleh kalengan atau yang dijual di pasar atau supermarket terdekat, kok. 

4. Bok Choy 

Sekilas, bentuknya memang mirip sawi. Cuma bentuknya sedikit lebih pendek. Biasanya, bok choy juga dikenal sebagai sawi cina. Setiap satu mangkuk bok choy yang kamu konsumsi, terdapat sekitar 74mg kalsium. Bok choy menjadi pilihan banyak orang karena mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori. 

Baca juga: Terlalu Kurus? Konsumsi 4 Buah Ini Bisa Bantu Naikan Berat Badan

5. Jeruk 

Buah yang satu ini terkenal dengan kandungan vitamin C yang melimpah. Namun, sebenarnya jika kita mengonsumsi satu gelas jeruk segar, sama saja kita mendapatkan sekitar 20mg kalsium. Jeruk juga dapat mengatasi penyakit seperti flu atau demam. 

6. Oatmeal 

Kandungan kalsium dalam satu mangkuk oatmeal adalah 100mg. Karena kandungan yang tinggi inilah banyak ahli gizi yang merekomendasikan oatmeal sebagai pengganti roti saat sarapan.  Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang ada didalamnya membuat kita terasa kenyang lebih lama, lho.

Wah, ternyata banyak juga ya alternatif makanan yang bisa kita konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian kita. Kira-kira mana nih yang jadi favoritmu? 



Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami