Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
1456


Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang dilakukan secara dua arah. Termasuk ketika kita menapaki jenjang yang lebih serius dengan si dia. Untuk bisa mendapatkan restu, penting banget buat kita untuk menjalin komunikasi yang baik dengan calon mertua kita.

Walaupun bersifat dua arah, sebenarnya komunikasi yang nyaman dan menyenangkan bisa dimulai dari diri kita sendiri. Kalau pembawaan kita saja udah sulit buat diajak berkomunikasi dan kaku, gimana mereka mau menciptakan kesan baik terhadap kita? Ketika kita berkomunikasi, kita juga harus bisa menjaga sopan dan santun kita. Selebihnya, 5 Jurus ini akan membantu kita dalam menjalin obrolan yang nyaman dengan calon mertua. 

1. Membicarakan masa kecil


Kita tidak begitu mengenali calon mertua, sama halnya dengan mereka. Karenanya, memulai obrolan mengenai masa kecil pasangan kita akan sangat membantu . 

Namanya orang tua, mereka pasti sangat menyukai ketika diminta untuk menceritakan anak mereka, apalagi mengenai masa kanak-kanaknya. Kalau tahap ini berhasil, artinya kamu sudah bisa mencairkan suasana yang kaku dan canggung. 

2. Bertanya lebih jauh mengenai diri mereka 


Tak kenal maka tak sayang, demikian juga dengan calon mertua kita. Coba tanyakan mengenai mereka lebih dalam lagi. Kita perlu ingat kalau orang cenderung menyukai ketika mereka membicarakan diri mereka sendiri.

Mulailah dengan bertanya kehidupan semasa muda mereka, kemudian kaitkan dengan persamaan yang kamu miliki. Misalnya calon mama mertua bilang kalau berkuliah di Bandung, ternyata ada tante kita yang  pernah kuliah juga di Bandung, maka sampaikan kepadanya demikian. Salah satu yang harus kita ingat adalah persamaan lebih mudah diterima oleh seseorang dibandingkan perbedaan. 

Baca Juga: 6 Jurus Dapetin Restu Kakak dan Adik dari Pasangan. Mudah Lho Ternyata!


3. Cari pokok pembicaraan yang kita kuasai 


Dengan begitu, calon mertua kita sedikit banyak akan mengetahui mengenai diri kita. Ingat kembali agar hubungan kita menjadi lebih baik, kita perlu menjaga komunikasi dua arah. Coba cari apa kesamaan antara diri kita dan calon mertua yang bisa dibicarakan. Misalnya kita hobi menonton infotainment, atau memiliki kenalan yang sama satu gereja. 

4. Sambil mengobrol, coba selingi dengan kegiatan yang lain 


Salah satu cara agar suasana segera cair adalah dengan melakukan kegiatan yang dilakukan bersama. Misalnya memasak atau bermain catur. Kalau pasangan punya adik atau kakak, ada baiknya kita melibatkan mereka ketika kita mengobrol. 

5. Rencanakan deretan pertanyaan


Kita semua tahu kalau sesuatu yang telah direncanakan dapat membantu kita dalam pelaksanaannya. Bekali diri kita dengan menyiapkan beberapa pertanyaan yang hendak diajukan ketika bertemu calon mertua. Kuncinya kita harus aktif, bukan mereka.

Sebagai calon menantu yang baik, penting buat kita untuk menganggap mereka seperti orang tua kita sendiri. Perlu diingat bahwa kita harus tetap menjadi diri kita sendiri tanpa bersikap berlebihan ketika berada di depan mereka.


Sumber : Hipwee

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

0 Answer

Kefas Yonas 16 August 2018 - 02:13:34

shalom , apakah tanya tentang wetong kepada orang .. more..

0 Answer

Christian 14 August 2018 - 10:38:46

prolegomena

0 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week 2


7188

Gempa Lombok