Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta Destria

Official Writer
1268


Ada seorang pria yang mengunjungi sebuah kebun binatang. Langkahnya terhenti ketika berada di dalam sebuah penangkaran gajah. Disana, gajah-gajah dibiarkan berada di luar kandang hanya dengan tali kecil yang mengikat pada salah satu kaki gajah-gajah tersebut. 

Ia berpikir bahwa mungkin tali ini digunakan agar gajah-gajah tersebut tidak lari. Namun, ia kembali mengerutkan kening dan berkata didalam hati "kok tali yang digunakan sangat kecil ya?" 

Masalahnya, tali tersebut memang amat sangat kecil. Dia bingung mengapa tidak ada satupun gajah yang mencoba untuk melepaskan tali tersebut. Padahal jika gajah-gajah menggunakan sedikit kekuatannya, pastilah mereka dapat terbebas dari kebun binatang. 

Rasa penasaran membawa pria ini untuk bertanya kepada seorang pelatih gajah yang kebetulan berada didekatnya. "Mengapa tali yang digunakan untuk mengikat gajah-gajah ini sangat kecil? Apakah kau tidak takut kalau gajah ini akan lari dari kebun binatang?" 

Pelatih tersebut tersenyum, lalu menjawab "Ketika mereka pertama kali dibawa kesini, mereka masih sangat kecil. Kami mengikat mereka menggunakan tali yang sama seperti tali yang digunakan pada gajah-gajah dewasa. 

Gajah kecil tentu saja mencoba untuk kabur, namun tali tersebut cukup untuk membuat mereka tidak bisa lari. Kemudian mereka tumbuh besar, terbiasa dengan kondisi yang percaya bahwa tali tersebut sangat kuat dan tidak bisa dirusak. 

Hingga kini, mereka masih berpikir bahwa tali tersebut tidak bisa dirusak sehingga mereka tidak bisa mengamuk dan mencoba kabur." 

Sejak kecil, gajah-gajah tersebut diikat dengan tali yang sama dengan tali yang terikat di kakinya hingga dewasa. Pelatih berkata bawa mereka memang sengaja dikondisikan untuk percaya bahwa mencoba kabur adalah hal yang sia-sia dan mustahil untuk dilakukan. 

Adakah kiranya tali yang mengikat pada diri kita ini? 

Ikatan-ikatan tersebut membelenggu dan membuat kita percaya bahwa hidup kita sudah terpuruk, sudah tidak ada lagi harapan untuk keluar dari semua masalah yang sedang kita hadapi. Tali tersebut adalah tali-tali yang persoalan-persoalan ekonomi, hutang, masalah rumah tangga, ketakutan akan kegagalan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Ketika Ekspektasi Tak Sesuai Realita, Kok Rasanya Kayak Di PHP-in Iklan ya..

Tidak peduli seberapa sering dunia menahan kita ketika kita hendak keluar dari persoalan-persoalan tersebut, kita harus percaya bahwa masalah kita hanyalah sebesar tali kecil yang mengikat di salah satu seekor gajah yang besar saja. Jika kita terus berpikir seperti si gajah, kita tidak akan bisa keluar dan terlepas dari masalah tersebut. 

Tuhan Yesus berkata bahwa kita bisa memperoleh kebebasan dari tali-tali tersebut, dalam Yohanes 8:36 tertulis “Apabila Anak memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka.”

Lalu, bagaimana cara agar kita bisa merdeka dari belenggu tersebut? Yohanes 8:31-32 “Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.””


Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Korintus suteja 25 February 2018 - 03:19:18

Live chat

0 Answer

Deden 24 February 2018 - 02:42:21

Apa tindakan saya kalo istri meninggalkan rumah ta.. more..

1 Answer

anastasia 23 February 2018 - 16:35:52

bagaimana menghadapi orangtua yang selalu minta ua.. more..

1 Answer


Lin Fei Ping 22 February 2018 - 16:35:26
Shalom,saya Lin Fei Ping,mohon doa supaya dibantu ... more..

Lilyana Olivia 22 February 2018 - 07:44:10
Shaloom... Sejak melahirkan anak, kehidupan persek... more..

Arianto 21 February 2018 - 17:47:20
mohon doa pemulihan ekonomi keluarga, terbebas dar... more..

sekar marutic 20 February 2018 - 21:14:33
Mohon bantu dalam doa, supaya saya bisa diangkat ... more..

Banner Mitra Week 4


7378

advertise with us