Mau Idemu Segera Direstui Bos? Ini 5 Cara Buat Menangin Hatinya

Finance / 5 December 2017

Kalangan Sendiri

Mau Idemu Segera Direstui Bos? Ini 5 Cara Buat Menangin Hatinya

Inta Official Writer
1849

Sebagai pimpinan, biasanya seorang manajer akan mencari ide-ide segar yang bagus. Seorang manajer juga memiliki pengalaman, kapasitas dan dapat mengetahui manfaat dari ide-ide tersebut. Ketika mereka menolak ide dari kita, maka kemungkinannya ada dua, pertama yaitu ide kita tidak sebagus dari yang kita kira, yang lainnya adalah kalau kita tidak menyampaikan ide tersebut dengan baik. 

Menyampaikan sebuah ide bisa dimulai dengan ekspektasi yang realistis mengenai kesuksesan dari ide tersebut. Bagaimana caranya agar ide kita dapat direstui oleh manajer? Setiap pribadi manajer pasti berbeda-beda, sama seperti orang kebanyakan, sehingga tidak ada cara pasti yang dapat dilakukan agar bisa berhasil. Namun, ketika kita mengetahui manajer kita lebih dekat lagi, maka kesempatan dapat terbuka lebih lebar buat kita. 

Nah, 5 cara buat menangin hati manager agar ide kita segera direstui adalah;

1. Mengembangkan sebuah visi dari ide kita secara inspiratif 

Coba kita mulai menjelaskan ide kita tersebut dengan antusias, passion dan komitmen. Dengan begitu, orang lain akan menaruh perhatian karena kita bersunggu-sunggu dalam menyampaikannya. Jika kita menyampaikan dengan lesu, lemas, atau tidak percaya diri, maka siapa yang akan tertarik dengan ide kita tersebut? 

2. Kerjakan tugas-tugas kita 

Gunakan waktu kita untuk berpikir kembali, buatlah list mengengai pro dan kontra, kemudian back up dengan sebuah rencana. Pastikan untuk mengecek ide kita tersebut apakah sebelumnya pernah dilakukan atau dicoba oleh orang lain, dan apa hasilnya. Mudahnya, jangan buat manajer kita berpikir panjang, biarkan kita saja yang berpikir, kemudian presentasikan ide yang sudah kita kembangkan tersebut kepada manajer kita.

3. Tes idenya 

Coba konsultasikan dengan rekan kerja yang lain. Lihat apa tanggapan mereka, apakah ide tersebut terdengar masuk akal? Minta pada mereka untuk menjadi lebih kritis dan minta masukan atau koreksinya. 

Dengarkan, kemudian kembali evaluasi apakah mereka mengerti apa yang kita sampaikan. Siapkan diri kita untuk menerima apapun masukan dari mereka. Jika lima orang diantaranya berkata ide kita jelek, maka terimalah kalau ide kita memang jelek. 

4. Manfaat 

Berikut adalah ide-ide yang dapat menarik perhatian para manajer.

  • Cara untuk menurunkan pengeluaran 
  • bCara untuk menaikan pendapatan 
  • Cara untuk menyelesaikan pekerjaan dengan sedikit orang (efisien atau tidak) 
  • Sebuah solusi mengenai masalah yang manajer sedang hadapi 
  • Sebuah ide yang dapat membantu departemen atau kantor mencapai tujuan 

5. Ide yang harus dihindari 

Berikut adalah ide yang tidak akan diperhatikan oleh seorang manajer: 

  • Sesuatu yang hanya mementingkan diri sendiri 
  • Cara agar pekerjaan kita menjadi lebih mudah, namun memberatkan orang lain 
  • Sesuatu yang berpotensi mempermalukan manajer kita (dan kita sendiri) 
  • Ide yang membutuhkan uang banyak 
  • Ide yang mengansumsikan bahwa 2+2=5 

Cara-cara diatas akan membuat kita lebih mengetahui bagaimana menceritakan sebuah ide berdasarkan fakta yang ada. Tentu saja, dengan membangun sebuah hubungan yang baik dengan manajer, maka ide yang kita sampaikan memiliki peluang untuk didengar lebih besar.

Sumber : the balance
Halaman :
1

Ikuti Kami