Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
2349


Tahukah kamu, ada banyak pasangan Kristen yang lupa dengan pentingnya peranan doa dalam pernikahannya. Kesibukan dan juga beban tanggung jawab keluarga bisa saja jadi penyebab doa tersingkir dalam sebuah pernikahan.

Hal ini menyebabkan kebiasaan berdoa bersama tak terpupuk dalam keluarga. Ada banyak pasangan yang lebih memilih untuk berdoa bagi pasangannya dalam diam saja. Ada juga yang malah nggak pernah mendoakan pasangannya karena merasa semua hal berjalan baik-baik saja.

Tapi benarkah pernikahan tak membutuhkan topangan doa satu sama lain? Kalau kita percaya bahwa pernikahan itu adalah rancangan Tuhan, itu artinya kita harus melibatkan Tuhan juga dalam pernikahan tersebut. Caranya? Ya dengan berkomunikasi dengan Tuhan lewat doa. Apalagi kalau pasangan sama-sama berdoa untuk pernikahannya.

Kenapa pasangan menikah harus menghidupi kehidupan doa bersama? Jawabannya adalah karena saat suami dan istri bersatu dan bersepakat di dalam doa secara rutin, maka hal inilah yang bisa terjadi:

Lebih terhubung secara intim dengan pasangan.

Percayalah! Saat kamu dan pasangan berdoa bersama seara teratur setiap harinya kamu akan mendapati koneksi atau hubungan yang semakin intim dengan dia. Intim dalam hal ini bicara soal emosi karena momen berdoa adalah momen ketika suami maupun istri bisa mnegungkapkan setiap pemikiran dan perasaannya dan kemudian dibawakan dalam doa bersama. Hal inilah yang mengikat keduanya menjadi lebih intim.

Tumbuh bersama lebih dekat dengan Tuhan.

Kebiasaan berdoa bersama akan membawa pasangan suami istri pada tujuan yang Tuhan mau dalam pernikahan mereka. Jadi, jangan heran kalau pasangan yang berdoa bersama akan jauh lebih terarah dalam hidupnya. Hal ini terjadi karena doa membentuk mereka jadi pribadi yang peka dengan suara Tuhan.

Nggak hanya itu, kepribadian mereka pun akan secara otomatis di dewasakan dan semakin bertumbuh lebih dekat kepada Tuhan. Doa juga merupakan jalan keluar terbaik yang bisa diambil pasangan suami istri ketika semua jalan lain tampaknya buntu. Ingatlah, saat kita sudah mengikat diri kita kepada Tuhan, khususnya pernikahan maka Tuhan sendirilah akan menunjukkan kepada kita semua rencana-rencana-Nya yang baik dan luar biasa.

Baca Juga : Pernikahan Itu Harus Dibangun di Atas Doa, 25 Ayat Alkitab Ini Bisa Jadi Doa Untuk Suamimu

Bagaimana cara memulai kebiasaan doa ini?

Pernikahan bisa sukses kalau ada kerja sama yang kompak antara suami, istri dan Tuhan. Itu sebabnya doa menjadi aspek penting bagi pernikahan. Satu-satunya cara untuk bisa membangun doa dalam pernikahan adalah memulainya dari dirimu sendiri.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan berdoa terlebih dahulu untuk dirimu sendiri untuk mengetahui apa yang Tuhan mau dari dirimu. Pakailah ayat Mazmur 51: 10 sebagai panduanmu dan ucapkanlah itu.

Hanya dengan hati yang bersih dan motivasi yang benarlah kita bisa berdoa secara efektif untuk pasangan kita. Setelah itu mulailah untuk mengajaknya berdoa. Tak perlu terburu-buru dengan memaksakannya, tapi mulailah dengan memberikan pengertian kalau doa itu benar-benar penting. Apalagi kalau kamu sudah mengalami setiap penyertaan Tuhan dalam hidupmu lewat doa-doa yang kamu panjatkan.

Baca Juga : Doa yang Menyelamatkan Pernikahan

Saat suami istri sudah bersepakat dalam doa, itulah waktunya untuk meneladani kebiasaan doa kepada anak-anak. Orangtua yang rajin berdoa pasti akan sangat berpengaruh besar bukan hanya pada kebahagiaan pernikahan tapi juga bagi anak-anak.

Setelah mengetahui manfaat besar dari doa, mulailah menantang diri untuk memulainya hari ini. Mungkin pertama-tama dengan menantang diri sendiri dalam seminggu, sebulan dan sampai doa sudah jadi gaya hidupmu. Kemudian mulailah melibatkan pasangan dan juga anak-anakmu.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer

Sony Wuisang 19 November 2018 - 06:59:46

Pelayanan anak

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7221

advertise with us