Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
1727


Liburan udah tinggal beberapa minggu lagi, nih. Tidak terasa satu bulan lagi kita sudah ada di penghujung tahun 2017. Salah satu yang dinanti pada penghujung tahun adalah libur panjang selama natal dan tahun baru. 

Kira-kira, kemanakah tujuan liburanmu kali ini? Kalau makassar adalah tujuan wisata yang hendak dikunjungi pada libur akhir tahun nanti, maka rasanya nggak lengkap kalau belum puaskan lidah dengan 5 hidangan khas Makassar ini. 

1. Pallu Basa Serigala 

Kalau sekilas, kita bisa mengira pallu basa mirip dengan coto Makassar. Padahal, selain rasanya yang berbeda, pallu basa juga disajikan dengan nasi, bukan ketupat. Tempat makan Pallu Basa Serigala yang bertempat di Jl. Serigala no 54 ini ramai banget. Nggak heran sih, soalnya rasanya memang benar-benar menggoyang lidah. 

Kuah kental yang kaya rempah bersama paduan daging pallu basa dijamin bikin kamu ketagihan, deh. Biasanya, pallu basa dinikmati dengan jeroan sapi dan telur ayam rebus. 

2. Coto Makassar

Bukan mampir ke Makassar kalau nggak nyobain coto khas Makassar dari kota asalnya sendiri. Hampir disetiap sudut kota menawarkan hidangan coto Makassar ini. Seperti yang sudah dibahas diatas, coto Makasar disajikan dengan menggunakan ketupat. 

Duh kebayang banget kan kalau sore-sore, sambil gerimis tipis-tipis, nikmatin kota Makassar sambil menyantap makanan khasnya. Salah satu tempat makan coto Makassar yang terkenal adalah Coto Makassar Daeng. 

Perbedaan antara coto Makassar dan pallu terletak pada proses memasaknya. Pallu basa membutuhkan waktu memasak yang cukup lama. Sementara pada kuah, coto Makassar terbuat dari kacang, pallu basa menggunakan kelapa parut yang disangrai dan ditumbuk. 

3. Mie Awa

Mana suaranya para pecinta mie?! Mie awa ini adalah mie yang cuma bisa kita temuin di Makassar. Mie awa adalah mie kering yang disiram dengan kuah sayur. Kuahnya sendiri kira-kira mirip dengan capcai yang gurih dan sedikit asam. 

Duh, gimana ya rasa perpaduan garingnya mie yang dipadukan dengan kuah capcai tersebut? Kalau kata orang-orang, rasanya sangat unik, cuma Makassar yang punya. Lokasi mie awa ada di Jl. Pattimura No 19, pastikan kamu mampir untuk menyicip, ya. 

4. Nasi Kuning Riburane 

Rasanya nggak susah buat nemuin nasi kuning. Jadi ngapain jauh-jauh ke Makassar cuma buat nyicip Nasi Kuning Riburane ini? Bedanya, Nasi Kuning Riburane ini disajikan dengan berbagai macam lauk yang sedap-sedap, lho. 

Buat beberapa orang, porsi Nasi Kuning Riburane tergolong jumbo. Lauk yang ditawarkan pun bermacam-macam. Ada daging sapi, dendeng, abon, tumis kentang, rendang, hingga telur bebek rebus.

5. Pisang Ape 

Setelah bahas makanan berat, nggak lengkap kalau nggak sekalian bahas makanan penutup alias dessertnya. Pisang ape bisa ditemui di sepanjang pantai Losari. Pisang ape adalah pisang bakar yang ditambahi topping berbagai macam. Selain keju dan coklat, pisang ape juga tersedia dengan rasa durian atau stroberi. Wah, kapan lagi bisa menikmati indahnya pantai losari sambil makan pisang ape khas Makassar gini? 

Sudah nggak sabar buat mencicipi makanan khas Makassar? Kota Makassar memang memiliki daya tarik tersendiri, tidak hanya banyaknya lokasi wisata yang disuguhkan, tetapi juga ada makanan khas Makassar yang siap memanjakan lidah


Sumber : hallomuda

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Selfira 14 October 2018 - 17:54:07

Pertemanan

0 Answer

Andayan Lintin 14 October 2018 - 13:23:37

Kenapa ada siang dan malam

1 Answer

ceven lodiko 14 October 2018 - 09:31:31

Gms

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7270

advertise with us