Warga Binaan Lapas Perempuan Tangerang Nonton Bareng Solusi

Latest News and Events / 27 November 2017

Kalangan Sendiri

Warga Binaan Lapas Perempuan Tangerang Nonton Bareng Solusi

Lusiana Official Writer
6738

[Senin, 16 Oktober 2017] Tim Konselor CBN Indonesia mengadakan nonton bareng (nobar) Solusi di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Tangerang dan dihadiri oleh 80 orang warga binaan. Warga binaan ini memiliki latar belakang dengan kasus yang berbeda-beda, dan sekitar 80% di antara mereka terlibat atas kasus narkoba baik sebagai pemakai maupun pengedar. Tidak hanya ragam latar belakang kasus yang ada pada mereka, namun kebangsaan para peserta nobar pun beragam. Negara-negara seperti Nigeria, Thailand, China, Philipine, dan Austria menjadi peserta kegiatan ini.

Mengawali kegiatan ini, para peserta melakukan ibadah singkat terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan menonton bersama kesaksian Kisah Nyata dan diskusi dalam kelompok kecil. Saat menonton bersama, timbul suasana yang istimewa di antara para peserta. Mereka menyelami kisah yang ditayangkan, sehingga terlihat antusias yang sangat tinggi. Sesekali pun mereka tertawa, ketika reka ulang narasumber dirasa lucu bagi mereka. Bagi mereka, kesaksian narasumber sangat relevan dengan kehidupan yang mereka alami.


Hal menarik pada kelompok ini, adalah ketika memasuki sesi diskusi kelompok. Menurut pembimbing rohani yang ada di LP, sekitar 20 hingga 30 persen peserta pasti keluar dan tidak mau berdiskusi setiap kali memasuki sesi ini tapi pada kenyataannya, ketika sesi diskusi dilakukan pasca menonton bersama, tidak ada seorangpun yang keluar melainkan mengikuti diskusi dengan antusias. Banyak keterbukaan terjadi, yang diungkapkan para peserta diskusi terhadap dosa-dosa yang mengikat mereka. Sebagai pemimpin kelompok, konselor-konselor CBN pun mendoakan mereka satu persatu. Mereka mengaku merasa seperti ada beban yang besar keluar dari tubuh mereka dan hati mereka pun terasa lebih damai.


Kegiatan nobar komsel Solusi ini bagi mereka adalah materi yang menarik, memberkati, dan tidak membosankan. Diakhir dari kegiatan, semua peserta berharap dapat diadakan nobar kembali dengan tema-tema yang lain. Tidak lupa, para peserta dan Pembina rohani mengucapkan terima kasih kepada tim CBN Indonesia yang sudah bersedia melayani mereka. Kegiatan yang sama pun pernah dilakukan di lapas-lapas lainnya, seperti di Nusa Kambangan (baca liputannya di sini https://goo.gl/x8x1jN).

Harapan dan keinginan para peserta nobar pun sama, yaitu ingin diadakan kegiatan serupa agar komsel atau pembinaan rohani di lapas mereka menjadi lebih ‘hidup’ dan bersemangat. Mari wujudkan harapan mereka dengan cara mendukung kegiatan ini sebagai Mitra CBN. Daftarkan data diri Anda melalui SMS ke 081.5965.5960 dengan format JC # Nama Lengkap # Email atau dengan mengisi formulir menjadi Mitra baru pada kolom di bawah artikel ini. Donasi yang Anda berikan, akan digunakan untuk keperluan operasional dari kegiatan ini juga kegiatan dan program lainnya yang CBN Indonesia lakukan. Jadi, tunggu apalagi, segera bermitra bersama kami!

Halaman :
1

Ikuti Kami