Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta Destria

Official Writer
271


Salah satu makanan yang biasa kita konsumsi sebagai pengganti nasi adalah roti. dari berbagai macam jenis roti yang ada, mari kita bahas mengenai roti tawar yang biasanya kita konsumsi. Variasi roti tawar bisa bermacam-macam, ada roti tawar yang diberi dengan perisa pandan atau coklat, ada juga roti gandum. Manakah yang menjadi favoritmu? Apakah roti tawar biasa dan roti gandum memiliki nilai gizi yang berbeda?

1. Kandungan kalori

Untuk setiap dua helai roti yang kita makan, terdapat 175 kalori yang terkandung. Belum lagi jika kita menambahkan mentega, mesis atau topping lainnya. Tentu saja jumlah kalori tersebut juga tergantung dari banyaknya topping yang kita tambahkan tersebut. Terlebih jika roti tawar tersebut sudah diberi oleh perisa pandan atau cokelat, maka jumlah kalori pun cenderung semakin banyak karena terdapat gula tambahan jika dibandingkan roti tawar biasa.

Jumlah kalori yang dikandung oleh roti gandum adalah 138 kalori. Angka ini menunjukkan bahwa kalori yang dikandung oleh roti gandum cenderung lebih kecil, sehingga sangat cocok buat kita yang sedang menjalani diet atau mengurangi asupan kalori.

2. Berbeda kandungan indeks glikemik

Indeks glikemik adalah sebuah parameter untuk mengetahui apakah sebuah bahan makanan yang mengandung karbohidrat mudah diserap oleh darah atau tidak. Semakin tinggi indeks, maka semakin cepat pula karbohidrat diserap menjadi gula darah.

Karenanya akan berbahaya jika seorang penderita diabetes mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi. Kandungan nilai glikemik pada roti gandum cenderung lebih rendah dibanding roti tawar biasa. Indeks glikemik per 100 gram roti gandum adalah sekitar 49, sementara roti tawar mencapai angka 80.

3.  Kandungan zat gizi lainnya

Jenis roti tawar biasa memiliki kandungan zat gizi seperti mineral atau vitamin yang lebih rendah dibandingkan dengan roti gandum. Penyebabnya adalah roti tawar biasa telah diolah lebih lama dan mengalami proses berulang kali. Kandungan gizi pada roti gandum adalah banyaknya serat, vitamin B, serta beberapa jenis lemak sehat.

Setelah kita membaca pemaparan diatas, kita bisa tahu kalau roti gandum cenderung lebih baik dikonsumsi oleh tubuh kita. Meski demikian, kita perlu memperhatikan porsi makan kita ketika mengonsumsi jenis roti ini.

Karena biasanya dipasarkan di dalam kemasan, maka roti gandum biasanya mengandung sedikit natrium, dimana jika mengonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan resiko terkena tekanan darah tinggi.

Baca juga: Jangan Dibuang! Ternyata 3 Ampas Ini Sangat Bemanfaat Untuk Kecantikan, Lho

Menjaga pola makanan juga bisa dimulai dengan lebih bervariasi dalam memilih sumber makanan pokok. Tidak harus nasi atau roti gandum, kok. Bisa juga sumber karbohidrat lainnya. Selain menjaga pola makanan, ada baiknya juga kita lebih aktif dalam menjaga kesehatan dengan berolahraga.


Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Tomy Cimot 16 December 2017 - 21:44:40

paus

0 Answer

Muhammad Ammar 16 December 2017 - 11:46:15

Hasil pembongkaran protein di hati yang selalu di .. more..

0 Answer

???? ???? 15 December 2017 - 23:30:36

gimana cara kurangi like

0 Answer


Emille Paulus Lumena 16 December 2017 - 09:08:00
Ya Tuhan Yesus Kristus Tuhan dan Raja diatas segal... more..

Melva Sinurat 15 December 2017 - 18:33:02
Min aku mohon bantuan untuk mendoakan saya supaya ... more..

Fian Oh 15 December 2017 - 14:27:28
Saya seorang pecandu narkoba, dan saat ini hidup s... more..

Siska Agustina Parhusip 14 December 2017 - 09:40:49
Saya minta bantuan doa teman2 semua untuk mendoaka... more..

Banner Mitra Week 2


7335

advertise with us