Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
3490


Banyak orang tua baru selalu berasumsi bahwa secara naluriah, mereka akan tahu bagaimana cara terbaik untuk membesarkan anak mereka sendiri dan percaya bahwa cara mengasuh anak akan datang secara alami. Namun kadang tehnik mengasuh anak secara naluriah alias tehnik warisan dari orang tua, justru sangat bertentangan dengan cara mendidik anak yang benar. Alhasil ini mengakibatkan sang anak bertumbuh tidak maksimal, bahkan bisa mempengaruhi pertumbuhan professional mereka hingga pertumbuhan mereka secara emosi dan mental.

Sayangnya kesalahan ini terus menerus terjadi dan tidak disadari oleh orangtua. Nah, buat kamu yang sedang membaca artikel ini, berikut saya tuliskan kesalahan apa saja yang menyebabkan anak-anak mengalami hambatan dalam pertumbuhan mereka tersebut:

1   Niatnya sih supaya anak bisa bertumbuh di jalan yang benar, sehingga orangtua menjadi over protecting.


Tentu sebagai orangtua, kita tidak menginginkan anak-anak kita bertumbuh dijalan yang salah, sehingga hal wajar jika kita terus memperhatikan mereka. Namun, kesalahannya adalah orangtua justru menjadi satpam 24 jam yang selalu menanyakan dan memperhatikan sang anak dengan ketat.

Berikan kebebasan bagi si anak. Sangat wajar bagi anak-anak juga yang sudah beranjak remaja jika memiliki konflik dengan teman sebayanya. Nah sebagai orangtua, sampai kapan kita menghabiskan hidup untuk menyelesaikan argument atau perbedaan ini?

Nah, biarkan anakmu menyelesaikan masalahnya sendiri, arahkan dia dengan benar dari belakang. Jadilah supporter bagi sang anak.

Jika kamu terus menerus membela dan menjadi satpam baginya, anak akan bertumbuh dengan sifat arogansi atau sebaliknya malah rendah diri.

2  Jangan  melulu  meng’iya’kan  segala sesuatu, katakan ‘tidak’  jika memang demikian.


Nah, ini adalah kesalahan yang paling fatal yang sering dilakukan oleh banyak orangtua. Berharap si anak nggak nangis atau marah sehingga mengiyakan segala sesuatu yang ingin dilakukan sekalipun itu nggak baik.

Jangan biarkan diri kamu dimanipulasi anak-anak. Dalam kehidupan, dia harus mengatasi banyak rintangan dan kalau kita memanjakan dia terus-menerus, dia akan bertumbuh menjadi anak yang lemah dan egois.

Belajarlah untuk mengatakan TIDAK. Biarkan dia memperjuangkan apa yang diinginkan dan dibutuhkan. Misalkan mengambil makanan dari dapur dan beli sepatu baru.

Berikan dia tantangan untuk mendapatkan itu semua.

3  Nggak salah  jika kamu dan anak-anak ikutan berkontribusi pada generasi  Z, tapi bukan berarti anak-anak harus bergantung pada dunianya yang negatif


Segala sesuatu memang ada dampak positif dan juga negatif.

Biarkan kamu dan anak-anakmu berkontribusi dengan kelompok generasi Z dan bertumbuh dengan nilai sosial yang luarbiasa dan memberkati banyak orang.

Jangan izinkan mereka bergantung kepada teknologi dan kehidupan zaman now yang pada akhirnya bikin mereka melupakan pendidikan.

4  Takut dicontoh, orangtua sering sekali menyimpan kesalahan masa lalunya dari sang anak.  Jangan sampai dia tahu dari tetangga lho!


Jangan takut bahwa anak-anak kamu akan mengikuti kehidupanmu dimasa lalu, jika kamu menceritakannya sekarang.

Jika kamu sudah beres dan pulih dalam hal itu, nggak ada salahnya berbagi kepada anak-anakmu tanpa melebih-lebihkannya.

BACA JUGA : Orangtua, Hal Ini Wajib Kamu Ajarkan Kepada Anak Mengenai Tuhan

Kadang kala, anak-anak bisa belajar dari pengalaman pahit ataupun pengalaman bahagia orangtua dimasa lalu. Biarkan dia mengenalmu sebagai orangtua yang berdosa dan tidak selalu perfect Perlihatkan bahwa Tuhan sudah memulihkanmu sekarang.

Nah, demikian 4 kesalahan yang sering sekali dilakukan oleh orangtua tanpa mereka sadari saat membesarkan anak-anaknya.

Percayalah! Tuhan yang memberikan anak tersebut kepadamu, lakukanlah yang benar dan Tuhan tentu nggak akan tinggal diam. TanganNya  akan menyertai kamu senantiasa, sehingga anak-anakmu pun bertumbuh menjadi pribadi yang takut akan Tuhan.

Sumber : beliefnet

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

iqbal rahmat 19 November 2018 - 21:26:59

The underlined word refers to

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7221

advertise with us