Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

vjay

Official Writer
3770


Saat Daud menjadi tawanan orang Filistin, dia menuliskan sebuah pujian yang tercatat dalam Mazmur 56:9 seperti ini:

"Sengsaraku Engkaulah yang menghitung-hitung, air mataku Kautaruh ke dalam kirbat-Mu. Bukankah semuanya telah Kaudaftarkan?"

Apakah kamu sudah tahu, seperti apakah kirbat air mata seperti yang dituliskan oleh Raja Daud di atas? Kalau belum, yuk kita simak pembahasan JC Channel bersama Museum Lembaga Alkitab Indonesia kali ini:

Untuk apa ada kirbat air mata?


"Ada tradisi di Timur Tengah, dari jaman Perjanjian Lama bahkan hingga saat ini masih dipertahankan, dimana ada budaya untuk mengingat mereka yang sudah meninggal. Ketika mereka berduka, ditandai dengan mengelurkan air mata atau menangis. Air mata yang tercurah itu mereka tampung, itu sebagai pengingat orang-orang terkasih atau keluarga yang sudah terlebih dahulu meninggal," demikian penjelasan dari Bambang Kristanto Sitompul,S.Si, Kabid Museum Lembaga Alkitab Indonesia. 

Baca juga : Fakta Alkitab : Buli-buli, Dari Yang Punya Seorang Janda Hingga Yang Menampung Air Mata

Jadi, menampung air mata adalah tradisi untuk menunjukkan rasa sedih atau duka. Hal ini bukan saja tradisi orang Israel namun hampir di seluruh Timur Tengah. Sebagai contoh di Mesir, di makam raja-raja Mesir pun ditemukan banyak temuan botol-botol atau kirbat air mata ini. Bahkan budaya ini juga dipakai oleh bangsa Roma kuno dan juga Kerajaan Inggris di abad 19, hal ini popular diantara para keluarga bangsawan dimana kirbat air mata terbuat dari bahan perak atau gelas yang dihiasi dengan indah. 

Apa makna dari kirbat air mata yang Daud tuliskan dalam Mazmur di atas?


"Ketika kita mengalami kesedihan, kita tidak bisa menghadapi sendiri. Namun dalam sengsara, penderitaan dan kesedihan kita, Tuhan hadir dan menolong kita," demikian penjelasan Bambang. 

"Tuhan akan membantu menyelesaikan permasalahan kita, dan dalam kondisi apapun, baik kondisi senang ataupun susah kita harus selalu mengingat bahwa Tuhanlah sumber penghiburan," demikian tambahnya. 

Baca juga : Hadapi Tekanan di Tempat Kerja dengan Terapi Air Mata

Jadi kirbat air mata bukan hanya sebagai simbol kesedihan dan kedukaan, namun juga sebagai simbol kasih setia Tuhan, dimana Dia selalu hadir dalam setiap musim kehidupan kita. Untuk itu mari seperti Raja Daud, kita berseru, "kepada Allah aku percaya, aku tidak takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?" (Mazmur 56:12).

Nah, buat JCers yang mau nonton video pembahasan kirbat air mata ini, kamu bisa klik langsung gambar di atas dan kalau mau tahu berbagai pembahasan Fakta Alkitab lainnya bisa langsung kunjungi channel YouTube JC Channel dengan KLIK DISINI. 

Sumber : JC Channel

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer

Sony Wuisang 19 November 2018 - 06:59:46

Pelayanan anak

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7221

advertise with us