Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
785


Anak berkebutuhan khusus atau biasa disebut ABK adalah anak-anak yang sedikit berbeda dengan anak pada umumnya, misalnya menderita sebuah kelainan sejak lagi, contohnya autis dll.  Memiliki anak demikian tentunya membutuhkan perhatian yang khusus, perlakukan yang khusus dan segala sesuatu dengan khusus. Nah kebutuhan tersebut biasanya akan mengharuskan orangtua untuk mengeluarkan biaya lebih dalam merawat anaknya, dan karena besarnya biaya tersebut, nggak jarang ada orang tua menganggap bahwa memiliki anak berkebutuhan khusus adalah sebuah bencana dan masalah besar.

Nggak hanya membawa biaya yang mahal, orangtua juga harus mengeluarkan tenaga  dan perhatian ekstra untuk mengurusnya. Namun perlu diketahui bahwa segala masalah tentu bisa diatasi jika kita dapat merencanakan segala sesuatu dengan baik. Tidak hanya tenaga namun adalah keuangan, supaya kelaknya para orangtua tidak selalu menganggap bahwa memiliki anak berkebutuhan khusus adalah sebuah musibah. Bagaimana pun kondisi anak tersebut, memiliki seorang anak adalah berkat yang patut di syukuri.

Nah, berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk merencanakan keuangan bagi anak yang berkebutuhan khusus:

#1 Mencari Informasi Sebanyak-banyaknya

Memiliki anak berkebutuhan khusus tentu mengharuskan kamu untuk memberikan perawatan intensif seumur hidup anak tersebut. Kamu harus perlu mengenal kebutuhan si anak, itu sebabnya kamu harus mencari informasi sebanyaj-banyaknya mengenai perawatan apa saja yang dibutuhkan si buah hati. Misalnya pengobatan medis, terapi dan lain-lain.

Nggak jarang orangtua jadi buang-buang waktu dan uang yang besar untuk sebuah perawatan yang nggak efektif dan percuma bagi si anak. Jadi, kalau kamu memiliki informasi yang banyak, tentu itu akan memudahkan kamu menemukan perawatan yang seharusnya dibutuhkan oleh anak, sehingga orangtua nggak perlu mengeluarkan uang banyak untuk mencoba perawatan A dan C.

#2 Bergabunglah dengan Komunitas

Kebanyakan orang merasa bahwa memiliki anak berkebutuhan khusus adalah hal yang memalukan, seharusnya kita tidak begitu karena bagaimana pun anak adalah anugerah dan berkat terbaik yang Tuhan percayakan untuk kita rawat dan kasihi dengan cinta.

Mungkin kadang kamu merasa bahwa memiliki anak berkebutuhan khusus adalah kepercayaan yang berat dan kamu merasa sendirian. Ketahuilah bahwa kamu nggak sendirian memiliki anak berkebutuhan khusus, ada banyak orangtua lain yang juga memiliki kisah sepertimu, dan kamu dapat bergabung dengan mereka, setidaknya bergaullah.

Berada di komunitas tersebut , tentu akan memberikan banyak manfaat buat kamu. Selain kamu nggak lagi merasa sendiri, disana kamu akan bisa saling mendukung satu sama lain. Bisa saling diskusi bersama mengenai informasi-informasi berkaitan dengan perawatan anak kalian. Kamu juga memiliki banyak ilmu dan informasi yang belum pernah didengar.

Dengan komunitas tersebut, kamu bisa memiliki kesempatan yang besar untuk menemukan dokter atau cara pengobatan yang efektif dengan biaya yang tidak terlalu besar.

#3Buat Perencanaan Keuangan Sejak Dini

Nah, begitu mendapatkan diagnosis kebutuhan tertenu pada anak kamu, maka orangtua sebaiknya merencakan keuangan. Gunakan informasi yang didapat untuk mengkonfirmasi, kira-kira berapa uang yang akan di gunakan untuk pengobatan dan kebutuhan anak secara keseluruhan.

Setelah itu, kamu perlu membuat anggaran dan perencanaan keuangan sendiri. Bila perlu, berkonsultasilah dengan perencana keuangan yang professional.

Kira-kira demikian cara untuk merencanakan serta mengatur keuangan untuk anak kamu. Tetaplah berpikir positif dan imanin bahwa Tuhan memiliki maksud atas semua ini. Contohnya Nick Vujijic yang dipakai oleh Tuhan dengan segala kekurangannya.

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Selfira 14 October 2018 - 17:54:07

Pertemanan

0 Answer

Andayan Lintin 14 October 2018 - 13:23:37

Kenapa ada siang dan malam

1 Answer

ceven lodiko 14 October 2018 - 09:31:31

Gms

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7270

advertise with us