Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta Destria

Official Writer
1333


Berolahraga malam kerap menjadi pilihan karena kesibukan kita ada pagi hingga sore hari. Yang kita tahu, semua olahraga itu baik untuk dilakukan. Eits, jangan salah. Ternyata olahraga itu nggak semuanya bagus untuk kesehatan, lho. Olahraga yang baik adalah olahraga yang sesuai dengan porsi kebutuhan tubuh kita. 

Olahraga pada malam hari berkaitan dengan jam biologis dalam tubuh. Pasalnya, ketika malam tiba, tubuh cenderung mengingatkan alam bawah sadar kita untuk segera tidur. Olahraga malam hari otomatis akan mengecoh jam biologis tersebut untuk mengatur bagaimana tubuh seharusnya berfungsi. 

Jika salah-salah, bisa mengakibatkan tubuh menjadi mudah lelah. Ada hal lain yang timbul akibat suka berolahraga malam hari. 

1. Berkurangnya daya tahan tubuh 

Biasanya, kita yang memilih olahraga malam tidak memberi jeda pada tubuh untuk beristirahat, mengakibatkan tubuh jadi kehilangan banyak energi. Terlebih lagi jika intensitas olahraga yang dilakukan membutuhkan tenaga banyak. Seperti angkat beban atau berenang, maka tubuh cenderung rentan terhadap beberapa penyakit, misalnya saja flu atau demam. 

2. Menimbulkan sesak napas 

Pada malam hari, oksigen yang tersedia cenderung lebih sedikit dibanding pagi atau sore hari. Keadaan ini juga menjadi salah satu alasan yang kemudian menimbulkan tubuh kita lebih mudah lelah. Olahraga membutuhkan banyak oksigen yang masuk kedalam tubuh agar memperlancar aliran darah ke jantung. Kekurangan oksigen ketika kita berolahraga dapat memicu sesak napas setelahnya. 

3. Kesulitan untuk tidur 

Ini terjadi jika kita tidak memberikan jeda setelah berolahraga. Baiknya, setelah olahraga kita melakukan pendinginan dan tidur minimal 1-1.5 jam setelah berolahraga. Agar tidak mudah lelah, baiknya kita tidak memaksakan olahraga terlalu berat. Pilihlah jenis olahraga yang santai dan cocok dnegan kebutuhan kita. 

Baca juga: Aneh Banget! 5 Gangguan Psikologis Ini Jangan-jangan Sedang Kamu Derita

Lalu, apakah olahraga pada malam hari dilarang? Jelas tidak. Berolahraga malam hari lebih baik dibandingkan mereka yang tidak melakukan sama sekali. Umumnya, manusia membutuhkan 350 menit olahraga atau 30 menit setiap harinya. Jangan lupakan juga untuk melakukan pemanasan dan pendinginan guna mengendurkan otot, memperbaiki sirkulasi darah dan membantu tidur kita menjadi lebih nyenyak nantinya.

Ada sebuah lembaga kebugaran di Amerika Serikat yang menyarankan kita untuk membuat jurnal mengenai efek yang kita rasakan setelah berolahraga malam hari. 

Dimana pada jurnal tersebut, kita harus menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut;

1. Apakah berolahraga malam hari membuat kita menjadi lebih nyenyak ketika tidur? 

2. Apakah kita mengalami 'sakit badan' atau lesu setelah semalam berolahraga? 

3. Apakah olahraga malam hari mempengaruhi nafsu makan kita?

4. Bagaimana kita akan melakukan olahraga untuk selanjutnya?

Dengan jawaban diatas, maka kita bisa membandingkan efek dan pengaruh pada tubuh pada saat berolahraga atau sedang tidak berolah raga. Jika tidak ada efek tertentu, kita bisa melanjutkan berolahraga malam hari. Namun, terapkan lah prinsip bahwa olahraga dilakukan sesuai dengan kemampuan dan kondisi tubuh.

Firman Tuhan dalam 1 Korintus 6: 19 “Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?” Dengan menjaga tubuh kita yang merupakan ‘bait Allah’, maka kita juga telah menghormati kehadiran Allah di dalam kehidupan kita. 

Ayo, mulai hidup sehat mulai sekarang! Jaga asupan makanmu, rajinlah berolahraga dan jangan lupakan kesehatan rohani yang dibangun dengan mendekatkan diri kepada Tuhan Yesus. 

Sumber : Hellodokter.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Tomy Cimot 16 December 2017 - 21:44:40

paus

0 Answer

Muhammad Ammar 16 December 2017 - 11:46:15

Hasil pembongkaran protein di hati yang selalu di .. more..

0 Answer

???? ???? 15 December 2017 - 23:30:36

gimana cara kurangi like

0 Answer


Emille Paulus Lumena 16 December 2017 - 09:08:00
Ya Tuhan Yesus Kristus Tuhan dan Raja diatas segal... more..

Melva Sinurat 15 December 2017 - 18:33:02
Min aku mohon bantuan untuk mendoakan saya supaya ... more..

Fian Oh 15 December 2017 - 14:27:28
Saya seorang pecandu narkoba, dan saat ini hidup s... more..

Siska Agustina Parhusip 14 December 2017 - 09:40:49
Saya minta bantuan doa teman2 semua untuk mendoaka... more..

Banner Mitra Week 2


7335

advertise with us