Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
2714


Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia menganut beberapa agama, dan Islam serta Kristen merupakan dua agama yang paling banyak dianut oleh bangsa Indonesia.

Oleh sebab itu, Indonesia dipenuhi dengan banyak tempat-tempat ibadah terutama masjid, sebab Islam adalah agama mayoritas bangsa Indonesia.

Ternyata perbandingan tempat ibadah antara Islam dan Kristen ini cukup hangat dibicarakan sehingga mengundang komentar dari Wakil Presiden Indonesia yaitu, Jusuf Kalla.

Dilansir dari Khazanah Republika, JK mengatakan bahwa Indonesia benar-benar dikeliling masjid yang bermacam-macam, dan seperti yang kita ketahui, di kantor dan di tempat umumpun kita akan menemui banyak masjid dan tempat sholat.

Hal ini berbeda dengan umat Nasrani yang mendirikan gereja di tempat tertentu, bahkan sangat jarang kita temui di dalam kantor-kantor seperti masjid pada umumnya.

Lalu apa sebenarnya alasan mengapa masjid lebih banyak dan bahkan dibangun didekat kantor, dan justru gereja sangat jarang sekali.

JK pun meresponi pertanyaan tersebut dengan logikanya yang sangat luar biasa.

Misalnya, negara bagian Timur Tengah yang sangat jarang terlihat Masjid di dalam kantor, dan menurut JK alasan mengapa begitu adalah  karena rata-rata hari libur di negara Timur Tengah adalah Jumat, sehingga umat muslim bisa shalat Jumat di masjid yang ada ditempat tinggal masing-nasing.
"Sederhana sebenarnya karena di sana liburnya hari Jumat. Jadi Jumatnya pulang ke rumah. Dalam suatu kali saya pernah ceramah di depan pendeta. Salah satu pendeta tanya, Pak kenapa di mana-mana ada masjid, di perkantoran juga ada, tapi gedung gereja susah dibikin?" ujarnya dalam kegiatan Muktamar VII di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu (11/11).
"Saya jawab itu untuk menghormati Anda. Karena hari ibadah Anda yang penting itu libur, Islam itu hari ibadah pentingnya hari Jumat itu tidak libur. Karena tidak libur, maka harus ada masjid," ucapnya.

Di mall kenapa juga ada masjid besar dan tempat-tempat shalat, karena menurut JK, masyarakat tidak perlu pulang ke rumah jika waktu Maghrib sudah tiba dan bisa tetap makan di mal. "Jadi banyak hubungan-hubungannya, karena itu lah, maka tidak terjadi di negara lain. Akibat hari libur itu juga menyebabkan kita harus shalat di kantor," katanya.

Nggak hanya itu, alasan mengapa masjid ada didalam perkantoran karena berkaitan dengan jam kerja juga jam sholat.

"Dulu hari kerja hanya sampai jam dua sehingga bisa shalat Zuhur di rumah. Sekarang hari kerja sampai jam empat sore sehingga harus shalat Zuhur di kantor," tegasnya.

Mungkin banyak diantara kamu yang bertanya demikian, merasa bahwa tempat ibadah Kristen jarang dan Islam ada dimana-mana. Hal ini bukan bicara mayoritas ataupun minoritas, namun lebih tepatnya bahwa Islam memiliki waktu dan tempat berdoa yang khusus, dan dalam hal ini, umat Nasrani harus memiliki kasih untuk saling mengerti dan menghormati satu sama lain.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

black whilda 22 July 2018 - 21:46:30

Kenapa saya sangat mengharapakan orang yang sangat.. more..

0 Answer

Redha Ramadhan 21 July 2018 - 18:43:23

Syalom

0 Answer

Redha Ramadhan 21 July 2018 - 18:38:31

Hallo

0 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week 4


7189

advertise with us