Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
1366


Sebagai orang awam, kita sering mengansumsikan kalau gangguan psikologis itu hanya diperuntukkan mereka yang gila. Tidak semuanya benar, lho. Misalnya ada seorang teman yang selalu berkata kalau dirinya gemuk setiap ngaca, padahal sebenarnya berat badannya ideal-ideal saja. Contoh lainnya adalah kecanduan sesuatu, misalnya internet atau kecanduan main smartphone. Hayo, ternyata tanpa sadar, kita juga sedang mengalami gangguan psikologis lho. 

Dibawah ini merupakan gangguan psikologis aneh yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. 

1.  Gangguan buat kamu yang punya rasa percaya diri tinggi atau Ge-er. 

Disebut erotomania yang singkatnya kamu memiliki kelainan yaitu ke-ge-er-an akut. Misalnya dikantor, kamu merasa si A suka sama kamu. Pada kenyataannya, si A memang baik ke semua orang. Namun kamu selalu merasa kalau si A cuma baik ke kamu aja. Nggak cuma itu, orang yang kena gangguan erotomania cenderung berpikir kalau semua orang suka pada dirinya. 

2.  Enosimania atau gangguan psikologis selalu merasa salah. 

Kalau kamu merasa kamu sangat sulit memaafkan dirimu sendiri, bisa jadi kamu mengalami gangguan ini. Pasalnya, si penderita biasanya mengalami ketakutan akan melakukan kesalahan besar. Bahkan ketika dirinya tidak melakukan suatu kesalahan apapun, ia kerap menyalahkan dirinya sendiri. Oleh sebab itu, kalau ada seseorang yang mengalami gangguan psikologis ini biasanya tidak bisa menerima kritikan. 

3.  Gamomania untuk mereka yang terobsesi mengajukan pernikahan 

Kayaknya kalau gangguan ini bayak terjadi di kalangan kita, deh. Lagian, siapa sih yang nggak kepengin menikah? Apalagi kalau kamu merasa si dia adalah orang yang tepat. Eits, jangan salah, kalau terobsesi pada satu orang sih nggak masalah. Namun masalahnya adalah orang yang mengalami gangguan ini Gamomania ini, ia akan mengajak semua orang untuk menikahinya. 

4.  Climomania, gangguan psikologis buat kamu yang cinta berat sama kasur 

Kalau dalam bahasa Yunani, Climomania berarti gangguan psikologis yang terobsesi untuk tidur. Singkatnya, penderita ini sangat mencintai kasur, bantal, bahkan selimutnya. Padahal siapa sih yang nggak jatuh cinta sama kasur? Apalagi kalau cuaca yang dingin dan hujan yang memang cocok buat tarik selimut. Bedanya, penderita penyakit ini cenderung nggak mau bangun, bahkan betah untuk tinggal sampai berhari-hari berada di kasur.

Baca juga: Dampak Psikologis Kesehatan Mulut yang Buruk

5.  Ablutomania buat dia yang selalu ketakutan untuk jadi kotor. 

Berani kotor itu baik sangat tidak berlaku pada penderita yang mengalami gangguan psikologis Ablutomania ini. Biasanya, mereka yang menderita gangguan ini cenderung ketakutan untuk menjadi kotor. Contohnya, mereka akan mencuci tangan berkali-kali, padahal belum ada satu menit mereka selesai mencuci tangannya tersebut.

Kalau dilihat dari gejala-gejala dan jenis gangguan-gangguan diatas, intinya sih semua yang berlebihan itu tidak baik. Kalau kamu merasa sudah mengalami salah satu diantaranya, maka kamu harus mulai merenung dan berdoa kepada Tuhan agar hidupmu menjadi seperti sedia kala. 

Sumber : bernas.id

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer

Barrydonald 19 October 2018 - 09:07:23

Tritunggal

0 Answer

Hanny Najoan 19 October 2018 - 08:31:06

Bisa dapat wanya terima kasih

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7273

advertise with us