Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
1614


Silence, adalah film yang indah karya dari Martin Scorsese. Film yang sangat sulit dilupakan dan bicara tentang iman. Kamu bisa mendapatkannya di Blu-Ray dan DVD.

Memang, ini bukan film yang menyenangkan untuk ditonton. Nggak seperti film Kristen lainnya yang kita kenal, Silence tidak tertarik memberikan dorongan kepada pendengarnya dan menginspirasi untuk memperkuat imannya.

Namun justru film ini akan memunculkan sebuah pertanyaan yang paling sulit dan menuntut kita untuk menjawabnya.

Silence bukanlah film yang penuh dengan inspirasi dan nyanyian ataupun mengandung sebuah janji setelah menontonnya. Film ini justru akan melatih iman kamu dan jatungmu akan berdetak serta menangis , sehingga setelah menonton film ini, kamu akan membangun harapan akan apa yang tersisa dalam hidupmu hari ini.

 

Baiklah, izinkan aku memberikan sebuah pembelajaran yang sulit dari apa yang saya dapatkan dari film Silence : 

1.  Penderitaan bukanlah hal yang indah


Film ini berlatar pada abad ke-17, Rodrigues dan Garrpe pergi ke Jepang untuk mencari  mentor mereka, Pastor Ferreira yang kabarnya  murtad alias menyangkal imannya akan Yesus. Tidak terpikirkan sama sekali, ternyata Jepang sangat memusuhi agama Kristen dan bahkan menganggap bahwa Kristen cukup mengancam jiwa mereka.

Saat Rodrigues dan Garrpe tiba disana, mereka mendapati bahwa gereja sangat dianiaya. Oleh sebab itu, beberapa jemaat yang masih selamat membawa mereka ke ruang bawah tanah sebagai tempat persembunyian mereka. Disana mereka beribadah bertahun-tahun dan bersembunyi untuk berdoa kepada Tuhan.

Tapi nggak lama kemudian pihak berwenang Jepang datang dan menemukan tempat persembunyian mereka. Mereka di cobai dan 3 orang diantaranya disuruh untuk menghina salib Yesus dan mengejek Perawan Maria.

Namun mereka menolak melakukannya dan tetap bertahan. Oleh karena itu, meeka dijatuhi hukuman mati yang mengerikan. Mereka bertiga diikat dengan salib dan ditempatkan di daerah berbatu yang saat air laut pasang, kepala mereka akan tepat berada diatas air, dan ombak kencang akan terus menghantam tubuh mereka hingga mati begitu saja.

Saya tidak bisa membayangkan bagaimana jikalau kita berada di posisi itu.

Namun satu hal yang harus kita ketahui bahwa mengikut Yesus berarti bersiap untuk menderita dan bagaimana pun kita tetap harus menghormati para martir iman kita yang menderita dan mati demi mempertahankan Yesus.

2. Jangan izinkan iman membuatmu jadi sombong hingga menjebakmu



Dalam film Silence, Rodrigues adalah orang yang paling berani melawan ancaman Jepang. Jika perlu, dia rela seperti Yesus yang mau menderita serta mati karena imannya.

Dia sangat bangga dengan imannya, sehingga dia menganggap rendah Kichijro yang memiliki iman yang lemah dan penakut.

Oleh karena cara pandang Rodrigues, Kichijro pun menyesali bahwa seharusnya dia dilahirkan sama seperti  Rodrigues supaya dia menjadi Kristen yang baik seumur hidup tanpa masalah.

Singkat cerita, Kichijro kesal dan jengkel kepada Rodrigues dan dia menghianati Rodrigues. Oleh karena perbuatan Kichijro, Rodrigues pun  ditangkap oleh tentara Jepang. Dia menyadari bahwa ini adalah perbuatan Kichijro. Dan dia tetap rela mati martir dan disalib.

Namun sayangnya, Rodrigues nggak mati martir seperti yang lainnya. Dia justru dimasukkan ke penjara dan dipaksa untuk menyangkal imannya. Sungguh disiksa pelan-pelan.

Sebagai orang Kristen, kita tentu sering membayangkan bahwa kita akan seperti Rodrigues yang mencintai imannya dan kita bilang bahwa kita akan melakukan apapun untuk mempertahankan itu.

Tapi saya secara pribadi bertanya dalam diri saya, apa yang akan terjadi jika saya dihadapkan pada penganiayaan yang nyata seperti itu? Seberapa kuatkah  saya? Seberapa kuatkah kamu?

Nah,  kira-kira demikianlah pelajaran yang kamu bisa renungkan. Bagaimana? Sepertinya film ini cukup menarik ya, saya menyarankan untuk teman-teman bisa menontonnya segera setelah membaca ini. 

Sumber : Sixseeds

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fred D Hunter Nainggolan 18 July 2018 - 09:43:25

Mengapa perbuatan yang salah itu tidak selalu bena.. more..

2 Answer

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer

Nocalia Anggun Utami 14 July 2018 - 16:33:26

Bagaimana bebas dari hutang

1 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7187

advertise with us