Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
1108


Korupsi adalah salah satu faktor utama yang menjauhkan masyarakat Indonesia dari taraf hidup makmur dan sejahtera. Korupsi biang keladi kerugian Negara Kesatuan Republik Indonesia dari masa ke masa.

Dari tingkat Kepala Desa/Lurah (mungkin juga tingkat RT/RW) hingga pejabat teras ditemukan tindak pidana korupsi oleh lembaga antirasuah yang diberi nama Komisi Pemberantasa Korupsi. Dari hari ke hari, semakin banyak yang ditangkap dan ditahan, kian melimpah pula lapiran masyarakat yang masuk ke KPK terkait dugaan adanya tindak pidana korupsi dan/atau suap.

Baju orange dan sel yang dipertontonkan di televisi rupanya tak menjadikan jamu mujarab penyembuh pikiran bulus untuk menelep uang rakyat. Karenanya, tak sedikit komunitas, organisasi, lembaga yang mengatasnamakan kumpulan orang-orang antikorupsi.

Pelatihan dan pengajaran pun digelar untuk membahas dan menemukan tips ampuh mencegah dan menangkal tindakan tercela itu. Misalnya, baru-baru ini Pengurus Pusat (PP) Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) turut beryupaya memutus mata rantai korupsi lewat jalur edukasi (pendidikan) dan pencegahan dini.

Salah satu yang dilakukan adalah dengan membekali pemuda dan mahasiswa Kristen di Indonesia agar memiliki prinsip integritas, kritis, dan menolak tindakan korupsi. Guna mencapainya, Pengurus Pusat (PP) GMKI gelar Focus Group Discussion (FGD) bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung KPK, pada Senin-Selasa 23-24 Oktober 2017 lalu. FGD dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari pertemuan pimpinan KPK dan PP GMKI beberapa bulan lalu yang membahas tentang pendidikan anti korupsi di tengah generasi muda.

Sekretaris bidang Pendidikan Kader dan Kerohanian Dodi Lapihu yang menjadi koordinator program ini menyampaikan bahwa, sebagai tindak lanjut dari FGD ini antara lain akan disusunnya modul pelatihan untuk pemuda Gereja dan mahasiswa Kristen.

KPK juga mendukung GMKI untuk menyusun kumpulan bahan cerita Sekolah Minggu dan bahan pendalaman Alkitab bagi mahasiswa dan pemuda Gereja yang memuat pesan-pesan integritas dan anti korupsi,” tutur Dodi.

“Selama ini gereja masih belum serius melawan tindakan korupsi. Bahkan tidak bisa dipungkiri bahwa ada saja gereja yang menerima dana yang besar dari jemaatnya tanpa mencoba menelusuri asal muasal dana ini. Terimakasih kepada gereja-gereja yang mulai menjadikan persoalan korupsi sebagai isu penting di tengah umat. Mahasiswa dan pemuda diharapkan mampu menjadi pelaku perubahan, menyuarakan kepentingan rakyat, dan mengkritisi kebijakan-kebijakan yang koruptif, baik di lembaga pemerintah maupun di lembaga keagamaan,” sambung Dodi.

 

Sumber : Berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Stefanus Sapta 16 January 2018 - 14:05:40

pengaruh negatif sosial media terhadap hubungan su.. more..

0 Answer

Bennett 15 January 2018 - 18:41:53

Hitunglah energi potensial benda 10kg pada ketingg.. more..

0 Answer

Yasin al farisi 15 January 2018 - 17:20:39

Dua buah gaya dikatakan seimbang bila

0 Answer


Eliseo hizkia 9 January 2018 - 20:09:12
Saya Pribadi sudah merasa begitu lelah menghadapi ... more..

Desy Natalia Putri Lumbanbatu 6 January 2018 - 23:09:26
Sebenarnya saya sudah diujung keputusasaan.. Buka... more..

Agus Hermawan 5 January 2018 - 11:47:42
Saya sudah jenuh menjalani hidup yg begini terus, ... more..

susy christina 30 December 2017 - 16:14:31
Saya LDR bertahun tahun dengan suami, kami sudah p... more..

Banner Mitra Week 2


7357

advertise with us