Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
5250


Saat janji Tuhan tidak sesuai dengan apa yang ada didepan mata saat ini, disanalah iman kita sedang diuji. Apakah kita tetap bertahan dan percaya bahwa Tuhan akan menggenapi perjanjian itu, atau justru menyerah dan berhenti berharap juga percaya?

Yap, menunggu janji Tuhan memang tidak segampang yang kita selalu bicarakan dengan mulut kita.

Siapa diantara kamu yang tengah menunggu janji Allah? Mungkin itu janji pasangan hidup, keuangan, kesehatan hingga memiliki anak.

Saya secara pribadipun sedang menantikan sebuah janji pasangan hidup.

Tepat beberapa tahun lalu, Tuhan memberikan saya sebuah perjanjian mengenai seperti apa pria yang akan menjadi pasangan hidupku.

Dalam penantian janji itu, tentu saya nggak hanya berdiam dan berdoa aja bukan? Sekian tahun, beberapa pria ku coba responi dan saya menguji satu persatu. Namun akhirnya nggak ada yang searah dengan perjanjian itu.

Hingga suatu ketika, saya berada disebuah situasi dimana saya menemukan seorang pria yang jauh dari standard perjanjian Tuhan. Pria yang masih bergelut dan baru lepas dari masa lalunya, pria yang sama sekali nggak mapan, nggak tampan bahkan tingkat fisik yang jauh dari catatan standard ku, namun entah kenapa Tuhan beritahukan untuk aku menopangnya dalam doa dan berbicara banyak mengenai dirinya.

Sekian lama kami kenal, bangun hubungan dekat, membicarakan masa depan dan lain-lain. Sehingga sekitar 2 tahun lamanya. Allah menjawab doaku atas pertumbuhan kerohaniannya.

Namun saat pria itu sedang mencari Allah dan bersungguh-sungguh, dia berkata demikian, “Aku nggak ingin fokus dengan hubungan kita ini, aku mau mencari Tuhan.” Seakan kenyataan mencampakkan saya yang sekian lama berdoa buat dia dan memutuskan . Bagaimana rasanya? Sakit bukan?

Apa yang diharapkan terjadi, semua jauh dari ekspektasi. Saya pikir, aku akan terus berhubungan dengan pria itu dan berakhir dengan menikah. Saya pikir, dia adalah pria perjanjian itu dan Tuhan akan genapi melalui kehadirannya. Saya memang nggak bisa bilang bahwa “Bukan dia orangnya” tetapi kamu lihat sendiri bahwa  keadaan itu membuat janji Tuhan seperti semakin jauh.

Hal ini mengingatkan aku dengan kisah dimana Musa membawa bangsa Israel keluar dari tanah Mesir. Mungkin kalian biasa mendengar kisah Abraham, tetapi kali ini aku ingin kita mengingat Musa.

Bayangkan berapa tahun Musa menunggu janji Allah digenapi dimana dia akan membawa bangsa Israel keluar dari tanah Mesir ?

Memang Alkitab nggak menuliskan berapa tahun penantian, tetapi bukankah prosesnya cukup lama dimana Musa harus meyakinkan Firaun melalui berbagai mujizat seperti tulah pertama hingga tulah kesepuluh  sehingga pada akhirnya Firaun membiarkan Musa dan bangsa Israel pergi? (baca : Keluaran 6-13)

Nggak hanya itu, hal yang menarik adalah saat Musa berada dekat ke tanah Kanaan melalui jalan Flistin, namun Allah nggak menuntun mereka berjalan dari situ. Mereka justru dituntun untuk berputar-putar melewati padang gurun menuju ke laut Teberau. (Keluaran 13:17-18)

Mengapa nggak dari Filistin saja? Kalau saja bisa marah, Musa bisa saja marah ke Tuhan, Karena Tuhan  menuntun mereka berputar-putar dan semakin jauh dari Tanah Perjanjian.

Tetapi lihat! Alkitab nggak menuliskan bahwa Musa marah. Musa memilih ikut Tuhan.

Lihat bagaimana Musa dituntun dan dijagai oleh Allah hingga sampai ke tanah Kanaan dengan sukacita melalui Yosua (Keluaran 15:1-21; Yosua 1:1-12;14) .

Demikian dengan hidup kita dalam penantian. Mungkin saja kamu tengah menanti sesuatu dan sudah berdoa sekian lama dengan imanmu, namun akhirnya semua belum tergenapi dengan baik.

 Saya secara pribadi merasa bahwa inilah saatnya iman kita diuji untuk  kita tetap taat, bertahan serta percaya kepada perjanjian Tuhan.

Janji Tuhan pasti akan digenapi, asal kita nggak memberontak dan taat untuk berseru kepadaNya seperti yang dilakukan Abraham juga Musa. Waktu Tuhan bukan kehendak kita.

Sumber : jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Marjuki Wawat 17 November 2017 - 00:57:19

Saya ingin keluarga saya dipenuhi oleh Roh Kudus

1 Answer

agung 16 November 2017 - 22:15:20

Syalom..saya meminta doa dan dukungannya dari perg.. more..

1 Answer

Maria Nainggolan 16 November 2017 - 20:50:44

Apa saja poin yang terdapat pada efesus 4:17-32

1 Answer


DEDEN SURYADI 16 November 2017 - 03:02:20
Sya minta dukungan doa untuk bisa memiliki rumah d... more..

Leticia 15 November 2017 - 11:34:48
Teman2 JC tolong doakan saya supaya dapat pekerjaa... more..

REANI 10 November 2017 - 16:22:17
saya minta dukungan doa dari teman teman untuk sao... more..

Annache 10 November 2017 - 12:40:17
Tolong doakan saya, saya sekarang lagi sakit di da... more..

Banner Mitra Week 2


7332

advertise with us