5 Alasan Banyak Pasangan Lakukan Peneguhan Kembali Janji Nikah, Nomor 2 Paling Sering...
Sumber: The Spruce

Marriage / 30 October 2017

Kalangan Sendiri

5 Alasan Banyak Pasangan Lakukan Peneguhan Kembali Janji Nikah, Nomor 2 Paling Sering...

Lori Official Writer
12379

Mempertahankan pernikahan supaya tetap harmonis bukan perihal yang gampang. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi supaya sebuah pernikahan nggak berakhir pada perceraian yang menyedihkan. Selain merugikan kedua pasangan, perceraian juga merugikan anak.

Bagi orang-orang Kristen, kita sudah jelas melakukan segala macam usaha supaya pasangan menikah yang menghadapi konflik. Diantaranya adalah dengan menyarankan mereka ikut konseling pernikahan, mediasi dan mendapatkan bimbingan pernikahan dari pelayan gereja. Sekali pun begitu, ada banyak pasangan yang bahkan tak berhasil mendapatkan solusi atas masalah diantara mereka.

Tapi ada satu cara lain yang dianggap begitu penting dilakukan pasangan, baik yang sudah lama menikah maupun yang masih baru, yaitu melakukan peneguhan kembali janji nikah.

Selain karena dirundung konflik, ada banyak pasangan menikah yang memilih ‘meneguhkan kembali janji nikah’ untuk 5 alasan ini:

1. Merefleksikan kembali janji suci seperti di awal pernikahan.

Inilah yang dilakukan pasangan selebriti Jonas Rivaldo dan Asmirandah beberapa waktu lalu. Pasangan yang menikah tahun 2013 ini kembali meneguhkan janji nikah mereka di Wedding Church at Cana, salah satu gereja di Israel. Tentu saja, selama pernikahan keduanya tampak akur-akur saja, peneguhan pernikahan inipun kemungkinan dilakukan untuk tujuan merefleksikan kembali janji suci yang mereka ikrarkan saat menikah.

2. Bertepatan dengan perayaan ulang tahun pernikahan.

Peneguhan janji nikah bisa juga dilakukan saat merayakan hari anniversary pernikahan. Makanya nggak heran kalau ada pasangan yang melakukan peneguhan janji nikah setiap tahun yang dirayakan sekaligus saat ulang tahun pernikahan.

3. Pernikahan dipenuhi gejolak emosional yang mengancam pernikahan.

Beberapa pasangan diantaranya harus menghadapi tahun-tahun pernikahan yang begitu berat karena ketidaksesuaian dalam beberapa hal. Meski begitu mereka tetap memilih bertahan karena satu atau dua hal. Peneguhan janji nikah pun jadi hal yang dianggap penting untuk dilakukan.

4. Pasangan hendak mewujudkan pernikahan yang mereka impi-impikan.

Selain untuk tujuan seperti yang dilakukan Jonas dan Asmirandah, ada juga pasangan yang memilih meneguhkan kembali janji nikah untuk bisa mengalami kembali momen pernikahan yang mereka impikan sebelumnya. Biasanya hal ini dilakukan oleh pasangan yang menghadapi kendala-kendala teknis di waktu mereka menikah.

5. Pasangan ingin membaharui janji nikah sesuai kondisi saat ini.

Peneguhan janji nikah adalah cara yang terbaik untuk mengenang kembali segala masa-masa sulit yang sudah ditempuh pasangan bersama-sama. Sekaligus menjadikannya sebagai momen untuk bersukacita karena janji suci yang berkata ‘akan selalu bersama-sama dalam suka dan duka, sehat dan sakit’ akhirnya dapat terwujud berkat kasih dan kesetiaan masing-masing. Dan setelah masa itu, pasangan berharap akan terus berjuang lebih lagi bagi pernikahannya.

Nggak ada hubungan yang bisa bertahan tanpa dirawat dengan komitmen. Sebuah pernikahan bisa jadi kuat dan mampu bertahan di tengah badai kalau suami dan istri sama-sama berjuang dan memegang janji bersama. Itu sebabnya peneguhan kembali janji nikah penting dilakukan pasangan menikah. Kalau kalian menyadari hal itu perlu dilakukan, lakukanlah saat ini. Bicarakan dengan pasanganmu dan komunikasikan kepada pelayan gereja atau pendeta setempat.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami