Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
965


Firman Allah bilang, “Hormatilah Ayah dan Ibumu supaya lanjut umurmu, ditanah yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu.” (Keluaran 20:12).

Firman tersebut sangat jelas berkata bahwa kita harus menghormati orangtua kita. Sikap menghormati biasanya akan muncul karena kita mencintai. Dan mencintai orangtua merupakan hal terpenting yang harus dilakukan oleh anak.

Apalagi saat ini, dimasa single adalah masa yang paling enak untuk mencintai dan membahagiakan orangtua. Bisa kita bayangkan, saat menikah, kita akan kehilangan waktu bersama orangtua dan lebih fokus dan mencintai keluarga.

Nah, mungkin diantara kamu banyak yang kesulitan mengartikan bagaimana menghormati dan mencintai orangtua. Berikut saya berikan cara dan penjelasan yang bisa kamu paham:

1   KEPERCAYAAN


Maksud disini adalah dimana kita harus bisa menjaga kepercayaan kedua orang tua kita, seperti kalau kamu  mau main bersama pacar atau laki laki. Ya lebih baik di jujur daripada harus berbohong. Kalo kamu sebagai pacar dibohongi sama pasanganmu, ternyata si dia pergi dengan wanita atau teman yang nggak kamu sukai. Apakah kamu kecewa? Nah, demikian orangtuamu akan merasa kecewa karena kamu nggak menghormati dan menghargai mereka dengan baik.

2  BERBICARA LEMBUT



Terkadang kalau kedua orang tua lagi bawel-bawelnya, tentang pola makan, jam main dan tentang sebuah hal yang menyinggungmu, sering sekali kita melawan dengan wajah kesal dan marah-marah balik bahkan memberi jawabanyang nggak baik. Nah, bicaralah lemah lembut kepada orangtuamu, jika memang kamu merasa ada yang harus diskusikan.

3  BAGI WAKTU

Ini adalah hal terpenting dan bahkan sering diabaikan oleh banyak anak. Nggak memandang, apakah masih kuliah, bahkan bekerja. Menghabiskan waktu dengan teman, kerja, tugas kuliah hingga pacar adalah hal penting dan mengabaikan orangtua.

Bayangkan saja jikalau orangtuamu sudah nggak ada lagi saat ini, bagaimana kamu bisa mendengar suaranya dan bicara padanya?

Moment ini nggak akan kamu temui lagi saat kamu sudah menikah. Sehingga jika kamu masih single, sisihkanlah waktumu untuk bicara dan quality time dengan orangtuamu. Nonton bareng, sharing bareng, ke gereja bareng bahkan jika kamu merantau, teleponlah mereka sesering mungkin dan pulanglah minimal sekali dalam setahun. 

4  MAKAN MALAM DIRUMAH

Orangtua selalu menginginkan yang terbaik bagi anaknya . Saat saya SD, saya selalu dimasakin makanan untuk ke sekolah. Mungkin sekarang kita sudah mulai malu jika harus dibekali ke kantor .

Baiklah, itu mungkin dialami oleh sebagian dari kamu.

Namun minimal, kamu bisa menghargai orangtuamu dan masakannya dengan memilih makan malam dirumah daripada makan bareng teman kantor di café favorit.

Orangtuamu sedang menunggumu pulang dan menikmati masakannya. Hargailah!  Selagi single dan bersama mereka. Percayalah, mereka akan sangat senang dan merasa dicintai dan dihargai.

5   MEMBANTU DIRUMAH

Kalau kamu kebetulan tidak ada assisten rumah tangga, bisa banget kamu melakukan hal ini. Sekedar bersihin kamar ayah ibu saat mereka pergi, dan cuci piring setelah sehabis makan. Orang tua pasti bangga memiliki anak perempuan yang rajin dan tetap menjaga kebersihan. Atau kamu bisa menyiram taman atau membersihkan kebun belakang, daripada bermain bola dan PS dirumah.


Baca Juga : Pria, Jangan Salah Terka! Ini Alasan Mengapa Wanita Perlu Berpendidikan Tinggi

6  PERHATIAN

Saat kamu sakit, pasti ingin sekali terus dilayani dan diperhatikan. Sama juga seperti kedua orang tua, terlebih jika orang tua kamu sudah lansia. Mereka sangat butuh perhatian kalian, bukan hanya sekedar materi dengan menyewa suster saja. Setidaknya menemani dikamar saat weekend atau sehabis pulang kerja membuat mereka merasa disayang.  Apapun bisa dicari, tapi waktu takan terulang kembali.

Demikian 6 Hal yang bisa kamu lakukan untuk buat orangtua kamu merasa dicintai dimasa single ini.  Terapkan Firman Allah senantiasa, supaya janjiNya nyata atasmu.

Sumber : jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Mikey Oei 20 November 2017 - 21:25:50

Kenapa dalam Mat 27 : 44 tertulis berbeda dengan L.. more..

0 Answer

Zidan 20 November 2017 - 05:55:45

Apa saja yang termasuk perilaku menghardik anak ya.. more..

1 Answer

Trivandi Sipahutar 19 November 2017 - 20:54:10

Doa bagi para remaja yang terlibat sex bebas

1 Answer


Marusaha F S 18 November 2017 - 12:09:03
Minta bantu doa utk pekerjaan, dan agar hutang hut... more..

DEDEN SURYADI 16 November 2017 - 03:02:20
Sya minta dukungan doa untuk bisa memiliki rumah d... more..

Leticia 15 November 2017 - 11:34:48
Teman2 JC tolong doakan saya supaya dapat pekerjaa... more..

REANI 10 November 2017 - 16:22:17
saya minta dukungan doa dari teman teman untuk sao... more..

Banner Mitra Week  3


7333

advertise with us