5 Fakta Unik Ini Wajib Kamu Tahu Jelang Perayaan 500 Tahun Reformasi Gereja Loh..
Sumber: American Faith

Internasional / 24 October 2017

Kalangan Sendiri

5 Fakta Unik Ini Wajib Kamu Tahu Jelang Perayaan 500 Tahun Reformasi Gereja Loh..

Puji Astuti Official Writer
8750

Tepat pada tanggal 31 Oktober 1517, Martin Luther yang kala itu adalah seorang biarawan dari Gereja Katolik Roma ordo Agustinian memakukan 95 dalil reformasi di pintu all Saints' Church, di Wittenberg, Jerman.  Ada beberapa fakta menarik yang kamu harus ketahui tentang perinstiwa penting bagi reformasi gereja ini. 

1. Muncul dari kegalauan Martin Luther tentang penebusan dosa

Diceritakan bahwa setiap menjelang perayaan All Saints' Day atau Hari Orang Kudus yang dirayakan oleh umat Katolik saat itu, gereja menjual surat penebusan dosa bagi mereka dan juga untuk orang-orang yang mereka kasihi yang sudah mati. 

Dari tahun 1510 hingga 1520, Luther mempelajari Mazmur, Ibrani, Roma dan Galatia untuk materi pengajarannya. Disana ia menemukan istilah penebusan dosa dan pembenaran dan melihatnya dari sudut pandang baru. Dia melihat bahwa gereja sudah korup dan menyimpang dalam beberapa ajaran utama keKristenan. Yang paling utama bahwa manusia dibenarkan oleh iman kepada Yesus Kristus saja, dan kasih karunia itu diberikan secara cuma-cuma karena penebusan Kristus di kayu salib (Roma 3:23-24). 

Baca juga : Sambut Peringatan 500 Tahun Reformasi Protestan, Inilah Sejarah Perjuangan Martin Luther


2. Selain memakukan di pintu gereja, Luther juga menyurati Uskup Albrecht von Brandenburg

Di hari yang sama, 31 Oktober 1517, Luther menyurati Uskup Albrecht von Brandenburg dengan menyertakan 95 dalilnya, namun ia secara khusus mengecam penjualan surat pengampunan dosa. 

Menurut Hans Hillerbrand, Luther saat itu tidak bermaksud memusuhi gereja, namun melihat protes yang ia sampaikan sebagai keberatan ilmiah terhadap praktek gereja saat itu. Salah satunya adalah pertanyaannya di dalilnya yang ke 86, "Mengapa paus yang kekayaannya saat ini lebih besar dari Crassus terkaya, membangun basilica St.Petrus dengan uang orang-orang percaya yang miskin daripada uangnya sendiri?"

Baca juga : Rajut Hubungan Katolik dan Lutheran, Martin Luther Jadi Panutan

3. Protes Luther dituliskan dalam bahasa Latin

Sekalipun Martin Luther tinggal di Jerman, namun dia menuliskan protesnya dalam bahasa Latin yang merupakan bahasa yang lazim digunakan oleh para ilmuwan, pendidik serta biarawan saat itu. 

Setelah protes itu dipakukan di pintu gereja baru teman-teman Luther menterjemahkannya dalam bahasa Jerman. Dalam waktu dua minggu, salinan 95 dalil protes itu tersebar luas di seluruh Jerman, dan dalam waktu dua bulan menyebar ke seluruh Eropa, dan banyak orang berbondong-bondong ke Wittenberg untuk mendengarkan kuliah Luther. 


4. Melarikan diri karena menjadi musuh Paus

Pada Oktober 1518, Luther melakukan pembelaan saat diinterogasi oleh utusan kepausan saati itu, Cardinal Cajetan. Akhirnya dinyatakan bahwa Martin Luther harus menarik pernyataannya, jika tidak ia akan ditangkap. Namun Luther melarikan diri pada malam hari. 

Namun itu bukanlah pelariannya yang terakhir, pada 25 Mei 1521 Luther dinyatakan sebagai pelanggar hukum dan harus ditangkap, dan mengijinkan siapapun untuk membunuh Luther tanpa konsekuensi. Namun dalam perjalanan ke Wittenberg, Frederick III menculik dan menyembunyikan Martin Luther di Wartburg Castle di Eisenach. 

5. Menikahi mantan biarawati

Pada 27 Juni 1525, Martin Luther menikahi mantan biarawati bernama Katharina von Bora. Wanita ini adalah satu dari 12 biarawati yang ia bantu melarikan diri dari Nibschen di April 1523. Sekalipun beberapa rekan Luther saat itu juga telah menikah, namun pernikahannya itu menjadi seperti sebuah meterai bagi pendeta untuk menikah. 

Menjadi pelopor perubahan, terlebih reformasi terhadap gereja yang saat itu sangat berpengaruh dalam pemerintahan sangatlah beresiko. Namun karya dan perjuangan Martin Luther dan teman-temannya kita nikmati hingga saat ini. Jadi, pastikan kamu terlibat dalam perayaan 500 tahun reformasi ya, lakukanlah dengan menyebarkan berita bahwa keselamatan ada di dalam Kristus Yesus, dan itu diberikan dengan cuma-cuma karena penebusannya di kayu salib kepada setiap orang yang percaya kepada-Nya. 


Sumber : Wikipedia
Halaman :
1

Ikuti Kami