Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
687


Kadang kesibukan dan aktivitas padat serta pikiran membuat kita susah untuk tidur teratur, malahan kita menjadi kurang tidur.

Padahal kurang tidur bisa memicu munculnya sejumlah penyakit yang berbahaya. Nggak hanya badan saja yang capek dan letih sepanjang hari, bahkan kurang tidur dalam jangka yang panjang akan mengakibatkan kamu berisiko mengalami penyakit ini.

Alzheimer 
Dilansir dari jhsph.edu, para peneliti menyebutkan keterkaitan antara kurang tidur dengan penyakit Alzheimer. Bahkan penyakit Alzheimer bisa makin parah bila kurang tidur terus jadi kebiasaan.

Obesitas


Ya, kurang tidur bisa memicu obesitas. Dikutip dari healthysleep.med.harvard.edu,banyak penelitian yang menyebutkan kurang tidur bisa menyebabkan berat badan naik. Karena saat tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon yang membantu mengontrol nafsu makan, menjaga metabolisme dan memproses glukosa. Kalau tubuh kurang tidur, keseimbangan hormon juga bisa terganggu. Seperti gangguan hormon leptin yang berfungsi untuk memberitahu otak bahwa tubuh sudah mendapat cukup makan. Kalau tubuh kurang tidur, kita akan terus merasa lapar meski sudah makan banyak. Dampaknya asupan kalori melebihi batas normal dan membuat berat badan meningkat.

Diabetes


Diabetes tipe 2 bisa dipicu oleh kurang tidur karena terganggunya pemrosesan glukosa di dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dikutip dar ihealthysleep.med.harvard.edu meneliti sekelompok pasien sehat yang mengurangi jam tidurnya dari 8 jam atau lebih menjadi 4 jam per malam, hasilnya pemrosesan glukosa dalam tubuh lebih lambat dibandingkan bila mereka tidur 12 jam. 

Penyakit Jantung


Kurang tidur bisa menyebabkan tekanan darah meningkat setiap kali bangun tidur. Naiknya tekanan darah yang disebut hipertensi ini kalau dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular. Risiko terkena penyakit jantung pun meningkat.

Gangguan Kesehatan Mental
Depresi dan gangguan mental bisa muncul akibat kurang tidur. dalam sebuah penelitian, subjek yang tidur 4,5 jam per malam merasa gampang stres, sedih, marah, dan capek secara mental. Mereka juga tampak kurang semangat. Masalah dan gangguan tersebut baru bisa hilang saat mereka bisa mendapat tidur yang cukup setiap malamnya.

Jadi penting banget nih untuk mendapat tidur yang cukup setiap harinya. Sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhanmu juga, ya. Akan lebih baik pula bila diimbangi dengan menjaga pola makan sehat serta olahraga yang teratur.

Sumber : Berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Doma Santika Malau 22 October 2017 - 21:19:46

Doa untuk mempunyai anak

0 Answer

Silvi Kirey 22 October 2017 - 04:55:26

Apakah saya bisa menikah dengan yang beda agama de.. more..

1 Answer

Basaria Sitohang 22 October 2017 - 01:40:48

bagaimana mengenal diri sendiri

1 Answer


evelina 19 October 2017 - 15:25:05
kiranya Tuhan Yesus berkenan membuka hati lelaki y... more..

ARI 19 October 2017 - 08:25:34
Dear Team Prayer, dukung saya dalam doa untuk sua... more..

Veronica Sitanggang 18 October 2017 - 21:15:29
Bantu dukungan doanya agar Tuhan memenangkan jiwa ... more..

Dessy Sitohang 16 October 2017 - 20:16:48
Saya mohon bantu doa nya agar saya diangkat jadi S... more..

Banner Mitra Week 4


7314

advertise with us