Beberapa Hal Yang Harus Kamu Ketahui Mengenai Dosa Yang Nggak Bisa Dimaafkan Oleh Tuhan

Kata Alkitab / 6 October 2017

Kalangan Sendiri

Beberapa Hal Yang Harus Kamu Ketahui Mengenai Dosa Yang Nggak Bisa Dimaafkan Oleh Tuhan

Naomii Simbolon Official Writer
9377

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh beberapa orang adalah,”Boleh nggak aku melakukan dosa yang nggak bisa diampuni oleh Tuhan?”

Menurut Yesus, ada satu dosa yang nggak bisa dilakukan sama sekali atau nggak akan dimaafkan baik itu di zaman ini ataupun di zaman yang akan datang, yaitu menghujat Roh Kudus. Dr. David Jeremiah menjelaskan satu-satunya cara untuk memahami kata-kata ini adalah dengan melihat konteks bagian secara keseluruhan .

Nah, berikut ada 10 hal yang kamu harus ketahui tentang “dosa yang nggak termaafkan,” adalah :

1. Yesus sudah menyebutkannya di dalam Injil Markus

Yesus sudah membahas topik ini dalam Markus 3:20-30, dan sebuah bagian dia ayat 28-29 mengatakan demikian : “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya semua dosa dan hujat anak-anak manusia akan diampuni, ya, semua hujat yang mereka ucapkan. Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal.”

Inilah ayat yang dikutip setiap kali orang Kristen bahas mengenai masalah ini. Tapi bagian itu nggak berhenti sampai disitu saja.

2. Untuk memahaminya dengan benar, coba kita lihat di ayat terakhir .

Coba kamu lihat kembali pernyataan akhir Yesus dalam ayat Markus 3: 28-30: “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya semua dosa dan hujat anak-anak manusia akan diampuni, ya, semua hujat yang mereka ucapkan. Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal. Ia berkata demikian karena mereka katakan bahwa Ia kerasukan roh jahat.”

Paragraf ini telah menjadi sumber kesalahpahaman besar dalam kekristenan. Untuk sampai pada interprestasi yang benar, kita harus memulai dengan kalimat terakhir yang mengatakan kenapa Yesus membuat pernyataan ini.

Dia memberikan ajaran ini kepada orang-orang yang menuduh Dia memiliki roh jahat(ayat 22). Pada intinya Tuhan sedang mengatakan kepada mereka bahwa  “Kamu sedang melakukan sesuatu dosa. Kamu harus berhati-hati, karena kamu akan melakukan dosa yang nggak ada pengampunannya.”

3. Ini adalah kesalahan yang disengaja

Ingat dengan ahli taurat di Yerusalem? Mereka nggak hanya melakukan hujatan tersebut dengan sengaja. Kalau kamu mengikuti kisah mereka di kitab Markus, kamu akan melihat ada perkembangan mengenai ketidakpercayaan mereka. Awalnya mereka penasaran dengan Yesus dan pelayananNya. Namun akhirnya mereka jadi acuh nggak acuh, lalu nggak peduli hingga menolak Yesus, membenci Yesus dan memakukan Dia ke kayu salib.

4. Ini menunjukkan kita bahwa penolakan bisa menjadi hal yang paling membahayakan

Ketika Tuhan menyadarkan kita dari dosa dan memberi kita perjanjian. Sangat bahaya jika kita mengabaikannya terutama membiarkannya begitu lama.

Kamu selalu menolak dan melawan, hingga beberapa lama kemudian kamu menjadi sangat keras hati dan melakukan dosa bertubi-tubi. Telinga kita nggak mendengar dengan benar, hidup dengan cara pikir sendiri tanpa tuntunan Roh Kudus, kita menjadi sombong. Dan parahnya sekalipun kita tahu akan anugerah Tuhan, kita berupaya menjauh darinya dan susah untuk berubah.

Demikan 4 hal yang kita bisa pelajari secara sebagian dari ayat alkitab diatas mengenai dosa yang satu ini. Semoga dengan ini kita semakin memahami apa yang menjadi kehendak Allah, yang baik dan menyenangkan hatiNya.

 

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami