Di Vonis Seumur Hidup, Pelaku Pengeboman Gereja Ini Malah Tersenyum Lebar

Di Vonis Seumur Hidup, Pelaku Pengeboman Gereja Ini Malah Tersenyum Lebar

Naomii Simbolon Official Writer
6096

Akhirnya majelis hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Timur,  memutuskan hukuman atas pelaku pelemparan bom di Gereja Oikumene  Samarinda, Kalimantan Timur yang terjadi pada akhir tahun 2016 lalu. Putusan ini disambut gembira oleh ICJF (Institut for Criminal Justice Reform ). Juhanda akhirnya divonis bersalah dan di ganjar dengan hukuman seumur hidup(25/09/17)

Menurut hakim Simanjuntak Juanda tidak patut diberi keringanan, karena terdakwa tidak menunjukkan ada rasa penyesalan, malahan dia tersenyum lebar saat divonis seumur hidup. Nggak hanya itu, Juhanda juga menggunakan simbol-simbol kelompok teroris ISIS didalam ruang sidang.

Perbuatan keji ini ternyata disengaja olehnya, hal ini di ungkapkan oleh hakim Simanjuntak

“Terdakwa dengan sengaja menyerang gereja, meskipun dia tahu banyak anak-anak sedang berada di halaman," katanya.

Akibat pengeboman ini, 7 orang korban dan 1 anak meninggal bernama Intan Olivia Marbun. Waktu itu Intan bermain di halaman gereja dengan 3 temannya .


Sebelumnya Juhanda alias Muhammad bin Aceng Kunia ini, sudah pernah divonis bersalah karena terlibat dengan kasus bom 
Puspitek di Serpong, Tangerang Selatan , Banten  pada tahun 2011 , dia pun di hukum 3 tahun penjara dan pada tahun 2014 dia pun bebas.

Dan menurut polisi, pria ini sudah lama terkait dengan jaringan teroris di Indonesia, bahkan dia sudah sangat mahir dan pernah belajar merakit bom sejak ikut pelatihan di Aceh pada kurun waktu 2009-2011 .

Namun kini, Juhanda akan menghabiskan waktunya di dalam kurungan penjara.

Hal ini tentu membuat para masyarakat lega dan puas. Tetapi kita ketahui bahwa teroris masih cukup banyak berkeliaran diluaran sana, nggak satupun yang dapat menghentikannya kecuali meminta pertolongan Tuhan supaya mereka disentuh dengan kasihNya dan pertobatan terjadi.

Apa pendapatmu tentang hukuman untuk Juanda ini?

 

Baca Juga : Demi Memajukan Papua, Wiranto Meminta Gereja Berperan Penting

Sumber : Berbagai sumber

Ikuti Kami