Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
673


Ada pepatah bilang sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, itulah yang dibuktikan oleh pasangan Zaka dan Ningsih ini. Pasangan suami istri ini hanya berjualan pulsa di depan rumah, walau demikian mereka rajin untuk menabung uang recehan atau koin yang ada. Tapi jangan anggap remeh uang recehan loh. 

Beberapa waktu lalu, karena keadaan terjepit, Zaka dan Ningsih terpaksa membongkar celengan mereka yang berupa galon-galon air mineral. Setelah dihitung, total jumlah tabungannya pun cukup fantastis, yaitu sekitar 60 juta rupiah. Nah, benar kan, koin 500 dan 1000 bisa jadi banyak kalau dikumpulkan. 

"Setelah sekitar 5 tahun,Alhamdulillah wa syukurillah saya dan suami bisa menabung receh sampai 10 galon dengan total kurang lebih 60jt," demikian postingan di akun Facebook Agustine Ningsih pada akhir September lalu. 

Baca juga Pesan untuk Para Pejuang Jobseeker

Postingan pemberi semangat dan foto keluarga Zaka dan Ningsih tersebut menjadi viral, dishare sebanyak 16,593 kali, belasan ribu like dan dua ribuan komenter. Luar biasa bukan, ternyata hal sederhana seperti menabung uang receh bisa menginpirasi banyak uang. 

Berdasarkan berita yang dirilis Kompas.com, dengan uang itu Zaka dan Ningsih bisa mengirimi uang ibunda mereka, melunasi biaya kontrakan dan juga membiayai kedua anaknya sekolah. Bahkan mereka mengungkapkan bahwa mereka akan menabung dengan cara yang sama untuk masa depan keluarganya.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah menabung?

Kalau belum, cobalah  3 langkah berikut ini : 


1. Beli atau buatlah celengan

Celengan ngga usah yang bagus-bagus atau harus beli, kamu bisa seperti Zaka dan Ningsih yang awalnya pakai botol air mineral yang ukuran besar. Kalau jaman dulu biasanya pakai bambu yang diberi lobang. Nah, kamu bisa kreatif dengan membuat celenganmu sendiri. Kalau aku bikin celengan pakai kardus bekas kotak handphone. Kamu bisa dengan apa yang ada di rumahmu, seperti kaleng bekas kue atau susu. 

Baca juga : Butuh Semangat Karena Hadapi Persoalan Keuangan? Yuk Baca 7 Ayat Alkitab Ini!

2. Tidak harus banyak, tapi rutin

Menabung tidak perlu langsung banyak. Mulailah sesuai dengan kemampuanmu, seperti kisah Zaka dan Ningsih di atas, kalau ada sisa uang receh masukkan saja ke celengan. Selain itu kamu juga harus komitmen, walau sedikit pastikan setiap hari kamu nabung ya. 

3. Jangan sebentar-sebentar jebol celengan

Hayoo.. siapa yang waktu kecil suka congkel-congkel duit dari celengan? Ya, saya juga angkat jari, pengakuan dosa... 

Nah, ini kebiasaan buruk yang harus dihilangkan. Jadi kalau punya celengan, jangan sebentar-sebentar digoncang-goncang buat cek beratnya ya.. atau colek-colek buat ngeluarin koin karena lagi kepepet pengen jajan. Buat slogan dan tempel di celengan, "Uang yang masuk, tidak boleh diambil lagi sampai... " tenggat waktunya kamu bisa tentuin sendiri, umpamanya, satu tahun, atau lima tahun. Sesuaikan dengan tujuan mengapa kamu menabung. 

Sebenarnya sederhana kan? Nah, yang paling penting adalah ketekunan dan menjauhi godaan untuk membongkar celengan itu yang susah. Tapi kalau kamu bertekad, pasti kamu juga bisa. Lumayankan kalau bisa kaya Zaka dan Ningsih, Rp.60 juta bisa buat DP rumah loh.. :P

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

???? ???? 15 December 2017 - 23:30:36

gimana cara kurangi like

0 Answer

Michael Owen James Mayau 15 December 2017 - 21:10:48

shalom... salam damai bagi kita semua... mohon did.. more..

0 Answer

Michael Owen James Mayau 15 December 2017 - 21:06:49

PRAYER

0 Answer


Emille Paulus Lumena 16 December 2017 - 09:08:00
Ya Tuhan Yesus Kristus Tuhan dan Raja diatas segal... more..

Melva Sinurat 15 December 2017 - 18:33:02
Min aku mohon bantuan untuk mendoakan saya supaya ... more..

Fian Oh 15 December 2017 - 14:27:28
Saya seorang pecandu narkoba, dan saat ini hidup s... more..

Siska Agustina Parhusip 14 December 2017 - 09:40:49
Saya minta bantuan doa teman2 semua untuk mendoaka... more..

Banner Mitra Week 2


7335

advertise with us