Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
738


Menjadi orangtua itu memang nggak gampang. Nggak hanya memikirkan uang sekolah dan kebutuhan rumah, tetapi juga memikirkan pertumbuhan anak dan ikut berperan didalamnya.

Hal ini dialami semua orang tua. Lalu bagaimana dengan orangtua tunggal alias single parents?

Tentu ini menjadi sebuah hal yang sangat berat, menjadi ayah sekaligus ibu buat anak.

Beberapa waktu yang lalu, saya bertemu dengan seorang pria yang memiliki 2 orang anak. Istrinya telah meninggal sejak lama dan dia mengurus anak-anaknya seorang diri. Mulai dari mandi, urusin ke sekolah, mengantar dan menjemputnya. Bahkan sesekali sang anak harus tertidur di sofa kantornya karena menunggu sang ayah menyelesaikan tugasnya dulu.

Entah apa yang membuat pria itu nggak ingin menikah lagi, namun rutinitas seperti itu sudah berlangsung sejak beberapa tahun.

Dibenakku hanya berpikir demikian “Bagaimana pertumbuhan karakter anak ini bisa sempurna dengan kesibukan dan rutinitas demikian?”

Ya, seperti yang saya sudah tulis diatas bahwa peranan orangtua sangat penting dalam petumbuhan sang anak. Oleh karena itu, buat kamu yang single parent, berikut ada beberapa hal yang akan menolong kamu untuk menjadi pembimbing yang sempurna dalam pertumbuhan anak-anakmu :

1.  Cover atau jagai anak-anakmu didalam doa



Kamu mungkin nggak sepenuhnya memiliki waktu setiap hari bersama anak-anakmu, bahkan kamu juga nggak selalu mengetahui apa yang dipikirkan oleh mereka, masalah apa yang tengah dihadapi mereka saat ini.

Berdoa adalah hal yang paling tepat dan harus kamu lakukan untuk mereka. Biarkan Tuhan sepenuhnya menjagai mereka bahkan saat kamu ada dan nggak ada disisi mereka, biarkan Tuhan memberikan mereka damai sejahtera dan pikiran yang terbaik.

Bila perlu , jangan hanya melakukannya seorang diri. Ajak mereka sesekali berdoa serta bernyanyi memuliakan Tuhan diruang rumahmu.

Doa bahkan bisa memindahkan gunung, saat kita berupaya berdoa dalam kehendakNya. Kasihilah anak-anakmu tanpa syarat dan izinkan Tuhan melengkapi perananmu sebagai orangtua tunggal untuk anak-anakmu.

1 Yohannes 5:14-15: “Dan inilah keberanian percaya   kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya , Dan jikalau kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu, bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah kita minta kepada-Nya.

2.  Carilah Nasehat yang Saleh dan Bersosialisailah dengan Komunitas Kristen


Menyibukkan diri dengan mengurus anak-anak dan pekerjaan memang menguras energi, hal itu nggak menutup kemungkinan membuat kita merasa sendiri dan lelah sekali.

Menyendiri dirumah justru akan memperburuk hatimu dan suasana, bahkan anak-anakmu bisa menjadi pelampiasan semuanya.

Saatnya untuk mencari komunitas Kristen dan menemui orang-orang terbaik yang kamu percaya dan bisa memberimu nasehat.

Mengurus anak dengan cara sendiri nggak bagus, ajaklah anak-anakmu gabung dalam sebuah komunitas Kristen dan ajarkan mereka dengan nasehat-nasehat para hamba Tuhan, berikan ruang untuk bertukar pikiran karena itu nggak hanya menguntungkan dirimu tetapi juga demi pertumbuhan anak-anakmu.

3.  Fokuslah kepada anak-anakmu

Tugas sebagai orangtua adalah mempersiapkan anak-anak bertumbuh dewasa dan melepaskannya suatu saat.

Dalam hal mempersiapkan anak, sebagai orangtua tunggal kita dituntut untuk fokus kepada anak. Kamu nggak memiliki pasangan yang bisa kamu kerahin untuk mengurus anak-anak sedangkan kamu sibuk bekerja, oleh karena itu pilihannya adalah kamu sendiri yang harus fokus kepada mereka. Menyisihkan waktu untuk mereka sebisa mungkin dan membangun komunikasi yang dekat dengan mereka.

Mungkin saat ini, kamu cukup menderita tetapi biarkan Yesus menjadi kepala atas keluargamu. Hal ini akan membantumu menjadi sosok yang kuat dan akan melihat kemuliaan Allah dinyatakan atas keluargamu.

Roma 8:18 :” Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini  tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita.” 

Sekali lagi, mengasuh anak sendirian memang sebuah situasi yang sulit. Namun kita harus mengingat bahwa tanggung jawab kita sebagai orang Kristen adalah menunjukkan kasih Kristus yang tanpa syarat kepada orang lain dan terutama kepada anak-anakmu.

Tetaplah hidup di dalamNya, karena cintaNya nggak pernah gagal, dan cinta akan mengusir kekuatiran juga ketakutan.

Berpegang eratlah pada semua janji Tuhan, karena kita tahu bahwa didalam Kristus semua janjiNya adalah “Ya” dan “Amen”.

Sumber : crosswalk.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

???? ???? 15 December 2017 - 23:30:36

gimana cara kurangi like

0 Answer

Michael Owen James Mayau 15 December 2017 - 21:10:48

shalom... salam damai bagi kita semua... mohon did.. more..

0 Answer

Michael Owen James Mayau 15 December 2017 - 21:06:49

PRAYER

0 Answer


Emille Paulus Lumena 16 December 2017 - 09:08:00
Ya Tuhan Yesus Kristus Tuhan dan Raja diatas segal... more..

Melva Sinurat 15 December 2017 - 18:33:02
Min aku mohon bantuan untuk mendoakan saya supaya ... more..

Fian Oh 15 December 2017 - 14:27:28
Saya seorang pecandu narkoba, dan saat ini hidup s... more..

Siska Agustina Parhusip 14 December 2017 - 09:40:49
Saya minta bantuan doa teman2 semua untuk mendoaka... more..

Banner Mitra Week 2


7335

advertise with us