Keintiman dalam Pernikahan melebihi daripada Sex. 3 Jenis Keintiman Ini Akan Membantumu

Keintiman dalam Pernikahan melebihi daripada Sex. 3 Jenis Keintiman Ini Akan Membantumu

Naomii Simbolon Official Writer
10302

“Kami merasa nggak terhubung.” Keduanya merasakan hal yang sama.

Suatu ketika didalam hubungan mereka, mereka mulai terhanyut dalam banyak hal seperti salah paham dan perasaan yang seakan kosong dan sekarang mereka seolah-olah menjalani hidup sesukanya, nggak lagi terhubung secara intim. Kalau kamu diposisi itu, bagaimana kamu bisa menyelesaikan masalah “yang tidak terhubung ini”?

Biasanya ketika orang mulai merasa hubungannya putus alias seperti ada batas, alasannya adalah karena kehilangan intiman atau keintiman yang mulai pudar. Banyak alasan tentunya yang menyebabkan hal ini terjadi, mungkin karena kesibukan atau disengaja untuk membatasi diri karena malas bicara dan lain sebagainya.

Apapun alasannya, jika hal ini terjadi, keintiman yang hilang dan pudar akan sulit kembali seperti semula. Salah satu kunci untuk membangunnya kembali adalah memahami bahwa keintiman itu hal yang multifaset .

Sebenarnya ada 5 jenis hubungan (keintiman) yang berbeda,dan jika kita menjaga kelima fungsi tersebut kita bisa memiliki sebuah pernikahan yang terhubung satu sama lain (intim).

1.  Keintiman (terhubung) secara spiritual


Keintiman pertama dan paling mendasar adalah keintiman spiritual. Keintiman ini adalah keintiman yang sangat berpengaruh dibanding jenis keintiman lainnya

Jika keintiman spiritual tinggi, maka suami istri akan berjalan dalam kehendak Tuhan dan sama-sama bertahan untuk saling mengerti.

Kedekatan keintiman ini bisa dilakukan dengan cara : membahas firman Allah bersama-sama, dan bahkan saling mendoakan dan beribadah bersama.

Karena firman Allah adalah makanan bagi jiwa kita ( Matius 4:4; Ulangan 8:3). Jika kita melakukan hal ini bersama, maka kita akan bisa bertumbuh bersama-sama dan takkan terpisah. Dan tentu kita nggak hanya melakukan hal ini saat tengah diperhadapkan dengan masalah, alangkah baiknya ini menjadi sebuah rutinitas keluarga bahkan pribadi  untuk memuji Allah dan menyerahkan pernikahan kita dibawah kendalinya.

(Baca Juga : Terapkan Hal Ini Supaya Pernikahanmu Bahagia )

2.  Keintiman secara aktivitas

Jenis keintiman kedua ini adalah bicara tentang ikatan yang tercipta saat melakukan aktivitas bersama. Aktivitas ini bisa dilakukan dengan cara yang simple seperti melakukan teka-teki silang dan lain sebagainya.

Hal ini akan menciptakan koneksi yang membuat suami dan istri menjadi lebih dekat dan terhubung.

Sering sekali kita menjadi sibuk sendiri didalam aktivitas seperti bermain handphone atau menonton sendiri, nggak ada salahnya jikalau kita mengajak istri ikut nonton bersama dan tertawa bersama.

Tuhan menciptakan suami dan istri untuk melakukan aktivitas kehidupan.

Pengkotbah 9:9 : “ Nikmatilah hidup dengan isteri i  yang kaukasihi seumur hidupmu yang sia-sia, yang dikaruniakan TUHAN kepadamu di bawah matahari, karena itulah bahagianmu  dalam hidup dan dalam usaha yang engkau lakukan dengan jerih payah di bawah matahari.”

3.  Keintiman secara Fisik


Jika bahas mengenai keintiman fisik, hal pertama yang terbesit dipikiran kita adalam “intim (dalam hubungan seksual)”.

Yap, sangat benar dan harus! Tetapi ada juga keintiman nonseksual yang bisa dilakukan seperti berpelukan disofa,pegangan tangan atau mencium kening.

Kadang-kadang keintiman nonseksual dapat menciptakan sebuah perasaan asmara dan cinta yang membuat kita lebih dekat (bisa mencakup hubungan seksual).

Keintiman fisik nonseksual ini lebih cenderung disukai oleh wanita/istri namun tidak menutup juga bagi pria/suami.

Dengan membangun dan memiliki ketiga keintiman diatas. Hal ini akan membuat hubungan pernikahan kamu penuh dengan kasih dan tidak ada lagi kekosongan apalagi berjalan sendiri-senndiri alias sesuka hati.

Disinilah kasih Kristus menjadi lebih nyata dan membawa pernikahan kamu kepada tujuan yang sebenarnya dihadapan Allah.

Sumber : desiringgod

Ikuti Kami