Kamu Suka Menyimpan Rahasia? Hati-hati Loh, Ini 7 Dampak Buruknya Untuk Kesehatan dan Karirmu
Sumber: www.her.ie

Finance / 28 September 2017

Kalangan Sendiri

Kamu Suka Menyimpan Rahasia? Hati-hati Loh, Ini 7 Dampak Buruknya Untuk Kesehatan dan Karirmu

Puji Astuti Official Writer
3533

Siapa sih yang ngga punya rahasia yang disembunyikan dalam hidupnya? Hampir semua orang punya rahasianya sendiri. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Columba University kepada 600 orang, 96% responden saat itu menyimpan suatu rahasia dalam hidupnya. Bagaimana dengan kamu?

Riset membuktikan bahwa menyimpan rahasia ternyata berdampak buruk bagi kesehatan fisik, mental dan juga dapat berdampak pada karir orang tersebut. 

Rahasia apa saja? 

Ternyata tidak peduli jenis rahasianya, hal itu bisa membebani hidup orang tersebut. Mulai dari rahasia yang anakmu minta agar tidak memberitahu pasanganmu, hingga rahasia sahabatmu atau rahasiamu sendiri seperti kecanduan pada pornografi atau kemana uangmu kamu habiskan tanpa sepengetahuan pasanganmu. 

Rahasia demi rahasia yang kamu simpan akan bertumpuk dan akan membebani hati nurani kita. Menurut seorang neuroscientist, menyimpan rahasia membuat otak terbebani. Karena bagian otak yang mengendalikan emosi, ingin mengatakan yang sejujurnya atau membuat pengakuan. Pemikiran logis ini akan memberikan isyarat kepada bagian otak yang lain, sehingga menimbulkan stres atau rasa tertekan. 

Apa dampaknya bagi kita? 

1. Mengalami depresi


Sebuah riset di Belanda yang dikutip oleh Huffington Post menyatakan bahwa anak muda usia 14-19 tahun yang cenderung menyimpan rahasia lebih beresiko menjadi anak yang suka melawan aturan atau tergolong bandel, dan dilaporkan lebih sering mengalami sakit kepala. Selain itu menyimpan rahasia membuat orang cenderung menyendiri dan merasa kesepian sehingga berujung pada depresi. 

Baca juga : Saat Beban Hidup Terasa Berat, Jujurlah Kepada Tuhan

2. Memiliki hubungan yang renggang dan sedikit teman

Riset yang dilakukan di Belanda itu juga menemukan bahwa mereka yang suka menyimpan rahasia memiliki kualitas hubungan pertemanan yang sangat rendah. Untuk menjaga agar tidak ada orang lain yang tahu rahasianya, orang biasanya berusaha menjaga sedikit mungkin orang yang dekat dengannya, dan orang itu memiliki krisis kepercayaan. 

3. Rahasia menjadi pintu bagi kebohongan


Cara mudah menutupi rahasia adalah berbohong, namun biasanya tidak berhenti disana. Satu kebohongan akan berujung kepada kebohongan yang lain, pada akhirnya dia akan terjebak dalam jerat kebohongan yang sulit untuk diurai dan berujung pada rusaknya sebuah hubungan. 

Baca juga : 4 Cara Halus untuk ‘Pancing’ Seseorang Berkata Jujur

4. Mengalami sulit tidur dan gampang tersinggung

"Tidur menjadi terganggu, yang berakibat kepada gampang tersinggung dan menjurus kepada sikap yang kasar atau kehilangan kendali," demikian jelas Dr. Allen Towfigh, seorang neurologist dan spesialis pengobatan masalah tidur di New York Presbyterian Hospital/Cornell Medical Center. 

5. Sulit mengingat dan belajar

"Kamu mungkin juga sulit untuk mengingat sesuatu atau belajar." tambah Dr. Allen. 

6. Kehilangan selera makan dan gangguan pencernaan


Selain itu Dr. Allen juga mengungkapkan bahwa menyimpan rahasia bisa berdampak langsung bagi tubuh secara fisik, "Dan pelepasan hormon cortisol berlebih akan menyebabkan sejumlah penyakit lainnya, termasuk kemungkinan peningkatan atau hilangnya nafsu makan dan gangguan metabolisme."

7. Menurunnya imunitas 

Meningkatnya hormon cortisol juga menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh, meningkatnya resiko osteoporosis, darah tinggi dan kehilangan kolagen pada kulit yang berakibat kulit menjadi berkerut dan kehilangan elastisitasnya, sehingga orang terlihat lebih tua. 

Akhirnya kalau secara mental kamu stres dan kesehatanmu terganggu, kerja jadi tidak fokus bukan. Bukankah itu akan berdampak buruk bagi karirmu juga? Nah, kalau sudah tau nih dampak buruknya, masihkah kamu mau menyimpan rahasia dalam hidupmu. Langkah pertama kamu bisa membuat pengakuan pada Tuhan, jika rahasia itu adalah dosa, maka tinggalkanlah, jika tidak, cukup akui dengan Tuhan. Jika berhubungan dengan teman atau orang lain, bereskanlah dengan mereka. 

Hidup ini akan lebih tenang dan bahagia jika kita tidak lagi dibebani dengan rahasia. Tuhan menciptakan kita untuk hidup dalam transparansi, kejujuran dan kasih, karena kita diciptakan serupa dan segambar dengan Allah. Yuk, kita renungkan kebenaran dibawah ini:

"Sebab itu aku senantiasa berusaha untuk hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Allah dan manusia." ~ Kisah Para Rasul 24:16

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami