Saat Kamu Bertanya : Kenapa Masalah Selalu Datang Silih Berganti? Ini Jawabannya.

Kata Alkitab / 22 September 2017

Kalangan Sendiri

Saat Kamu Bertanya : Kenapa Masalah Selalu Datang Silih Berganti? Ini Jawabannya.

Naomii Simbolon Official Writer
24870

    Layaknya ombak yang datang silih berganti, demikian masalah yang datang menerpa hidup kita. Kita nggak bisa memilih masalah apa yang datang ke dalam hidup kita, mau masalah besarkah atau justru sebaliknya, sering membuat iman kita goyah dan berkata “Jika Tuhan memang pengasih dan penyayang, mengapa Dia membiarkan masalah mendatangi hidupku silih berganti?”

Ya, hal ini yang dulu pernah membayangi hidupku dan membuat aku meninggalkanNya. Tapi tenang aja, pada akhirnya aku kembali padanya kok, kamu bisa baca artikelnya disini :

Baiklah, jika Tuhan mengizinkan masalah datang ke dalam hidup kita, tentu Dia memiliki tujuan tertentu. Lantas apa saja yang menjadi alasan Tuhan izinkan banyak masalah?

1.Dia sedang memproses kita untuk menjadi lebih baik


Allah adalah kasih. Oleh sebab itu, sangatlah nggak mungkin jika Dia ingin mencelakakan kita. Justru sebaliknya, Dia mengizinkan masalah itu terjadi untuk mendewasakan kita dan membentuk kita menjadi pribadi yang lebih baik dan kuat.

Aku masih ingat sewaktu pacarku Ryan meninggalkanku dan menikah dengan orang lain, rasanya sangat sakit dan kecewa. Tetapi pada akhirnya aku bisa mengampuni Ryan dan aku mendoakannya serta keluarganya.

Bayangkan saja jika aku nggak pernah disakiti, mungkin aku nggak akan pernah mengerti bagaimana itu mengampuni.

Kamu setuju denganku? Gimana?

2.  Dia ingin tahu seberapa besar iman kita

Waktu mama mengandung Joyce Olivia, adikku diusianya terbilang paruh baya yaitu 41 tahun, aku sempat kuatir nggak karuan. Apalagi dokter pernah berkata bahwa mama nggak bisa melahirkan lagi, jika iya ‘nyawa’ menjadi taruhannya.

Huh! Sungguh kejadian yang pahit dan membingungkan.

Tapi akhirnya aku belajar untuk tetap percaya kepada Tuhan karena itulah pilihannya. Masakan mungkin aku harus membiarkan mama mengugurkan bayi tak bersalah itu?

Suatu keajaiban, sampai hari ini, mama dan bayi itu sehat, sungguh nggak ada yang cacat dan semua sempurna.

Sejak kejadian itu, aku semakin bergairah mencari wajah Tuhan, dan demikian dengan orangtuaku, yang akhirnya bertobat pelan-pelan hingga semakin dekat denganNya.

Hal ini jadi mengingatkan aku kepada seorang perwira di Kapernamum yang masih memiliki iman saat hambanya sakit (baca di Matius 8). Perwira tersebut datang dan menghampiri Yesus serta memintaNya untuk menyembuhkan anaknya.

Dan ketika Yesus akan datang ke tempat perwira tersebut, dia berkata kepada Yesus “Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh.”

Perkataan perwira tersebut adalah bukti bahwa dia percaya Yesus, sampai-sampai Yesus heran dan berkata:

“Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorang pun di antara orang Israel.” Selanjutnya, berkat imannya kepada Tuhan, anak perwira itu sembuh.

Jadi sudah jelas bahwa iman mampu menyelesaikan masalah apapun bukan? Itu sebabnya, ketika masalah terjadi kedalam hidupmu, mungkin Dia sedang mengukur presentase imanmu kepadaNya.

(Baca Juga : Apa Kata Alkitab Mengenai Kuasa Doa? )

3.  Dia sedang menyediakan kejutan untuk kita

Jika Tuhan itu Maha Kuasa, Ia juga Maha Kreatif. Dia sering memberikan kejutan-kejutan yang tak terduga di dalam hidup kita.

Seperti kisahku yang kekurangan uang saat ingin pindah ke kota lain, tetapi tanpa kuduga Tuhan memberiku kejutan dihari-hari terakhir dimana seseorang yang nggak kukenal mengirimkan uang secara diam-diam ke rekeningku.Ya, ada pelangi sehabis hujan, dibalik sebuah masalah pasti ada kejutan manis yang sungguh indah. Oleh sebab itu, jangan takut jika masalah datang dan menghajar kita habis-habisan, karena Tuhan tengah menyiapkan hal indah dibalik semua itu. Tunggu saja

Jadi, buat kamu yang sedang diterpa masalah, jangan pernah berhenti untuk terus semangat ya. Tuhan nggak pernah meninggalkanmu sedikitpun, Dia sangat mengasihimu.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami