Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1028


Apa kamu terhubung sepanjang waktu (24 jam sehari) dengan internet? Apa kamu sadar dampak buruk yang ditimbulkan dari kebiasaan ini? Entah ini kabar buruk atau nggak, perlu dissampaikan kalau sebuah penelitian yang dilakukan tim Etiologically Elusive Disorders Research Network (EEDRN) yang bekerja sama dengan AIIMS dan neurobiologist, New Delhi menemukan kalau penggunaan internet berlebih bisa menyebabkan disfungsi neuro-kognitif atau gangguan saraf.

Sistem saraf yang terganggu ini membuat seseorang kecenderung akan merasa cemas, stres, OCD, iritasi dan masalah lainnya. Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal internasional Current Psychiatry Reviews ini menyimpulkan kalau penggunaan internet berlebihan jadi faktor yang bisa ‘menghancurkan kehidupan dengan menyebabkan komplikasi neurologis, gangguan psikologis dan masalah sosial.’

“Saat ini banyak orang menghabiskan waktu online untuk mendapatkan informasi yang masuk akal, dan menanggapi update dan masukan (di sosial media). Jaringan saraf otak yang bertugas pada fungsi kognitif akan terkontaminasi dengan informasi yang masuk dan menyebabkan emosi bereaksi. Hasilnya, saraf jadi rentan dengan disfungsi neuropsikiatri,” kata dr Muneeb Faiq, Ahli Neurobiologis Klinis dan Co-Author dari Research Paper, AIIMS.

Selain merusak sistem saraf, kelebihan penggunaan internet juga menyebabkan efek kecanduan bagi penggunanya. Mereka yang memakai internet selama 15 jam per hari atau 40-80 jam seminggu dikategorikan sebagai pecandu internet. Fatalnya, kecanduan ini bisa berujung pada stres dan kerusakan sistem saraf permanen.

Ya, kita nggak bisa mungkirin emang kalau hidup jaman sekarang nggak lagi bisa dipisahkan dari internet. Semua orang sudah terkoneksi lewat jaringan internet dan mau nggak mau internet sudah jadi kebutuhan utama. Meski begitu kita tetap nggak bisa abai dengan risiko penggunaannya yang amat membahayakan.

Karena itu, kita perlu mengambil langkah nyata untuk mencegah risiko itu terjadi atas kita.

Pertama, selalu terapkan waktu bebas ponsel dan internet di rumah

Kebiasaan kita yang sudah terkoneksi dengan banyak orang lewat internet memang nggak akan mudah bikin kita lepas dari salat canggih ini. Tapi gimanapun demi kesehatan, ada baiknya untuk menerapkan peraturan bagi diri sendiri atau anggota keluarga. Misalnya, membuat batas waktu penggunaan internet di rumah atau bisa juga dengan membatasi ruang-ruang yang bisa terkoneksi dengan internet di rumah.

Kedua, terapkan waktu bebas internet selama beberapa jam setiap hari

Sadar atau nggak, kita bisa menghabiskan waktu hampir sepanjang 24 jam per hari untuk terkoneksi ke internet lewat ponsel pintar kita. Bagi kamu yang masih peduli kesehatan, ada baiknya menerapkan aturan ke diri sendiri terkait pemakaian internet ini. Kamu mungkin bisa terapkan aturan bebas internet selama beberapa jam setiap harinya. Awalnya mungkin sulit, tapi kamu cuma perlu mencari cara mengatasinya. Misalnya, olahraga tanpa ponsel, pergi kulineran di malam hari atau mencari teman ngobrol yang asik.

Ketiga, pasang paket data internet secukupnya

IIni bisa jadi cara terbaik buat membatasi kebiasaan berselancarmu lewat internet. Kamu cuma beli quota internet sesuai kebutuhanmu. Misalnya, beli 1 GB untuk kebutuhan selama seminggu. Otomatis, dengan ini kamu pasti bakal bisa ngehemat penggunaan internetmu dan membuatmu nggak harus sibuk sepanjang waktu menatap layar ponselmu.

Keempat, tantang diri buat puasa internet satu atau dua hari setiap minggu

Nggak cuma puasa makan dan minum, dengan menyadari bahaya internet ini kita pun patut aware dan bertindak nyata. Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengcover diri dari kecanduan internet adalah dengan menantang diri puasa internet seenggaknya satu atau dua hari seminggu. Mungkin kamu bisa pilih hari yang tepat, misal akhir pekan atau hari kerja.

Saat kamu mencoba cara ini, ingatlah kalau kamu sama sekali nggak bisa menyentuh ponselmu kecuali kalau ada panggilan atau mengecek email yang berkaitan sama pekerjaanmu.

Mari melakukan gerakan pencegahan dan memberikan pemahaman yang baik soal cara penggunaan internet yang baik. Jangan sampai kebiasaan kita yang buruk malah merusak tubuh dan kesehatan kita yang notabene adalah bait Allah sendiri.

Yuk, belajar untuk bijak dan berhikmat menggunakan fasilitas yang Tuhan berikan pada kita. Jangan sampai kemudahan ini bikin kita malah kebablasan!

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Vin 24 November 2017 - 02:37:57

Pernikahan saya spt sudah diujung tanduk..saya sud.. more..

1 Answer

Ledo Kartono 22 November 2017 - 12:15:48

apa saja contoh kesombongan dalam religius

1 Answer

Mikey Oei 20 November 2017 - 21:25:50

Kenapa dalam Mat 27 : 44 tertulis berbeda dengan L.. more..

1 Answer


Herman Tan 24 November 2017 - 07:17:01
Tolong doakan sahabat saya joseph k yang mengalami... more..

Marusaha F S 18 November 2017 - 12:09:03
Minta bantu doa utk pekerjaan, dan agar hutang hut... more..

DEDEN SURYADI 16 November 2017 - 03:02:20
Sya minta dukungan doa untuk bisa memiliki rumah d... more..

Leticia 15 November 2017 - 11:34:48
Teman2 JC tolong doakan saya supaya dapat pekerjaa... more..

Banner Mitra Week  3


7335

advertise with us