Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1258


Alkitab adalah panduan hidup orang Kristen. Hampir semua solusi dari setiap masalah hidup bisa kita temukan di sana. Karna kita tahu kalau semua isinya adalah kebenaran yang berasal dari isi hati Tuhan sendiri.

Nggak terkecuali, Alkitab juga banyak memberikan beragam pengajaran kebenaran soal tujuan Tuhan atas sebuah pernikahan dan tantangan-tantangan hidup yang akan suami dan istri hadapi di dalamnya, termasuk soal masalah keuangan.

Buat kamu yang udah nikah nih (baik yang baru nikah atau yang sudah lima tahun lebih), yang lagi diperhadapkan sama masalah keuangan. Dengan kondisi kalau hanya salah satu pihak aja yang kerja. Atau dua-duanya kerja tapi cuman karyawan biasa yang bergaji pas-pasan.

Apapun kondisi yang kalian hadapi, Tuhan tetap punya solusinya. Ini 4 ayat Alkitab yang bisa bantu kamu memahamin apa sih yang Tuhan mau pasangan suami istri lakuin sama keuangannya.

1. Lunasi hutang dengan cara kerja sama

“Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat.” (Roma 13: 8)

Mungkin sebagian pasangan menikah justru berhutang di awal-awal pernikahannya. Karna banyaknya dana yang harus dikeluarkan untuk acara pernikahan. Satu-satunya cara untuk melunasinya adalah dengan kerja sama antara suami istri.

Tuhan nggak suka kalau umatnya berhutang dengan alasan apapun. Untuk itulah jadi tanggung jawab bersama untuk melunasi semua hutang yang masih ada.

2. Bijaklah membelanjakan uang

“Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan.” (Amsal 21: 5)

Ayat ini mengingatkan kita supaya tetap bijak memakai uang yang ada. Pikirkan lebih dulu kebutuhan apa yang perlu dibeli sebelum pergi belanja. Hal ini sangat membantu untuk menghindari pemborosan dan membeli barang yang sebenarnya nggak penting.

3. Jangan perhitungan kalau mau memberi

“Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima."??” (Kisah Para Rasul 20: 35)

Pekalah kepada Tuhan supaya dalam segala hal yang kamu lakukan didasarkan oleh gerakan roh kudus. Karna ini dimana dan kapanpun kamu harus memberi, berilah bukan karna paksaan atau perhitungan. Kalau Tuhan bilang kamu memang harus memberi dengan nominal tertentu, maka berikanlah sesuai dengan itu. Jangan pernah perhitungan kalau mau memberi! Percayalah kalau Tuhan mencukupkan kebutuhan keluargamu!

4. Jadi ‘hamba Tuhan’ bukan hamba uang

“Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon."” (Matius 6: 24)

Kita hidup bukan untuk tujuan supaya jadi orang kaya. Atau kita menikah bukan supaya kita kaya raya. Karna itulah pasangan menikah diingatkan lewat ayat di atas supaya nggak jangan selalu fokusnya untuk mengejar kekayaan. Tapi sebaliknya, dalam kondisi keuangan yang bagaimanapun persembahkanlah itu untuk kemuliaan Tuhan saja. Layanilah Tuhan bukan karna kamu punya uang tapi dalam ketidakmampuanmu sekalipun tetaplah setia melayani-Nya.

Bicara soal keuangan dalam pernikahan itu memang penting. Kalau kamu dan pasangan mu nggak bekerja sama, kamu mungkin perlu membicarakan hal ini saat ini juga. Pertimbangkan untuk menyiapkan anggaran yang kalian sepakati untuk diberikan (sebagai perpuluhan atau donasi) dan mintalah supaya Tuhan yang memberikan kalian hikmat dan kebijaksanaan untuk mengelolanya dengan baik.

Sumber : Unveiledwife.com/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

opo lesar makatempuge 23 September 2017 - 10:47:34

keberuntungan di tahun 2017

0 Answer

Irvan Dwitanto 23 September 2017 - 06:31:01

Jelaskan langkah-langkah membuat cerita fantasi ba.. more..

0 Answer

Prily Zusena Sebayang 22 September 2017 - 23:12:04

Bagaimana mendengar suara Tuhan

1 Answer


Baginda Bonifasius Hasibuan 23 September 2017 - 02:11:59
Saya mohon kpd saudara² seiman di dalam Tuhan Yes... more..

Yuriko Setiawan 20 September 2017 - 22:15:44
Shalom. Sy Yuriko & suami sy Andi Irawan di Bdg, m... more..

Daniel Sadana 17 September 2017 - 18:48:33
Shaloom, mohon bantu doa, aga rkeadaan ekonomi kam... more..

Johanes Sutanto 17 September 2017 - 17:12:06
Hallo, saya Mau request untuk pekerjaan. Bantu DO... more..

Banner Mitra Week 4


7306

advertise with us