PGIW DKI Jakarta Akhirnya Klarifikasi Soal Kehadirannya di Milad FPI
Sumber: Istimewa

Nasional / 21 August 2017

Kalangan Sendiri

PGIW DKI Jakarta Akhirnya Klarifikasi Soal Kehadirannya di Milad FPI

daniel.tanamal Official Writer
9036

Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia Wilayah DKI Jakarta (PGIW) akhirnya buka suara sekaligus klarifikasi terkait kehadiran dalam Milad FPI dan Perayaan HUT ke-72 Kemerdekaan RI, termasuk juga mengenai pernyataan salah satu perwakilan mereka yang hadir, Pendeta (Pdt) Shephard Supit.


Menurut Ketua Umum PGIW Pdt. Manuel E. Raintung, Sekretaris Umum Pdt.Ferry F Simanjuntak, dalam surat klarifikasinya yang disebar di media sosial, kehadiran tersebut terjadi, dimulai dari undangan FPI kepada para tokoh agama DKI melalui FKUB Prov DKI untuk menghadiri peringatan Milad mereka dan sekaligus peringatan HUT RI, dengan Tema: Merajut Kebhinekaan dalam NKRI bersyariah.
Berikut isi klarifikasi tersebut.



Bpk/Ibu..

ini penjelasan MPH PGI Wilayah DKI yg perlu mendapatkan perhatian semua pihak sehubungan dengan ramainya kehadiran PGI Wilayah DKI dan pernyataan Pdt. Shephard Supit pd peringatan Milad FPI dan Perayaan HUT ke-72 Kemerdekaan RI.:

1. Hal ini dimulai dari Pihak FPI yang beraudiensi dengan FKUB Prov pada tgl 15/8 dikantor FKUB Prov. Pd acara ini Sekum PGIW hadir karena anggota FKUB Prov.

2. Pihak FPI mengundang tokoh agama DKI melalui FKUB Prov DKI untuk menghadiri peringatan Milad mereka dan sekaligus peringatan HUT RI,  dengan Tema: Merajut Kebhinekaan dalam NKRI bersyariah.

3. FKUB Prov DKI sepakat untuk menghadiri. Dan berharap diikuti oleh perwakilan Majelis Agama Prov. Dan dalam kesempatan tsb bisa menyampaikan salam dan pesan perdamaian.

4. Berhubung Ketum dan Sekum PGIW DKI berhalangan pada kesempatan tersebut maka Sekum meminta Ketua Bid. Marturia MPH PGIW Pdt. Shephard Supit agar bisa menghadirinya sebagai wakil agama kristen/PGIW DKI Jakarta. 

5. Kehadiran Pdt Shephard Supit sesungguhnya bersama tokoh agama lainnya yang direkrut pihak majelis agama masing2 telah mendapat arahan dr Ketua FKUB Prov utk menyampaikan pesan perdamaian,  toleransi, cinta kasih dan kemanusiaan serta mengajak FPI utk memperkokoh pilar2 kebangsaan, khususnya untuk membangun Jakarta rukun dan damai.

6. Pdt. Shephard Supit telah melaksanakan tugasnya menghadiri undangan dan acara tsb yaitu hr Sabtu,  19/8 pk.07.00-10.00 di Stadion Sepak Bola Kamal-Penjaringan Jakarta Utara. Beliau telah menyampaikan pesan perdamaian, toleransi, cinta kasih dan kemanusiaan bersama tokoh lintas agama selama 3 menit. Pada kesempatan tsb beliau juga menyampaikan pengalaman pribadinya terkait dengan FPI pada masa lalu.   

7. Sesudah acara berakhir beliau diminta pendapatnya oleh wartawan2 atas bbrp pertanyaan yang berkaitan dengan acara milad dan keberadaan Habib RS.  Semua jawabannya adalah bersifat pribadi sesuai dengan pengalaman Pdt. Shephard Supit.

8. MPH telah mendapat kejelasan dari Pdt. Shephard Supit pd hari Senin tgl. 21/8 pk. 14.00-16.00 di kantor PGIW DKI mengenai jalannya acara dan perannya, yang mendapatkan tanggapan yg bermacam-macam di media sosial sehingga menimbulkan pertanyaan dan respons yg positif maupun negatif. Yang oleh Pdt. Shephard Supit telah disampaikan maksud dan tujuannya yg tidak bermaksud untuk menciderai gereja dan atau umat kristen (di DKI). Beliau jg telahmenyampaikan permohonan maaf utk keadaan ini bila ada ketidaknyamanan.

9. MPH PGIW DKI berharap agar kita dapat melihat kehadiran Pdt. Shephard Supit yg ditugaskan menghadiri acara tersebut sebagai perwujudan peran PGIW DKI dalam gerakan perdamaian dan kerukunan yang dikerjakan bersama-sama FKUB Prov. DKI.

10. MPH PGIW DKI menyampaikan permohonan maaf jika hal ini menimbulkan polemik diantara gereja dan umat kristen di DKI. Dan mengajak kita semua untuk terus menyuarakan keadilan dan perdamaian serta mengaktualisasi kerukunan hidup diantara kita dan antar umat beragama.

Trima Kasih -Tuhan memberkati persekutuan kita.

Salam Kasih :

Pdt. Manuel E.  Raintung/Ketua Umum dan Pdt.Ferry F Simanjuntak/Sekretaris Umum

PGI Wilayah DKI Jakarta.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami