Selain Indonesia, Negara Mayoritas Penduduk Kristen ini Juga Merdeka Pada 17 Agustus Lho!
Sumber: suarajakarta.co

Internasional / 17 August 2017

Kalangan Sendiri

Selain Indonesia, Negara Mayoritas Penduduk Kristen ini Juga Merdeka Pada 17 Agustus Lho!

Budhi Marpaung Official Writer
7021
Tepat pada tanggal 17 Agustus, 72 tahun yang lalu, Ir. Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia. Ini adalah waktu yang sudah ditunggu-tunggu oleh segenap rakyat. Perjuangan melawan penjajah yang terus menerus dilakukan akhirnya membuahkan hasil.

Ternyata bukan hanya Indonesia saja yang memperingati hari ulang tahun kemerdekaannya di tanggal ini. Di benua Afrika, ada satu negara yang juga merayakannya. Negara tersebut adalah Gabon.

Dikutip dari Wikipedia, Gabon memproklamasikan kemerdekaannya dari tangan Perancis pada 17 agustus 1960. Negara yang mayoritas penduduknya beragama Kristen tersebut kini merayakan usia ke-57 sebagai bangsa yang berdaulat.

Adapun sistem pemerintahan di Gabon adalah Republik Presidensial. Presiden yang sekarang berkuasa adalah Ali Bongo Ondimba.

Ali Bongo Ondimba beragama Islam. Ia mengikuti agama seperti ayahnya, Omar Bongo yang merupakan Presiden kedua Gabon.

Nama awal dari Omar Bongo adalah Alberd-Bernard Bongo. Ia sebelumnya adalah penganut agama Kristen Katolik. Pada 1973, ia mengumumkan diri secara terbuka telah memeluk Islam.

Seusai menunaikan ibadah haji, ia pun mengganti namanya dengan El-Hadji Omar Bongo. Lalu, pada 2003, ia menambahkan namanya dengan Ondimba.

Penganut agama Islam di Gabon merupakan kaum minoritas. Sampai hari ini, kehidupan bermasyarakat antarumat beragama di Gabon terbilang harmonis.

Setiap negara yang merdeka pasti tetap memiliki persoalan. Namun, kiranya dalam momen peringatan kemerdekaan ini, semua elemen yang ada di masing-masing bangsa saling bergandeng tangan, bekerja sama untuk mengatasi masalah yang ada.

Dirgahayu ke-72 Republik Indonesia, Selamat ulang tahun ke-57 Gabon!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami