Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
6218


Kalau disuruh milih berobat ke dokter atau berobat secara alternatif, kamu akan pilih apa? Tentu kamu akan memilih berobat alternatif bukan? Selain nyaman kamu juga tidak mengeluarkan kocek terlalu mahal.

Pengobatan alternatif sih nbsp;tidak perlu ke dukun atau sejumlah pengobatan yang tidak wajar lainnya. Pengobatan alternatif biasanya berkaitan dengan tanaman obat (herbal) dan memang membutuhkan proses yang cukup lama namun dipastikan sembuh total.

Tanaman obat herbal ini sendiri bisa kamu dapatkan dimana saja, dan tidak memerlukan biaya untuk mendapatkannya. Terbukti juga kalau tanaman obat herbal sangat teruji ampuh mengobati penyakit kelas ringan bahkan sampai penyakit kelas berat. Selain mengingat efek sampingnya kecil, tanaman obat herbal juga memiliki khasiat yang lebih besar di banding obat berbahan kimia.

Lalu apa saja sih tanaman obat herbal tersebut?

Berikut 10 tanaman obat herbal yang sangat bermanfaat dan ada di sekitar kamu.

1. Seledri (Apium Graviolens)

Tanaman ini tingginya kurang dari 1 meter, bertangkai majemuk, bunganya juga tersusun majemuk berkarang, batangnya pendek dan biasanya di jual sebagai sayuran.

Khasiat dan manfaat seledri: Obat asam urat,hipertensi, dan sakit mata kering.

2 . Mengkudu (Morinda citrifolia)

Ciri-ciri tanaman yang sering disebut pece,cengkudu,keumeude dan kudu ini memiliki tinggi sekitar 4 sampai 6 meter. Batangnya sendiri bengkok-bengkok,berdahan kaku,kasar, dan berakar tunggang yang menancap sangat dalam dan saat matang buah ini akan berubah dari hijau, putih kekuningan hingga transparan.

Khasiat dan manfaat mengkudu: Obat sakit kepala,menurunkan tekanan darah tinggi,melancarkan sistem pencernaan, mengobati asam urat, mengobati sakit kuning dan membantu mencegah penyakit jantung koroner.

3. Daun Sirih (Piper betle)

Tanaman sirih memiliki   pohon bisa mencapai 10 meter dan batangnya berwarna cokelat agak kehijauan,memiliki bentuk bulat,beruas,dan merupakan tempat keluarnya akar. Nah, daun sirih memiliki bentuk seperti jantung, ujungnya runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan wangi yang sedap apabila kita remas. Panjang daun sirih sekitar 5 sampai 8 dan lebar 2 sampai 5 cm.

Khasiat dan manfaat daun sirih: Menyembuhkan penyakit asma, radang tenggorokan, menghilangkan bau badan tidak sedap, mengobati sakit mata, sakit gigi, mengatasi keputihan dan mengobati mimisan.

4. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya merupakan tanaman yang sangat bayak manfaatnya. Tanaman ini memiliki tinggi hanya 30 sampai 50 cm. Daunnya tunggal, bedaging tebal dan bergetah bening.

Dan manfaat lidah buaya ini sangat banyak, manfaatnya sendiri berasal dari getah beningnya tersebut.

Khasiat dan manfaat lidah buaya: Bahan penyubur rambut,perawatan kecantikan, mengobati sakit kulit, penyembuh luka, peredam rasa panas pada luka bakar dan obat kanker.

5. Daun bakung (Crinum Asiaticum)

Tanaman ini biasa di tanam di depan rumah, itu karena tanaman ini memiliki bunga yang menarik (bunga bakung). Kalau kalian pernah mendengar lagu “bunga bakung tumbuh di taman? ?, nah bunga ini lah dia.

Selain bunganya yang cantik ternyata tanaman ini memiliki daun yang berkhasiat buat tubuh kita.

Daun bakung ini memiliki tinggi 1.5 meter, daun tunggal, lanset, panjang 32 sampai 120 cm, lebar 3 sampai 10 cm, tebal, tepi rata, pangkal daunnya tumpul dan ujung meruncing.

Nah, khasiatnya daun bakung bisa untuk peluruh keringat dan obat luka. Menarik ya!

Demikian beberapa Tanaman Herbal yang bisa kamu temui di sekitar kamu dan sangat bermanfaat. Kamu juga bisa menanamnya di pekarangan rumah kamu lho, karena tanaman ini cukup simple dan gampang di urus.

Dan buat kamu yang lebih menyukai obat-obat alami dibanding kimia, 5 tanaman ini patut kamu pertimbangin dan semoga bermanfaat ya.

 

Sumber : KAMPOENGILMU/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fred D Hunter Nainggolan 18 July 2018 - 09:43:25

Mengapa perbuatan yang salah itu tidak selalu bena.. more..

2 Answer

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer

Nocalia Anggun Utami 14 July 2018 - 16:33:26

Bagaimana bebas dari hutang

1 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7187

advertise with us