Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Budhi Marpaung

Official Writer
1412


Apakah ada sebuah rumah tangga yang tidak berkonflik antara suami dengan istri? Mungkin saja ada. Namun, di dalam pengalaman penulis dan beberapa orang yang membagikan tentang kehidupan di dalam keluarga mereka, lebih banyak mengatakan bahwa di dalam perjalanan rumah tangga yang mereka jalani pasti selalu ada konflik.

Apakah konflik itu berarti rumah tangga tidak harmonis? Jawabannya tentu saja tidak. Konflik yang tidak pernah diselesaikan atau berlarut-larut, itulah yang tidak sehat. Dalam banyak kasus, hal tersebut yang menyebabkan kandasnya sebuah hubungan.

Perceraian bukanlah jawaban ketika terjadi konflik. Lalu kalau begitu apa yang harus dilakukan? Berikut ini adalah 20 hal yang harus diingat ketika kamu dan pasangan sedang dalam situasi yang panas.    

1. Berkomitmenlah untuk saling mendengarkan. Ini berarti kembangkan sikap terbuka terhadap pasanganmu.

2. Hindari bersikap defensif. Ini sangat penting dan harus diakui sungguh sulit!

3. Tentukan tingkat kenyamananmu mengenai desibel. Beberapa dari kita tidak masalah saat seseorang sedang berteriak. Beberapa dari kita tidak suka dengan suara keras. Tentukan apa yang bisa diterima sebelum kamu bertengkar dan kemudian saling bertanggung jawab atas apa yang sudah disepakati.

4. Hindari mencaci maki, memukul dan segala bentuk kekerasan fisik terhadap pasanganmu. Hal ini sering dimulai ketika seseorang menghentikan atau mengeluarkan kata-kata kasar. Jika ini sudah terjadi, tolong bicarakan dan carilah bantuan.

5. Tentukan apakah tidak apa-apa jika salah satu dari kamu dan pasangan meninggalkan ruangan.

6. Jangan biarkan matahari terbenam. Kami memahami ini berarti tidak menyangkal atau menghindari dan tidak menunda. Kita tidak selalu sampai pada titik resolusi sebelum matahari terbenam. Terkadang, kita terlalu lelah dan mengetahui bahwa jika kita terus berlanjut, pertarungan bisa meningkat. Namun, kita selalu mem-bookmark-nya: "Kita perlu membicarakan hal ini di akhir pekan."

7. Dengan rendah hati akui dan meminta maaf secara mendalam saat kamulah yang menyadari untuk memulai konflik itu.

8. Hindari menyalahkan pasangan. (Ini termasuk menggunakan kata-kata "tidak pernah" dan "selalu.")

9. Sadari bahkan kamu adalah bagian dari konflik. (Kita merasa perlu untuk bertanya kepada diri sendiri, Bagaimana saya berkontribusi terhadap hal ini?)

10. Berdoalah bersama. Salah satu hal tersulit yang harus dilakukan saat kita marah adalah berdoa, tetapi ini juga salah satu cara terbaik untuk menjaga hati kita tetap lembut dan melewati kemarahan secara konstruktif.

11. Tetap terhubung secara fisik. Gerakan kecil memiliki begitu banyak kekuatan dalam situasi ini.

12. Berbicaralah secara langsung dan jujur ??daripada berbohong atau bersandar pada sarkasme atau humor yang tidak pantas.

13. Berempatilah. Keluarlah dari ceritamu dan berusaha memahami apa yang terjadi pada pasanganmu. Dengan mencerminkan kembali apa yang kamu dengar dan rasakan, pasanganmu akan tahu bahwa kamu telah mengerti dengan apa yang ia coba komunikasikan.

Masih banyak hal lain yang perlu diingat di saat kita sedang berkonflik dengan pasangan. Sisa dari 20 hal lainnya akan dimuat di artikel selanjutnya.

Sambil menunggu minggu depan, mengapa tidak mulai meresepi dan mengambil komitmen untuk mempraktikkan hal-hal berguna di atas jika konflik terjadi?

Sumber : relevantmagazine.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

ESAR HADON HASIBUAN 10 December 2017 - 11:08:45

Shalom ,jc talk saya ingin pencerahan bagaimana sa.. more..

1 Answer

Elma 9 December 2017 - 11:57:05

bagaimana seorang introvet bisa mengubah kepribadi.. more..

1 Answer

Elma 9 December 2017 - 11:55:56

bagaimana caranya agar selalu percaya diri

0 Answer


Veronica 10 December 2017 - 04:16:41
Shalom, Saya mohon bantuan doa nya, saya adalah se... more..

Risma warisman 8 December 2017 - 20:58:04
Mlm bapak ibu mohin dulungam doanya... saya sangat... more..

Tika Elfrida P 1 December 2017 - 22:55:16
Selamat malam JC, mohon dukungan doa agar lebih fo... more..

Nicko Agusta 30 November 2017 - 10:28:57
Hari ini, 30 November 2017 berkas studi dan pengaj... more..

Banner Mitra Week 2


7334

advertise with us