Ditemukan Bersama Gadis 13 Tahun, Pastor Filipina Ini Akhirnya Ditahan Polisi
Sumber: Philippineslifestyle.com

Internasional / 2 August 2017

Kalangan Sendiri

Ditemukan Bersama Gadis 13 Tahun, Pastor Filipina Ini Akhirnya Ditahan Polisi

Lori Official Writer
4148

Kasus kejahatan seksual pada anak yang dilakukan pemuka gereja Katolik belakangan membuat banyak orang khawatir. Bukan saja melanggar sumpah sucinya sebagai pelayan Tuhan, tetapi para pastor yang terbukti bersalah ini telah merusak masa depan ratusan anak.

Baru-baru ini, seorang pastor Katolik Roma asal Filipina, Arnel Lagarejos pun harus menjalani hukuman penjara setelah polisi menemukannya tengah bersama gadis remaja berusia 13 tahun. Anak remaja ini diyakini disewa dari seorang mucikari di daerah tersebut untuk dijadikan sebagai pelampiasan seksualnya.

Sementara pastor tersebut ditahan, pihak gereja Katolik juga tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut. Uskup Oscar Cruz, yang memimpin penyelidikan dari gereja mengatakan Lagarejos adalah seorang pastor paroki dan kepala perguruan tinggi agama di dekat daerah Manila.

Untuk sementara ini, Lagarejos sudah dilepaskan dari semua jabatannya di keuskupan serta sekolah agama. Pihak gereja juga akan mengirimkan hasil penyelidikan ke Vatikan untuk menentukan hukuman yang pantas diterimanya. “Dia sudah pasti dipecat dari jabatannya saat ini jika terbukti bersalah,” ucap Cruz, sebagaimana dilansir di laman Straits Times, Selasa (1/8).

Sementara pihak kepolisian enggan berkomentar soal kasus tersebut kepada publik. Sebab hal itu berkaitan dengan undang-undang yang berlaku yang mewajibkan kerahasiaan soal kasus itu dari semua pihak.

Akan sulit memang bagi kita untuk mempercayai bahwa pemimpin gereja atau orang-orang yang dikhususkan untuk melayani Tuhan melakukan perbuatan tercela seperti ini. Bahkan di Roma, Vatikan sendiri ada banyak kasus pelecehan seksual terhadap anak yang sudah terbongkar. Wajar saja kalau banyak orang, khususnya jemaat Gereja Katolik, yang merasa kaget mendengar perbuatan pemimpin agamanya. Tapi perlu kita ingat bahwa tak seorang pun yang luput dari dosa dan kejahatan, sekalipun itu adalah seorang yang saleh. Dari itu, mari terus semakin mendekatkan diri kepada Tuhan dan meminta supaya kita diberi kekuatan untuk terhindar dari segala godaan dan keinginan daging yang mematikan.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami