Demi Tanah Air, Presiden Jokowi Ajak Semua Agama Lakukan Hal Berani Ini

Demi Tanah Air, Presiden Jokowi Ajak Semua Agama Lakukan Hal Berani Ini

Lori Official Writer
2237

Dalam kesempatan memimpin rapat terbatas, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kembali soal tugas bersama seluruh warga negara untuk membela negara. Dia menegaskan bahwa bela negara harus dilakukan oleh semua warga negara tanpa pandang agama, suku dan usia.

“Saya mengingatkan kembali, bela negara adalah tugas kita bersama, tanggung jawab kita semuanya sebagai warga negara, sebagai anak bangsa dimanapun kita berada, apapun latar belakangnya, apapun pendidikannya, apapun agamanya, apapun sukunya,” ucap Presiden Jokowi di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (26/7).

Pemerintah dianggap penting untuk membuat sebuah program Bela Negara menyusul persoalan sentimen yang terus muncul belakangan ini. Cara ini diharapkan bisa menjadi salah satu upaya pemerintah untuk menghentikan segala ancaman yang berusaha menghancurkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pemerintah bersama-sama dengan rakyat tidak akan tinggal diam terhadap upaya-upaya sistematis yang mengancam kedaulatan NKRI. Kita juga tidak akan membiarkan berbagai bentuk ancaman yang merongrong Pancasila sebagai dasar kita bernegara,” lanjutnya.

Karena itulah, dirinya menginstruksikan seluruh jajaran kabinetnya untuk menanam nilai-nilai kebangsaan, nasionalisme, dan jiwa patriot kepada seluruh anak-anak Indonesia sejak dini.

“Anak-anak harus mulai dididik bukan saja nilai etos kerja, disiplin, integritas tapi juga nilai mencintai bangsanya, bangga dengan tanah airnya yang berbhineka tunggal ika,” terang presiden.

Terang sekali memang jika Presiden Jokowi sedang fokus-fokusnya untuk memperkuat kesatuan dan pertahanan negara menyusul berbagai kasus bermunculannya sekelompok organisasi dan perorangan yang berusaha berjuang atas nama agama, bukan negaranya. Karena itu, lembaga pendidikan diharapkan menjalankan fungsinya untuk mendidik anak bukan untuk menjadikannya pintar saja, tapi juga mencintai tanah airnya dan rela berkorban membela bangsanya serta setia kepada Pancasila dan UUD 1945.

Ya, sebagai warga negara yang berdiri di bawah satu bendera yaitu Merah Putih, kita selaku orang-orang yang dilahirkan sebagai kaum mayoritas ataupun minoritas memang sudah sewajibnya menjalankan tugas kita bagi bangsa ini yaitu bekerja sama untuk membangun bangsa ini untuk kesejahteraaan dan perdamaian di tengah keberagaman yang ada. Yuk, mulai hari ini merenungkan kembali apa yang bisa kita lakukan bagi bangsa kita tercinta ini!

Sumber : Cnnindonesia.com/Detik.com
Halaman :
1

Ikuti Kami