Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
985


Sukses tidak hanya diukur dengan banyaknya uang atau harta yang dimiliki seseorang. Tapi sukses juga bicara soal prestasi yang dicapai oleh seseorang melalui kerja keras dan kedisiplinannya. Kesuksesan inilah yang dicapai oleh seorang Fictor Gideon Roring (Fictor Roring), pria kelahiran Manado , 18 Desember 1972 ini.

Pebasket yang akrab disapa ‘Coach Ito’ ini adalah salah satu mantan pebasket kenamaan Indonesia yang kini memilih menjalani profesinya sebagai pelatih tim basket tanah air, termasuk pernah melatih TIMNAS Basket Putra pada 2015 lalu.

Kehidupan seorang Fictor Roring bisa dibilang hampir semuanya adalah soal basket. Dia masih ingat saat awal pertama masuk ke dunia basket itu terjadi saat dirinya masih duduk di bangku sekolah dan bertanding mewakili timnas junior. Dari sanalah dirinya menyadari bahwa basket merupakan bakat terbesarnya. Hingga akhirnya coach Ito mulai serius menggeluti dunia olahraga dan bermain dari satu klub ke klub basket lainnya dengan mengukir sejumlah kemenangan, pensiun dan mulai meniti karir sebagai pelatih.

Perjuangan panjang yang telah dilewatinya diakui bukan sebuah jalan yang instan. Sebab diperlukan pengorbanan dan keseriusan yang tinggi. Bahkan sebagai seorang suami dan ayah dari dua anak, profesi sebagai pebasket sering kali membuatnya harus berpisah dalam waktu yang lama dengan keluarga. Mau nggak mau, hal itu harus dilakukan demi menjalani profesinya secara professional sampai waktunya dia memutuskan untuk pensiun dari lapangan dan fokus untuk memulai tongkat perjuangan yang baru sebagai pelatih basket professional tanah air.

Meniti karir sebagai pelatih mendorong Fictor membangun sekolah basket sendiri bernama FictoRoring Basketball Academy, yang berlokasi di kota BSD, Tangerang. Di sekolah inilah Fictor serius melatih generasi penerusnya menjadi pemain professional masa depan.

Menurutnya seorang pelatih bukan cuma sekadar untuk mendorong anak-anak didiknya mencapai kemenangan dalam setiap pertandingan. Tapi lebih dari itu, dia ingin supaya anak-anak didiknya bisa menggunakan dunia olahraga yang mereka geluti untuk menghasilkan sesuatu yang penting.

"Menang itu hanya bagian kecil dari perjalanan perjuangan saya. Sebenarnya lebih besar dari itu. Saya pengen bagaimana mendidik anak-anak muda Indonesia itu berkecimpung di dunia olahraga basket bisa menghasilkan sesuatu, misalkan buat dia, buat keluarga. Pengalaman yang saya punya saya pengen bagikan kepada mereka. Bagaimana karir itu dibentuk, bagaimana prestasi itu dicapai. Prosesnya itu,” ucap Fictor.

Punya keinginan tanpa dibarengi dengan strategi yang jitu tentu saja tidak akan pernah menghasilkan apa-apa. Karena itulah Fictor benar-benar mendorong semua anak didiknya untuk disiplin dalam latihan.

"Disiplin itu saya pikir suatu keharusan dalam kehidupan atlet. Karena kalau tanpa itu nggak mungkin, sangat-sangat nggak mungkin berprestasi. Karena yang kita lawan kan sama seperti mereka juga. Kalau kita berlatih, mereka juga berlatih. Cuman kualitas berlatih itu yang sebenarnya membedakan, kualitas bakat itu yang membedakan, kualitas karakter itu yang membedakan,” jelas coach Ito menjelaskan pentingnya seorang atlet berlatih secara disiplin.

Buat kamu yang penasaran sama sepak terjang Fictor Roring selama menjalani dunia olahraga basket kamu bisa menyimak informasinya di bawah ini:

Karier Sebagai Pemain

1991-1992: juara Kobatama bersama klub Pelita Jaya (sekarang Kalila)

1995-1996: Juara Kobatama bersama klub Aspac

1996: Juara SEABA bersama timnas Indonesia

1997: Peringkat 3 kejuaraan antar klub Asia bersama Aspac

1999: Juara Kobatama bersama Satria Muda

2000: Juara 2 SEABA bersama SM Britama

 

Karier Sebagai Pelatih

1996-1998: Klub SMA Ipeka

1999-2004: Klub STIE Perbanas

2004: Klub Satria Muda, Juara IBL

2005: Klub Satria Muda, Runner Up IBL

2006: Klub Satria Muda, Juara IBL

2007: Klub Satria Muda, Juara IBL

2015: TIMNAS Basket Putra, Medali Perak Sea Games ke-28 di Singapura

2015-sekarang: Klub Garuda Bandung, Liga IBL reborn

Sumber : Fictor Roring/JC Channel

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Vin 24 November 2017 - 02:37:57

Pernikahan saya spt sudah diujung tanduk..saya sud.. more..

1 Answer

Ledo Kartono 22 November 2017 - 12:15:48

apa saja contoh kesombongan dalam religius

1 Answer

Mikey Oei 20 November 2017 - 21:25:50

Kenapa dalam Mat 27 : 44 tertulis berbeda dengan L.. more..

1 Answer


Herman Tan 24 November 2017 - 07:17:01
Tolong doakan sahabat saya joseph k yang mengalami... more..

Marusaha F S 18 November 2017 - 12:09:03
Minta bantu doa utk pekerjaan, dan agar hutang hut... more..

DEDEN SURYADI 16 November 2017 - 03:02:20
Sya minta dukungan doa untuk bisa memiliki rumah d... more..

Leticia 15 November 2017 - 11:34:48
Teman2 JC tolong doakan saya supaya dapat pekerjaa... more..

Banner Mitra Week  3


7335

advertise with us