Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1485


Tuhan senang ketika banyak anak muda yang rindu untuk jadi seorang pemimpin. Usia muda tentu saja bukan halangan untuk meraih kesempatan itu. Karena itulah dibutuhkan kegigihan dan keberanian untuk mau terus mencoba dan melatih diri terlebih dahulu.

Buat kamu anak muda yang memang berniat untuk jadi pemimpin suatu saat nanti, perlu sekali untuk belajar lima hal ini lebih dulu sebagai modal awal bagimu untuk bisa mencapai posisi apapun baik memperoleh pengaruh dalam lingkungan, pekerjaan dan juga komunitas.

1. Punya sikap hormat

Salah satu sikap buruk anak muda saat ini adalah kurangnya rasa hormat kepada orang yang lebih tua atau pemimpin sebelumnya. Karena itulah hal yang terpenting dalam menjabat sebuah posisi adalah memberikan sikap hormat kepada pemimpin terdahulu.

Sikap hormat yang dibarengi dengan kerendahan hati untuk tunduk pada otoritas dan kepemimpinan seseorang akan mendorongmu untuk terus maju. Dan kehormatan akan membawamu lebih jauh dari bakal alami yang pernah kamu miliki.

2. Mau diberi beban tanggung jawab

Setiap posisi kepemimpinan, akan ada masanya ketika kita kemudian akan mendapat kesempatan untuk diangkat sebagai calon pemimpin berikutnya. Saat kamu berada dalam posisi itu, ada baiknya untuk mengambil kesempatan tersebut sebagai latihan dan pembelajaran kepemimpinan bagimu. Kerjakan setiap tugas, wewenang yang diberikan dan ikuti setiap pertemuan yang diminta. Saat kamu mau dipimpin mulai dari hal-hal terkecil, saat itulah kamu membuka pintu untuk mengalami pertumbuhan. Ingatlah bahwa nggak ada orang sukses dan pemimpin dunia sekalipun yang terlahir sebagai pemimpin tanpa memulainya dari titik nol.

3. Miliki kejujuran

Ada keindahan yang ditemukan dalam sebuah kejujuran. Ya, sikap ini benar-benar dibutuhkan oleh seorang pemimpin. Sebab menjadi pemimpin yang jujur dan tulus, akan membuat orang-orang yang dipimpinnya percaya dan taat.

Seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang jujur dan smau mengakui kalau mereka juga terbatas. Pemimpin juga tidak hanya jujur kepada orang-orang disekitarnya, tapi juga harus terlebih dulu jujur terhadap dirinya sendiri.

Tuhan suka dengan orang-orang jujur. Karena firman-Nya bahkan mengingatkan kita bahwa Tuhan mengabulkan doa orang-orang yang jujur dihadapan-Nya.

4. Tetap percaya diri

Percaya diri yang dimaksud di sini adalah menyadari bahwa dirinya punya kapasitas sebagai pemimpin karena Tuhan yang memberikannya. Percaya diri dalam hal ini bisa dikatakan seperti beriman atau percaya saja. Kita percaya bahwa ketika kita diangkat sebagai anak, secara otomatis kuasa yang daripada Tuhan itu juga ada dalam kita. Karena itulah, sebagai seorang pemimpin kita tidak perlu takut untuk mencapai target besar. Karena jika itu benar-benar berasal dari Tuhan, pastilah Tuhan yang akan membuatnya berhasil. Itu sebabnya, dalam setiap hal yang kita lakukan penting untuk menggantungkannya kepada pimpinan Tuhan.

5. Punya tujuan yang jelas

Hal terakhir yang nggak kalah penting untuk dimiliki seorang pemimpin adalah memiliki tujuan yang jelas dalam kepemimpinan. Berikut alasan penting kita harus punya tujuan dalam kepemimpinan kita:

- Karena tujuan mendorong kita maju dan mencapai apa yang dijanjikan di depan.

- Tujuan membuat mata kita terpaku pada Yesus, rencana-Nya, panggilan-Nya dan anugerah-Nya dalan hidup kita.

- Tujuan mengingatkan kita soal darimana kita memulai dan kemana kita pergi.

- Tujuan juga akan menyegarkan cara pandang, beban pekerjaan dan harapan kita sebagai pemimpin.

- Tujuan memberikan kita kemampuan untuk menjadi pemimpin yang baik dan berhasil mencapai rencana akhir Tuhan dari hidup kita.

Apakah kamu siap hari ini sudah siap untuk dibekali menjadi calon pemimpin masa depan? Jika kamu rindu untuk melakukan hal-hal yang lebih besar bagi gerejamu, komunitasmu, lingkunganmu dan bahkan bangsamu, terbukalah untuk mau belajar. Kamu juga bisa memperoleh pengajaran dari berbagai seminar, workshop, atau retret kepemimpinan yang diadakan oleh beberapa lembaga kekristenan.

Tapi di atas dari semua itu, berdoalah dan tanyakan apa yang Tuhan mau untuk kamu lakukan sejak masa mudamu ini.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fadhila Nuriya 21 August 2017 - 15:04:19

cara melunasi hutang banyak

2 Answer

Fadhila Nuriya 21 August 2017 - 15:04:18

cara melunasi hutang banyak

0 Answer

bungaran.com 21 August 2017 - 14:00:23

Gimana menurut kalian video kreatif tentang Kemerd.. more..

0 Answer


charles tamaela 21 August 2017 - 17:06:34
Syallom Saya charles tamaela Sedang dlm pergumulan... more..

Jimmy Sumampouw 21 August 2017 - 04:19:39
Saya kemasukan roh halus dalam tubuh saya dan roh ... more..

Franche Monay Manullang 15 August 2017 - 10:44:33
Syalom Bpk/Ibu. saya mohon dukungan doa, agar agar... more..

Tuliswan Pedro 15 August 2017 - 02:38:44
Tolong doakan agar karya SASTRA Fabel saya diterbi... more..

Banner Mitra Week  3


7287

Banner Mitra Week  3