Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
4427


Kalau kamu ingin menjadi sosok yang lebih rendah hati, berarti kamu harus rela mendengar, belajar dan terbuka terhadap saran ataupun kritikan dari pihak lain. Karena sebagai manusia, kita tentunya punya keterbatasan diri dan kita bukan orang yang bisa serba tahu tentang semua hal di dunia ini. Karena itulah Amsal 15: 32 mengingatkan kita soal pentingnya didikan. “Siapa mengabaikan didikan membuang dirinya sendiri, tetapi siapa mendengarkan teguran, memperoleh akal budi.”

Saat kamu benar-benar mau dididik dan ditegur, maka kamu nggak hanya sekadar memperoleh akal budi tapi juga:

1. Banyak orang akan senang sama kamu

“Si pencemooh tidak suka ditegur orang; ia tidak mau pergi kepada orang bijak.” (Amsal 15: 12) Ayat ini menyinggung soal seseorang yang tidak suka ditegur adalah orang yang tidak mau berkumpul bersama orang-orang bijak. Itu artinya mereka yang tidak mau dikritik adalah orang yang juga tidak suka dikritik. Karakter inilah yang membuat mereka menjadi pribadi yang merasa benar dan tidak memerlukan orang bijak untuk meluruskan pandangan mereka.

Salah satu penyebab dari hal ini adalah karena seseorang sudah dipenuhi dengan kebanggaan diri. Saat seseorang berada diposisi ini, dia akan sulit untuk menunjukkan bahwa dirinya lemah atau tidak tahu apa-apa. Tapi orang-orang yang mau dididik adalah mereka yang mau merendahkan dirinya dan mempersilahkan orang bijak mengoreksi diri mereka. Kerendahan hati inilah yang membuatnya banyak disenangi orang.  

2. Makin bijaksana

Amsal 15: 32 mengatakan bahwa orang ‘yang mengabaikan didikan membuang dirinya sendiri, tetapi siapa mendengarkan teguran, memperoleh akal budi.’ Orang-orang yang rendah hati selalu belajar karena mereka terbuka dengan kritikan. Itu sebabnya dua kepala lebih baik dari pada satu. Karena tidak cukup bagi kita untuk hanya belajar semua hal dari pengalaman pribadi kita. Sebaliknya, akan jauh lebih bijak kalau kita juga belajar dari pengalaman orang lain. Cara paling mudah untuk melakukannya adalah dengan mengajukan pertanyaan.

3. Bebas dari konflik

Amsal 13: 10a mengatakan kalau “Keangkuhan hanya menimbulkan pertengkaran…” Dalam artian, orang-orang yang rendah hati dan mau menerima nasihat adalah orang-orang yang berhikmat. Hikmat inilah yang menuntun orang-orang yang rendah hati mampu mengontrol situasi buruk. Sebaliknya, kamu mungkin pernah bertemu dengan orang-orang yang suka membenarkan diri sendiri dan selalu ngotot dengan pendapatnya, nah ciri-ciri pribadi seperti itulah yang biasanya menimbulkan banyak perselisihan.

Dalam banyak hal, ketika menyangkut kerendahan hati, Tuhan ingin kita menjadi seperti anak kecil. Kenapa? Karena anak kecil mau diajar. Mereka terbuka dengan didikan. Mereka rindu untuk belajar.

Jika saat ini kamu diberi pilihan: Maukah kamu merendahkan diri atau apakah kamu akan hidup dalam penyangkalan diri dalam keangkuhan? Maukah kamu diajar atau tidak? Tuhan selalu ada bersamamu dan Dia akan mendukungmu saat kamu mau belajar rendah hati.

Sumber : Rick Warren

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Prily Zusena Sebayang 22 September 2017 - 23:12:04

Bagaimana mendengar suara Tuhan

1 Answer

Victor Onibala 22 September 2017 - 16:04:57

bagaimana jika kita sudah berdoa terus tapi dia ti.. more..

2 Answer

Peddy Kilapong Petroza 22 September 2017 - 09:10:31

Mengapa Tuhan tidak menjawab doa saya

1 Answer


Baginda Bonifasius Hasibuan 23 September 2017 - 02:11:59
Saya mohon kpd saudara² seiman di dalam Tuhan Yes... more..

Yuriko Setiawan 20 September 2017 - 22:15:44
Shalom. Sy Yuriko & suami sy Andi Irawan di Bdg, m... more..

Daniel Sadana 17 September 2017 - 18:48:33
Shaloom, mohon bantu doa, aga rkeadaan ekonomi kam... more..

Johanes Sutanto 17 September 2017 - 17:12:06
Hallo, saya Mau request untuk pekerjaan. Bantu DO... more..

Banner Mitra Week  3


7305

advertise with us