Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
5283


Dalam bahasa Yunani kata ‘menghormati’ diartikan sebagai ‘memuja, menjunjung dan menghargai’. Secara sederhana, menghormati berarti menunjukkan respek kepada seseorang yang memiliki suatu kedudukan. Sederhananya seperti bawahan kepada atasan. Mungkin dalam beberapa hal, akan ada perbedaan pandangan antara atasan dan bawahan, tapi bagaimanapun bawahan harus tetap menghormati pandangan atasannya karena kedudukannya yang lebih tinggi. Inilah yang diperintahkan kepada semua anak (berapapun usianya) supaya tetap menghormati orangtuanya, tanpa memandang apakah orangtuanya itu ‘layak’ dihormati atau tidak.

Sebagai orang Kristen, kita pasti tahu bahwa sejak awal bumi diciptakan Allah berfirman dan menyampaikan sejumlah perintah kepada manusia. Salah satunya adalah ‘menghormati ayah dan ibu’. “Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.” (Keluaran 20: 12)

Lewat ayat ini, Tuhan ingin setiap anak menghormati ayah dan ibunya. Sebagai Bapa atas kita, Dia juga menyampaika ayat ini untuk kita sendiri. Supaya sebagai anak kita juga berlaku hormat kepada Dia. Semua orang yang ada di dalam Kristus harus tahu bahwa sekalipun kita sudah terpisah dari orangtua kita, kita tetap adalah anak-anak Allah dan kita harus menghormati-Nya.

Mungkin sebagian dari kita sulit menghormati orangtuanya, terutama mereka yang berasal dari keluarga broken home atau dengan latar belakang yang keras. Anak-anak yatim piatu mungkin akan jauh lebih sulit menerapkan hal ini karena kebanyakan dari mereka sama sekali tidak tahu bagaimana rasanya memiliki orangtua yang mengasihi mereka.

Lewat artikel ini, penulis ingin meyakinkan dan mendorong semua anak-anak untuk menghormati orangtua kita, tak peduli betapa tidak sempurnanya mereka. Karena saat kita melakukannya, Tuhan telah berjanji untuk memberikan upah yang layak bagi kita yaitu memperoleh umur panjang di tanah yang diberikan Tuhan kepada kita.

Apakah kamu ingin mendapatkan berkat-berkat Tuhan? Apakah kamu ingin menghormati orangtua dengan cara yang Tuhan inginkan? Jika ‘Ya’ belajarlah bagaimana cara Yesus menghormati orangtua-Nya.

1. Tunduk dan Taat

Pertama-tama, kita harus patuh dan taat kepada orangtua. Hal inilah yang dilakukan Tuhan Yesus sendiri yaitu tunduk kepada Bapa dengan menyerahkan semua kehendak pribadi-Nya untuk mematuhi rencana besar Bapa.

Jadi belajarlah untuk patuh dan taat terlebih dahulu kepada Allah Bapa kita, kemudian kepada ayah dan ibu kita. Hormatilah Tuhan di atas dari menghormati manusia (Kisah Para Rasul 5: 29).

2. Bangun Hubungan Yang Penuh Kasih

Tak perlu menutup mata, kita tentu saja sudah biasa menyaksikan bagaimana hubungan orangtua dengan anaknya justru hancur berantakan dan penuh ketegangan. Orangtua membenci anaknya demikian pula anak memendam dendam terhadap orangtuanya. Benarkah ini yang Tuhan inginkan dari hubungan orangtua dan anak?

Yesus memberi kita contoh sempurna soal hubungan kasih antara orangtua dan anak. Kita melihat bagaimana Dia kembali ke rumah orangtua-Nya di Nazaret dan taat kepada mereka (Lukas 2:51). Dia bertumbuh dengan baik disamping orangtua-Nya di bumi (Lukas 2: 52). Kita bisa menyimpulkan bahwa Yesus pada masa hidup-Nya di bumi benar-benar menjadi seorang anak yang taat sampai pada waktunya Dia dibaptis dan harus melangkah melakukan misi-Nya di dunia (baca Lukas 3).

Lalu kita bisa lihat, bagaimana Dia benar-benar membangun hubungan yang sangat intim dengan Bapa Surgawi. Dia selalu berdoa kepada Allah Bapa sepanjang waktu. Dia benar-benar berkomitmen untuk melakukan apapun yang Bapa-Nya kehendaki. Yesus menunjukkan hubungan anak-orangtua yang sangat dekat dan karib (Yohanes 14: 6-14).

3. Bertanggung Jawab Untuk Merawat Orangtua

Mungkin beberapa orang berpikir kalau Yesus sangat tidak hormat kepada ibunya karena ketika di kayu salib, Yesus tidak memanggilnya ibu melainkan ‘Maria’. Tapi di sisi lain, sebelum kematian-Nya Yesus benar-benar menitipkan Maria kepada murid-murid-Nya. Dia meminta supaya ibunya dijaga selama Dia tak lagi ada bersama-sama dengan mereka (baca Yohanes 19: 26-27).

Perintah menghormati orangtua bertujuan untuk mengingatkan kita bahwa ada pribadi yang mesti kita hormati di bumi ini. Sekalipun kita punya posisi dan kedudukan tinggi, kita tetap berkewajiban menghormati orang yang Tuhan sudah kirimkan dalam hidup kita yaitu orangtua. Inilah bayangan mini dari bentuk hormat kita kepada Tuhan. Yang wajib kita hormati, semata-mata karena Ia adalah Tuhan. Bukan karena Dia melakukan sesuatu yang besar atas hidup kita atau membuat kita menjadi siapa kita.

Hormatilah orangtua dengan perbuatan dan sikap kita (Markus 7: 6). Hormati keinginan mereka, baik yang diungkapkan maupun yang tidak. “Anak yang bijak mendengarkan didikan ayahnya, tetapi seorang pencemooh tidak mendengarkan hardikan.” (Amsal 13: 1).

Sumber : jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Tomy Cimot 16 December 2017 - 21:44:40

paus

0 Answer

Muhammad Ammar 16 December 2017 - 11:46:15

Hasil pembongkaran protein di hati yang selalu di .. more..

0 Answer

???? ???? 15 December 2017 - 23:30:36

gimana cara kurangi like

0 Answer


mario 17 December 2017 - 02:53:51
Tolong doakan saya sangat butuh hikmat kekuatan d... more..

Emille Paulus Lumena 16 December 2017 - 09:08:00
Ya Tuhan Yesus Kristus Tuhan dan Raja diatas segal... more..

Melva Sinurat 15 December 2017 - 18:33:02
Min aku mohon bantuan untuk mendoakan saya supaya ... more..

Fian Oh 15 December 2017 - 14:27:28
Saya seorang pecandu narkoba, dan saat ini hidup s... more..

Banner Mitra Week  3


7334

advertise with us