Belum Terlambat untuk Berubah, inilah 7 Dosa yang Seringkali Tidak Kita Sadari (1/2)
Sumber: freegreatpicture.com

Single / 15 June 2017

Kalangan Sendiri

Belum Terlambat untuk Berubah, inilah 7 Dosa yang Seringkali Tidak Kita Sadari (1/2)

Budhi Marpaung Official Writer
7959

Zaman ini ada yang bilang adalah zaman edan dimana yang benar dikatakan salah, sementara yang salah justru dianggap benar. Kita yang hidup sekarang diperhadapkan dengan pertanyaan apakah kita akan mengikuti arus yang keliru atau justru yang benar?

Alkitab bagi umat Kristen, salah satunya adalah sebagai petunjuk hidup manusia dari Allah. Di dalamnya kita bisa menemukan apa yang seharusnya kita lakukan dan yang manakah yang tidak. Dalam banyak tulisan ayat, bagian yang tidak seharusnya kita lakukan, sering disebut juga dengan dosa.

Berikut ini ada 7 dosa yang seringkali kita tidak menyadari atau bahkan kita anggap sebagai kewajaran.

1. Keegoisan / Kebenaran Diri Sendiri

Seberapa sering Yesus menyebut orang-orang Farisi dalam Perjanjian Baru? Sering sekali. Dan itu selalu berkenaan dengan kebenaran diri sendiri atau keegoisan. Jika kamu harus memuji diri sendiri untuk sesuatu yang telah kamu lakukan, maka kamu tidak melakukannya dengan benar. Begitu banyak dari kita suka menampilkan tindakan rohani agar dicap sebagai orang Kristen yang baik. Kristus tidak peduli apa yang orang lain pikirkan tentang kemurahan hatimu. Ia peduli dengan hati dan motivasimu. Jika kamu membutuhkan orang lain untuk mengetahui tentang hal baik yang kamu lakukan, rasakan, atau pikirkan agar merasa diakui, maka kamu perlu mengevaluasi kembali.

2. Ketakutan / Kekhawatiran

Pesan Yesus tentang kekhawatiran sangatlah jelas. Ia mengatakan bahwa kita tidak perlu khawatir. Iman membutuhkan kepercayaan. 1 Yohanes 4:18 mengatakan, " Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan;…” Tuhan adalah cinta. Ia begitu mengasihi kita sehingga rela mengirim anak-Nya mati untuk menebus dosa-dosa kita. Kasih-Nya sempurna; Oleh karena itu, kita seharusnya tidak perlu takut. Namun, harus diakui ketakutan terkadang tidak terelakkan. Bagi saya pribadi, ini juga adalah sebuah perjuangan. Kita tidak sempurna, tetapi ketakutan dan kekhawatiran bukanlah bagian dari persamaan dengan Kristus. Sikap inilah yang menyiratkan kurangnya iman. Lalu, apa yang sepatutnya kita lakukan? Mengingat bahwa Tuhan itu berdaulat dan selalu memegang kendali.

3. Kesombongan

Kita sering mendengar tentang kesombongan di gereja. Kita bahkan mendiskusikan dengan sesama orang percaya akan bahayanya hal tersebut jika ada di dalam diri manusia, tetapi sepertinya kita tidaklah mengenali apa itu kesombongan. Kita tidak menyadari bahwa setiap kali kita menolak untuk memberikan pengampunan maka sebenarnya kita sedang bersikap angkup. Setiap kali berdebat dengan teman, anggota keluarga, atau pasangan dan bersikeras bahwa kamu tidak akan menjadi orang yang meminta maaf terlebih dahulu maka kamu bertindak sombong. Ingatlah anugerah yang Kristus berikan kepadamu dan cobalah untuk memperluas kasih karunia dan pengampunan yang sama kepada orang lain.

 

Ada 4 dosa lain yang sering tidak kita sadari, tetapi itu akan diungkap di artikel selanjutnya. Tetap ikuti pembahasan terkait hal ini ya!

Sumber : ibelieve.com
Halaman :
1

Ikuti Kami