Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Budhi Marpaung

Official Writer
2502


Hidup di dalam balutan masalah ekonomi yang berkepanjangan tidaklah menyenangkan. Diri kita bisa terpengaruh dengan situasi tersebut. Stres adalah salah satu dampak yang sering terjadi. Ketika itu kita alami maka dapat dipastikan segala sesuatu yang kita kerjakan   menjadi kacau.

Untuk bisa keluar dari masalah finansial yang melilit maka kita harus mereset ulang pikiran dan mengizinkan cara-cara baru untuk kita terapkan. Berikut empat (4) cara memulai kembali menata keuangan pribadimu.

1. Mulailah dengan Memberi Lebih

Mungkin aneh rasanya, “ini kan saya lagi sedang dalam masalah keuangan, kenapa harus memberi lebih?” pikir kita. Namun, ada satu konsep penting yang perlu dipahami, yakni masuk ke jalur keuangan yang lebih sehat tidak ada hubungannya dengan mengetahui apa yang harus dilakukan dan melakukan apa yang kita ketahui.

Jika kamu benar-benar percaya bahwa Tuhan dapat memenuhi kebutuhanmu maka kamu mengetahui bahwa kamu perlu memberikan kembali apa yang menjadi haknya Tuhan kepada Tuhan. Apabila kamu sungguh-sungguh yakin lebih baik memberi daripada menerima, sekali lagi, maka kamu akan mendemonstrasikannya dengan cara memberi kepada orang-orang yang berkekurangan.

Sikapmu terhadap uang sangatlah penting sehingga dengan pertama belajar memberi, kamu tidak punya pilihan selain belajar hidup lebih sedikit dan itu adalah dasar keuangan pribadi!

2. Mulai Lacak Pengeluaranmu

Percayalah, orang yang tidak kehabisan uang pada akhir bulan adalah orang-orang yang menghabiskan lebih sedikit dari yang mereka hasilkan. Menjaga jurnal pengeluaran selama dua minggu benar-benar dapat membuat perbedaan besar dalam pola pengeluaranmu.

Biasanya, kita pasti mengetahui uang yang ada pada kita. Namun, kita suka lupa atau tidak dapat mengingat dengan persis apa yang kita belanjakan setiap minggunya.

Jika kamu sudah bertekad untuk berhemat dan melunasi hutang, kamu harus tahu apa yang kamu belanjakan dengan uangmu dan kemudian memutuskan pengeluaran apa yang dapat kamu hilangkan atau kurangi. Pertimbangkan untuk menggunakan uang tunai daripada kartu kredit atau bahkan debit.

Dengan kamu mengetahui seberapa banyak uang tunai yang ada padamu maka kamu mau tidak mau akan memilih berbelanja apa. Tanpa kamu sadari nantinya, uang yang kamu habiskan jauh lebih sedikit daripada penghasilanmu perbulan.

3. Mulai Lunasi Hutang-Hutangmu

Jangan menjadi salah satu dari orang-orang yang membenarkan hutang mereka dengan berpikir bahwa selama mampu melakukan pembayaran minimum pada kartu kredit maka kamu baik-baik saja. Kamu harus mulai membayar lebih hutangmu karena dengan begitu jumlah uang untuk membayarkan bunga selama masa hutang tersebut semakin berkurang.

Dengan semakin besar uang yang kamu bayarkan untuk membayar hutang maka semakin cepat hutang kamu terlunasi.

4. Mulailah menabung, menabung, dan menabung

Ada banyak alasan yang bisa dikemukakan saat kita gagal untuk menabung atau melanggar komitmen untuk menyisihkan sejumlah uang untuk disimpan, tetapi inilah saatnya kita memulai menabung! Alangkah lebih baik bukalah rekening yang baru dan anggaplah kamu memulai untuk menabung dari awal.

Jangan langsung memasang target besar, mulailah dari seratus ribu rupiah dahulu dan jika sudah bisa stabil melakukannya, tidak salah untuk memperbesar nominalnya.

Itulah empat (4) rahasia untuk menata kembali keuangan pribadi. Sekarang keputusanmu apakah mau mempraktikannya atau tidak.
Sumber : steve repak / cbn.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Isabel Frilia 18 October 2017 - 16:17:55

Mohon doanya bagi saya dan suami,saya punya anak s.. more..

1 Answer

vincent nichollas 16 October 2017 - 22:29:40

Kisah orang yang mau mengikuti Yesus

1 Answer

Andri Dut'z 16 October 2017 - 22:00:04

apakah lari dapat menyebabkan kematian?

1 Answer


ARI 19 October 2017 - 08:25:34
Dear Team Prayer, dukung saya dalam doa untuk sua... more..

Veronica Sitanggang 18 October 2017 - 21:15:29
Bantu dukungan doanya agar Tuhan memenangkan jiwa ... more..

Dessy Sitohang 16 October 2017 - 20:16:48
Saya mohon bantu doa nya agar saya diangkat jadi S... more..

Lamsihar Irüel 16 October 2017 - 18:34:21
Doakan Kesembuhan Ibu saya, kemarin tanpa sengaja ... more..

Banner Mitra Week  3


7318

advertise with us