Share this article :

Lagi-lagi, Kelompok Bersenjata Serang Sebuah Bus dan Tewaskan Puluhan Kristen Koptik Mesir

 Fri May 26th, 2017
 256

Artikel ini ditulis oleh :

Lori Mora

Official Writer
 

Lagi-lagi, Kelompok Bersenjata Serang Sebuah Bus dan Tewaskan Puluhan Kristen Koptik Mesir Sumber : aljazeera.com

Sekelompok bersenjata menyerang bus yang mengangkut orang-orang Kristen Mesir menuju Biara Santa Samuel di provinsi Minya, sekitar 220 kilometer (atau 140 mil) dari ibu kota Mesir pada Jumat (26/5) pukul 11.00 pagi waktu setempat. Pemerintah setempat melaporkan akibat serangan ini sekitar 20 orang penumpang tewas.

Serangan brutal teroris ini merupakan serangan terbaru dari sederet serangan brutal yang menargetkan kaum minoritas Kristen Mesir. Sebelumnya, kelompok teroris ISIS menyerang pusat Katedral Koptik di Kairo pada 11 Desember 2016 lalu. Lalu disusul serangan terhadap gereja di Alexandria tepat saat perayaan Minggu Palma pada Minggu (9/4) lalu dan menewaskan puluhan jemaat gereja.

Setelah serangan tersebut, Presiden Mesir Abdel-Fattah el-Sisi mengumumkan kondisi darurat militer. Serangan brutal itupun dikuti oleh pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus saat berkunjung ke Mesir pada bulan lalu.

Sebelumnya, serangan serupa juga melanda Kristen Mesir. Sehingga, banyak diantaranya memilih untuk meninggalkan negara tersebut. Penganiayaan brutal yang dialami umat Kristen Mesir membuat beberapa gereja berhenti menjalankan pelayanannya.

Sebagaimana diketahui, hubungan baik yang terjalin antara el-Sisi dan pemimpin Gereja Koptik Paus Tawadros II, disinyalir telah menjadi penyebab munculnya serangan-serangan terhadap Kristen Koptik Mesir.

ISIS yang dikenal sebagai kelompok teroris garis keras muncul dan menimbulkan kekacauan yang semakin parah. Mereka bahkan menyerang ratusan gereja Koptik dan rumah-rumah warga Kristen pada tahun 2013. Hal tersebut menjadi serangan balasan lantaran pasukan keamanan Mesir membunuh ratusan demonstran Ikhwanul Muslimin di Kairo bagian tengah pada bulan Agustus 2013 silam.

Ketegangan antara umat Kristen dan Muslim semakin sengit, khususnya di provinsi Minya. Tahun 2013 menjadi catatan sejarah paling kelam bagi negara ini. Sementara, serangan-serangan brutal yang belakangan ini terjadi menjadi indikasi masih kuatnya berdiamnya kelompok teroris di Mesir.

Sumber : Nytimes.co.uk

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Andry Randa 22 June 2017 - 18:41:49
Terpuji namamu ya Alllah atas segala penyertaan hi... more..

Harvey Jeremy 22 June 2017 - 00:20:39
Salam sejahtera untuk saudara semua, kiranya Tuhan... more..

Bryan inzaghi 16 June 2017 - 20:43:01
Sekarang aku ingin mendaftar ke sekolah negri yg k... more..

Cindy 15 June 2017 - 18:47:03
Salam sejahtera, sy Cindy, menikah dgn pria kebang... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Pesan Singkat Yang Mengubah Hidupku
Pesan Singkat Yang Mengubah Hidupku
Kapan biasanya Anda mengucapkan kata ‘terima kasih’? Umumnya, kata ini akan muncul ketika Anda m...